Ketahui Macam-Macam Iklan Berdasarkan Intensinya

macam macam iklan

Macam-macam iklan kini sudah memiliki jumlah yang sangat beragam, sejak iklan hadir di dalam ruang lingkup masyarakat. Aktivitas mengiklankan suatu barang atau jasa sudah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu. Dapat dikatakan bahwa, iklan adalah media terbaik dalam menyampaikan sebuah pesan kepada khalayak umum.

Dalam artikel ini, ToffeeDev akan memberikan informasi seputar macam-macam iklan yang masih ada dan berkembang di era modern ini. Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui berbagai macam jenis iklan sesuai dengan intensinya masing-masing. Mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Iklan?

Iklan adalah pesan yang disampaikan oleh produsen atau penjual kepada masyarakat melalui media tertentu dengan tujuan mempromosikan atau memasarkan produk atau jasa mereka. Pesan iklan dapat berupa gambar, suara, atau tulisan yang mengandung informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik dan membeli produk atau jasa yang diiklankan.

Iklan seringkali memiliki peranan penting di sektor perdagangan, khususnya untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Iklan dapat membangun persepsi seseorang atau banyak orang mengenai suatu hal, sehingga dapat lebih dikenal dan dekat tentang hal tersebut yang dalam hal ini adalah produk atau jasa.

Sejauh ini, periklanan telah berkembang dengan pesat dari sisi strateginya, jenis, hingga pesan di dalam iklan itu sendiri. Pada umumnya orang akan membuat iklan dengan sangat sistematis, sehingga pesan di dalamnya dapat tersampaikan kepada banyak orang dengan tepat dan benar.

Banner Ads - General 2

Macam-macam Iklan Berdasarkan Media

Perkembangan strategis dalam mengiklankan sesuatu telah mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini membuat banyak media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan periklanan. Berikut adalah dua jenis iklan yang dapat Anda gunakan berdasarkan medianya:

1. Iklan Media Elektronik

Iklan media elektronik disiarkan melalui media elektronik seperti televisi, radio, atau internet. Iklan jenis ini biasanya memiliki durasi singkat dan dapat mencapai khalayak yang sangat luas. Iklan televisi, misalnya, dapat menjangkau jutaan orang dalam waktu singkat. Iklan radio lebih terjangkau dan terfokus pada suatu daerah tertentu. Sedangkan iklan internet dapat ditargetkan pada audiens tertentu.

2. Iklan Media Cetak

Iklan media cetak disebarkan melalui media cetak seperti koran, majalah, brosur, atau selebaran. Iklan jenis ini biasanya memiliki format yang lebih fleksibel dan dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Iklan koran, misalnya, dapat menjangkau audiens yang lebih tua dan konservatif. Sedangkan iklan majalah biasanya menargetkan audiens yang lebih spesifik sesuai dengan topik majalah tersebut.

Baca Juga: Mengenal CPM, Pengukuran dalam Iklan per Seribu Penonton

Macam-macam Iklan Berdasarkan Tujuan

Iklan memiliki target tersendiri sesuai dengan pesan di dalamnya. Hal ini membuat orang dapat membedakan iklan berdasarkan tujuannya. Jika dilihat dari tujuannya iklan dapat terbagi dalam dua bentuk, yaitu iklan komersial, dan non komersial. Berikut adalah penjelasan selengkapnya dari kedua jenis ini:

1. Jenis Iklan Komersial

Jenis iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan produk atau jasa dengan tujuan meningkatkan penjualan dan profit perusahaan. Iklan jenis ini biasanya memiliki pesan yang persuasif dan menarik untuk menarik perhatian konsumen.

Baca Juga: Memanfaatkan Facebook Ad Library untuk Memantau Iklan Pesaing

2. Jenis Iklan Non Komersial

Jenis iklan non komersial adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pesan sosial atau mempromosikan suatu tujuan tertentu seperti kampanye sosial atau program kemanusiaan. Iklan jenis ini tidak memiliki tujuan komersial seperti meningkatkan penjualan atau profit perusahaan.

Banner Ads - Ebook 2

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan juga dapat Anda bedakan antara satu dengan yang lainnya dari aspek isinya. Mungkin secara kasat mata akan terlihat mirip, tetapi iklan ini memiliki isi yang berbeda-beda mulai dari targetnya hingga cara penyampaiannya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang berisi penawaran atau promosi khusus pada suatu produk atau jasa. Iklan jenis ini bertujuan untuk menarik minat konsumen dengan menawarkan harga khusus, diskon, atau bonus tertentu.

2. Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman adalah iklan yang berisi informasi tentang suatu peristiwa atau kegiatan tertentu seperti peluncuran produk baru, acara konser atau festival, atau perubahan jam buka toko. Iklan jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada konsumen.

Baca Juga: 5 Contoh Iklan Jasa Dalam Bisnis

3. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan sosial kepada masyarakat. Iklan jenis ini berisi pesan-pesan tentang kesehatan, keamanan, kepedulian lingkungan, dan lain sebagainya. Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu masalah sosial tertentu dan mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan yang tepat.

Banner Ads - Lead Gen 2

4. Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah iklan yang mempromosikan kebutuhan atau permintaan untuk produk atau jasa tertentu yang belum tersedia di pasar. Iklan ini bertujuan untuk membangun permintaan dan menarik perhatian produsen atau penjual.

Mengetahui jenis iklan yang berbeda akan membantu pemilik bisnis dapat menentukan media mana yang paling efektif untuk mencapai target pasar mereka dan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat menyesuaikan anggaran iklan mereka dengan jenis iklan yang dipilih, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan dari setiap kampanye iklan yang dilakukan.

Pemilihan iklan tersebut juga harus dilengkapi dengan strategi pemasaran digital yang baik, agar kebutuhan pemasaran usaha yang Anda geluti dapat berjalan dengan optimal. Untuk menghemat waktu, Anda dapat memanfaatkan jasa Google Ads dari ToffeeDev untuk menyusun strategi pemasaran iklan yang jitu dan aplikatif di dunia digital.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Mulailah mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda yang melakukannya.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top