Twitter Search Video: Definisi, Cara Menggunakan, Hingga Manfaatnya

twitter search video

Twitter atau yang kini bertransformasi menjadi “X” bukan hanya tempat untuk membaca tweet, tetapi juga untuk menonton video yang paling Anda minati. Sayangnya, Twitter tidak mengizinkan penggunanya untuk mengunduh atau menyimpan video di aplikasinya, seperti platform media sosial lainnya. Namun, kini Anda tak perlu khawatir karena Twitter sudah menyediakan fitur Twitter Search Video untuk meningkatkan pengalaman penggunanya.

Diluncurkan pada 2006, Twitter menjadi salah satu media sosial yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi, saling bertukar informasi, dan bahkan berjualan. Dalam artikel ini, ToffeeDev akan menguraikan mengenai Twitter search video, mulai dari definisi, hingga cara dan tip penggunaannya.

Banner Ads - General 2

Apa itu Twitter Search Video?

Untuk meningkatkan pengalaman penggunanya, Twitter telah membuat fitur Twitter Search Video. Twitter Search Video merupakan fitur pencarian video di aplikasi Twitter yang memungkinkan pengguna untuk menemukan video yang sesuai dengan minat mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari video berdasarkan kata kunci, hashtag, atau profil akun Twitter tertentu.

Bukan hanya itu, fitur Twitter Search Video juga memudahkan pengguna untuk menonton kembali video informatif dan menghibur pengguna. Oleh karena itu, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menikmati video favoritnya kembali tanpa perlu repot-repot membagikannya dengan teman atau me-retweet-nya.

Manfaat Twitter Search Video

Manfaat Twitter Search Video

Twitter Search Video memungkinkan pengguna mencari unggahan video lama ataupun video spesifik dengan mudah. Berikut ToffeeDev akan bagikan manfaat Twitter Search Video yang bisa Anda gunakan.

1. Membantu Menemukan Video Spesifik

Fungsi utama dari Twitter Search Video adalah memungkinkan pengguna menemukan video spesifik. Dengan adanya filter inipengguna bisa menemukan berbagai video yang diinginkan sesuai dengan tanggal, profil, atau kata kunci yang diinginkan.

Banner Ads - Ebook 2

2. Memungkinkan Pengguna Menemukan Video Lawas

Apakah Anda pernah ingin menonton video berulang kali di aplikasi Twitter? Namun, sayangnya Anda tak bisa mengunduhnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan Twitter Search Video. Fitur Twitter Search Video memungkinkan pengguna untuk menemukan video lawas. Pengguna hanya perlu mengatur filter “Tanggal” maupun “Akun” untuk mendapat hasil pencarian video lawas yang sesuai.

Baca Juga: Apa Itu Twitter Blue? Fitur, Perbedaan, dan Manfaatnya untuk Pengalaman Twitter Anda

3. Meningkatkan Engagement Unggahan

Fitur Twitter Search Video juga dapat menguntungkan para pelaku bisnis. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menemukan video yang mereka minati dan menontonnya berulang kali. Hal ini tentunya bisa meningkatkan engagement konten Anda. 

Cara Menggunakan Twitter Search Video

Cara Menggunakan Twitter Search Video

Twitter Search Video menjadi cara mudah untuk menemukan video yang relevan. Melalui fitur ini, para pengguna dapat menemukan video yang lebih spesifik, contohnya berdasarkan kata kunci, lokasi, dan tanggal tertentu. Cara penggunaannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan dengan beberapa cara.  

1. Mencari Video dengan Fitur Pencarian Sebaris

Cara pertama untuk mencari video dengan fitur Twitter Search Video adalah melalui pencarian sebaris atau fitur pencarian inline. Cara pertama ini menjadi cara yang paling mudah untuk menemukan video yang paling pengguna minati. Pengguna cukup menuliskan kata kunci atau informasi yang ingin dicari, kemudian Twitter akan menampilkan hasil pencarian dari kata kunci yang dituliskan tadi.

Berikut ToffeeDev akan membagikan langkah-langkah cara mencari video dengan fitur pencarian sebaris. 

  1. Pengguna dapat mengakses situs web Twitter dan klik pada ikon pencarian di bagian atas layar.
  2. Selanjutnya, ketikkan kata kunci atau topik di kolom pencarian.
  3. Twitter akan memberikan hasil pencarian  yang dikelompokkan dan beberapa tab, yaitu “Top”, “Latest”, “People”, “Media”, dan “Lists”. Pilih opsi tab “Media” untuk memulai fitur Twitter Search Video
  4. Setelah berpindah pada ke tab “Media”, pengguna akan menemukan video maupun foto yang yang sesuai dengan kata kunci yang telah dituliskan tadi.
  5. Gulir layar ke bawah untuk mendapatkan lebih banyak video. 

Baca Juga: Twitter SEO: Optimalisasi Media Sosial untuk Search Engine

2. Mencari Video dengan Fitur Pencarian Lanjutan

Cara selanjutnya untuk menemukan video favorit Anda adalah dengan menggunakan fitur Pencarian Lanjutan atau Advanced Search. Fitur ini kerap digunakan karena umumnya pengguna tidak selalu mendapatkan hasil yang diinginkan saat menggunakan fitur pencarian inline.

Fitur Advanced Search memungkinkan pengguna untuk menemukan video yang lebih spesifik. Anda bisa menggunakan fitur “Filter” untuk menemukan video favorit Anda. Simak langkah mencari video dengan fitur Advanced Search berikut. 

  1. Akses situs web Twitter dan klik kolom pencarian.
  2. Kemudian, ketikkan kata kunci atau topik yang diinginkan.
  3. Setelah mendapatkan hasil dari pencarian tadi, kemudian klik opsi “Advanced Search” atau “Pencarian Lanjutan” di bagian kanan atas layar.
  4. Twitter akan menampilkan menu pop-up yang berisi filter, mulai dari kata kunci yang diinginkan, akun, tanggal, engagement, dan filter. Anda dapat mengisi kolom-kolom tersebut sesuai dengan informasi yang diinginkan. 
  5. Selanjutnya, klik opsi “Search” di bagian kanan atas menu pop-up.
  6. Twitter akan menampilkan hasil untuk pencarian tadi. Untuk mendapatkan hasil video spesifik yang sesuai dengan pencarian, Anda dapat memindahkan ke tab “Media”.
  7. Gulir layar ke bawah untuk mendapat video favorit Anda.

Banner Ads - Lead Gen 2

3. Mencari Video pada Profil Spesifik

Untuk lebih spesifik, Anda juga bisa mencari video tertentu pada satu profil tertentu. Tentunya cara ini menjadi cara termudah bagi pengguna untuk menemukan video favoritnya. Berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk mencari video pada profil Twitter secara spesifik.

  1. Buka profil pengguna Twitter yang dituju.
  2. Setelah masuk ke dalam halaman profil pengguna tersebut, klik opsi tab “Media” untuk mendapatkan hasil foto dan video yang diunggah dalam profil tersebut.
  3. Untuk mencari video yang lebih spesifik, pengguna dapat klik ikon pencarian di bagian kanan atas profil. 
  4. Ketikkan kata kunci atau topik yang diinginkan.
  5. Twitter akan menampilkan hasil pencarian media yang sesuai dengan kata kunci tadi. Gulir layar ke bawah dan Anda akan menemukan video favorit yang diinginkan.

Twitter Search Video menjadi salah satu fitur yang sangat menguntungkan, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna bisa melakukan beberapa cara, mulai dari pemanfaatan kolom pencarian inline, Advanced Search, hingga pencarian pada profil yang spesifik. Cobalah Twitter Search Video dan temukan video Anda dalam platform ini.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan fitur Twitter Search Video untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuat desain konten yang unik dan menarik. 

Jika Anda baru mulai menjalankan bisnis melalui platform Twitter, kerjasama dengan Digital Marketing Agency berpengalaman seperti ToffeeDev bisa menjadi solusinya. Jasa Social Media Marketing di ToffeeDev dapat membantu untuk meningkatkan visibilitas akun, engagement, dan pertumbuhan bisnis Anda. Hubungi ToffeeDev untuk mulai konsultasi sekarang!

Tunggu apa lagi? Segera hubungi dan jadwalkan konsultasi dengan kami. Tingkatkan performa pemasaran pemasaran dan konversi bisnis di media sosial Anda bersama ToffeeDev!

Sumber:

https://blog.hootsuite.com/twitter-advanced-search/ 

https://tweetdelete.net/id/resources/twitter-video-search-finding-videos-on-the-x-platform/

 

 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat