Blogwalking Adalah
Mengenal Aktivitas Blogwalking yang Sering Dilakukan
Maret 6, 2021
Cara Menggunakan Google Analytics
5 Cara Menggunakan Google Analytics dengan Tepat
Maret 7, 2021

Apa Itu AMP, Salah Satu Produk Google untuk Akses Web Lebih Cepat

Apa Itu AMP

Accelerated Mobile Pages logo.svg

Di era digital dan jejaring internet yang serba cepat, siapa pun tak ingin mengakses halaman web yang lambat. Hal ini terbukti dalam laporan yang diterbitkan oleh Unbounce’s Page Speed Report di tahun 2019. Dari laporan tersebut, sekitar 70% pengguna internet mengungkapkan bahwa kecepatan loading sebuah halaman web akan mempengaruhi keinginan mereka untuk menjelajahi web yang bersangkutan. Jika berada di pihak pemilik web yang bergantung pada trafik pengunjung, Anda tentu tak mau calon pengunjung kabur hanya gara-gara halaman web yang lambat terbuka. Itulah mengapa Anda harus tahu apa itu AMP dan bagaimana cara menggunakannya dengan tepat.

Apa Itu AMP?

Kependekan dari Accelerated Mobile Pages, AMP merupakan salah satu produk Google yang banyak digunakan untuk meningkatkan efektivitas akses ke halaman web. Seperti istilahnya, teknologi ini berpusat pada optimalisasi halaman web yang diakses pengguna internet melalui perangkat ponsel pintar atau gawai portabel.

Pengembangan AMP berdasar pada fakta bahwa internet kini lebih sering diakses melalui halaman mobile dibandingkan tampilan desktop pada perangkat komputer. Google AMP sendiri merupakan suatu teknologi penerbitan web yang bersifat open-source. Artinya, Anda dapat menggunakan teknologi ini dengan bebas untuk mengoptimalkan kecepatan dan trafik kunjungan web bagi pengguna internet mobile.

AMP milik Google telah digunakan oleh jutaan web, media sosial, serta marketplace internasional untuk optimalisasi layanannya. Beberapa situs global yang menggunakan teknologi ini meliputi Pinterest, Facebook, Twitter, The New York Times, dan The Washington Post—jumlah lainnya bahkan dapat mencapai lebih dari 31 juta domain di seluruh dunia.  

Apa Keuntungan Menggunakan Google AMP?

Setelah pembahasan definisi, Anda tak boleh melewatkan ulasan mengenai keuntungan menggunakan teknologi besutan Google ini. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat Anda melibatkan Accelerated Mobile Pagesdalam suatu halaman web.

1. Meningkatkan kecepatan akses halaman web

Hal ini merupakan poin paling penting dalam penggunaan Google AMP. Halaman web yang lebih cepat diakses akan membuat trafik pengunjung bertambah secara lebih cepat pula.

2. Menyuguhkan konten lebih mudah kepada pengunjung

Accelerated Mobile Pages akan memberikan suguhan konten yang lebih efektif, bahkan jika pengunjungnya memiliki jaringan internet yang cenderung lambat.

3. Meningkatkan SEO

Optimalisasi mesin pencari akan membuat situs web Anda berada di halaman pertama pencarian. Poin ini tentu membuat situsnya lebih banyak dilihat, trafik pun akan meningkat secara signifikan dari hari ke hari.

4. Mengoptimalkan pengembangan bisnis

Bagi pelaku bisnis yang terlibat di dunia ecommerce, Google AMP menawarkan berbagai keuntungan untuk ikut mengembangkan bisnis Anda. Teknologi ini akan mempercepat akses melihat produk maupun menyelesaikan transaksi pembayaran. 

Baca Juga: Bagaimana Implementasi AMP YouTube? Bisakah?

Bagaimana Cara Menggunakan AMP?

Tak cukup hanya tahu definsi, Anda juga harus memahami cara menggunakannya dengan tepat untuk bisa rasakan manfaatnya. Teknologi ini umumnya digunakan pada situs web berbasis WordPress dengan mengikuti sejumlah langkah mudah berikut.

  1. Pasang dan aktifkan plugin AMP pada WordPress.
  2. Sesuaikan beberapa pengaturan, seperti memilih tipe situs web—apakah termasuk blog, toko online, atau situs lainnya.
  3. Pilih bagian situs web untuk penerapan AMP, baik itu di beranda, tulisan, halaman, maupun arsip.
  4. Atur desain dan tampilan seperti mengganti warna atau menambahkan logo situs web milik Anda.
  5. Masukan perangkat Analytics Tracking—Google Analytics atau Facebook Pixel—untuk menganalisis trafik yang dihasilkan dari pemasangan AMP.

Demikian penjelasan mengenai apa itu AMP beserta manfaat serta cara penggunaannya yang praktis. Informasi di atas bisa menjadi panduan bagi Anda yang berniat mengoptimalkan halaman web untuk meraih lebih banyak keuntungan.

David Antonny
David Antonny
Starting career as a Google Ads Advertiser and SEO Specialist at 2012, helping to grow the company’s business, especially in digital marketing expertise.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments