Apa Itu Breadcrumbs?: Definisi dan Fungsinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Breadcrumbs merupakan elemen penting dalam sebuah website. Bahkan seakan sesuatu yang wajib. Ini karena keberadaannya dapat mengoptimalkan sebuah website. Masih ada banyak situs web yang tidak menerapkannya padahal penggunaan breadcrumbs sangatlah penting bukan hanya karena berdampak pada SEO tetapi juga karena cukup mudah diterapkan. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang breadcrumbs, bagaimana pengaruhnya terhadap SEO, dan kesalahan umum yang harus dihindari.

Apa itu Breadcrumbs?

Pengertian breadcrumbs sendiri secara harfiah adalah remahan roti. Terdapat sejarah istilah ini bermula dari dongeng “Hansel. and Gretel” milik Brothers Grimm. Dalam cerita tersebut, Hansel dan Gretel pergi ke hutan. Namun keduanya memanfaatkan remahan roti yang mereka sebar di sepanjang jalan sebagai penunjuk jalan untuk pulang ke rumah.

Dari cerita dongeng itulah istilah remahan roti menjadi sebuah kata yang berhubungan dengan petunjuk dan memudahkan kita untuk navigasi ke halaman sebelumnya atau halaman utama.

Sebenarnya kita sudah tak asing lagi dan sering melihat wujud dari apa yang disebut sebagai breadcrumbs, tetapi kita tidak tahu jika itu adalah yang disebut breadcrumbs. Semakin panjang remahan rotinya menunjukkan bahwa semakin kompleks struktur konten dalam sebuah website.

Hal ini ibarat sebuah rumah. Jika kamu mempunyai rumah yang letaknya masuk-masuk ke dalam gang terpencil, maka kamu perlu menunjukkan alamat yang lengkap dan detail agar temanmu tidak tersesat dan dapat dengan mudah menemukan kita. Hal ini tentunya berbeda jika rumahmu ada di lokasi strategis, misalnya di pinggir jalan utama. Kamu tak perlu menunjukkan alamat lengkap, cukup nama jalan dan nomor rumah, maka temanmu akan dengan mudah menemukan rumahmu.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa breadcrumbs merupakan sebuah alat bantu pada website yang memudahkan dan memungkinkan pengunjung untuk menjelajah website tersebut. Adanya breadcrumbs memungkinkan pengguna untuk kembali ke halaman terdahulu, bahkan halaman utama dengan cepat dan mudah. Untuk menemukan konten atau artikel dengan kategori yang sama dalam sebuah website, pengunjung tidak perlu repot kembali ke halaman utama dan melakukan penjelajahan ulang.

Baca Juga: Apa saja Isi Dari Struktur Website yang Baik?

Manfaat Breadcrumbs Untuk SEO

Setelah menerima penjelasan dan mempunyai gambaran tentang breadcrumbs, lalu muncul pertanyaan lain.

Sebenarnya apa sih manfaatnya selain untuk memudahkan pengunjung melakukan penjelajahan pada website?

Jawabannya adalah meningkatkan reputasi sebuah website. Bagaimana caranya? Hal ini di karenakan breadcrumbs mampu mengurangi bounce rate dan meningkatkan SEO pada website.

Bounce rate menunjukkan persentase pengunjung yang meninggalkan website setelah membuka satu halaman pada website tanpa melakukan tindakan apapun.

Persentase bounce rate yang tinggi tentunya tidak baik bagi sebuah website. Ini mengindikasikan bahwa kualitas konten dari website yang  buruk atau pengunjung tidak dapat menemukan konten yang sedang dicari. Tentu saja hal ini tidak baik untuk reputasi sebuah website. Adanya hal tersebut mampu mengurangi bounce rate tersebut. Hal ini karena kemampuannya dalam mengindeks halaman sebuah website hingga hierarki navigasi paling rendah.Akibatnya yang tertampil pada mesin pencarian Google merupakan konten yang benar-benar relevan sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Kemudian dalam hal mengoptimalkan SEO, adanya breadcrumbs memudahkan Google dalam memahami struktur dan hirarki sebuah website. Ketika website memiliki struktur dan hirarki yang baik dan mudah dimengerti, maka Google secara otomatis akan menampilkan konten website tersebut sesuai dengan hasil pencarian yang relevan. Semakin relevan sebuah konten dengan apa yang dicari oleh user, maka konten tersebut akan tampil paling atas dalam mesin pencarian Google.

Kesimpulan

Breadcrumbs adalah sebuah elemen sederhana di sebuah website, namun menjadi elemen yang tak bisa Anda abaikan begitu saja. Elemen ini tidak hanya memudahkan para pengunjung ketika bernavigasi di website Anda, tetapi juga berpengaruh ke SEO. Breadcrumbs juga akan membantu Google dalam proses indexing halaman website dengan tepat dan juga bisa mengurangi bounce rate pada website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post