Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

Kebanyakan online marketer sependapat kalau content marketing layak disebut sebagai program atau strategi pemasaran paling ampuh nan efektif saat ini, apalagi jika disandingkan dengan strategi pemasaran konvensional. 

Nah, berniat mendalami strategi pemasaran dunia digital ini? Ada baiknya Anda mempelajari apa itu content marketing beserta tipenya terlebih dahulu. 

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing diterjemahkan sebagai pemasaran konten, artinya pebisnis menggunakan model konten tertentu untuk membantu menyebarluaskan info dari bisnis yang dimilikinya. Tentunya, usaha penyebaran informasi ini diiringi dengan tujuan dan target khusus. 

Umumnya, sasaran kegiatan pemasaran ini adalah menarik audiens baru, mengenalkan brand bisnis, membangun loyalitas pelanggan, meningkatkan engagement, dan sebagainya.

Lalu, dalam pendistribusiannya, pelaku pemasaran memanfaatkan berbagai media digital (seperti website, sosial media, YouTube, Blogger, dan influencer) sebagai alat penghubung antara bisnis dan target audiens. 

Tipe Konten

Berkampanye dengan content marketing memaksa Anda berurusan dengan ragam konten. Ingat, pemilihan tipe konten yang tepat akan meningkatkan peluang lebih besar dalam capaian target pemasaran!

Berikut ini lima tipe konten populer masa kini yang bisa Anda gunakan sebagai materi pemasaran.

Website (Blog)

Pilihan teratas untuk tipe konten saat ini adalah website melalui media blog. Selain sederhana, blog yang dikelola dengan baik dan profesional bisa menjadi investasi jangka panjang bagi perusahaan Anda. 

Pasalnya, sebuah penelitian menyebutkan kalau konten blog memiliki tingkat ketahanan baca lebih tinggi dibandingkan tipe lainnya. Lebih rinci, efektivitas tulisan dalam blog bisa bertahan setidaknya selama dua tahun.

Untuk menggunakan tipe konten ini, Anda harus benar-benar menguasai proses penulisan sebuah artikel. Pastikan hasil tulisan tersebut memenuhi lima kriteria utama, yaitu menarik buat dibaca, memuat kata kunci, mengikuti aturan SEO (Search Engine Optimization) & SEM (Search Engine Marketing), memiliki relevansi dengan brand bisnis, dan mencerminkan wajah perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Strategi Content Marketing Untuk Website

Video

Jika lebih berfokus pada tipe konten dengan popularitas tinggi, Anda layak mencoba tipe kedua ini, yakni video. Saking populernya, hampir tidak ada platform digital yang ketinggalan untuk menawarkan tempat khusus upload video bagi penggunanya, sebut saja YouTube, IGTV, Facebook Video, dan sebagainya.

Sebagai langkah awal pemanfaatan tipe ini, Anda sebaiknya memulai dengan konsep penyajian content marketing video Anda. Mana yang akan Anda gunakan? Tutorial, film pendek, social experiment, animasi, documentary, wawancara, atau yang lainnya?

Infografik

Umumnya, pembaca lebih tertarik melihat suatu informasi secara visual dibandingkan dengan deretan teks. Hal inilah yang mendorong perkembangan tren tipe infografik dalam dunia pemasaran konten saat ini. 

Bahkan, sebuah riset dari tim Unbounce menyatakan bahwa website yang memanfaatkan konten infografik mampu meningkatkan traffic web-nya dibandingkan dengan yang tidak.

Bila tertarik menggunakan konten tipe ini, Anda bisa memilih salah satu dari jenis-jenis berikut, meliputi timeline infographic, statistical infographic, informational infographic, process infographic, geographic infographic, comparison infographic, hierarchical infographic, list infographic, dan infographic resume. 

eBook

Pernah menerima sebuah eBook berisikan deskripsi perusahaan, ulasan produk, atau lainnya? Itu adalah contoh penggunaan eBook atau buku elektronik sebagai konten dalam proses pemasaran bisnis. 

Meski tidak memberikan efek secara langsung layaknya blog dan video, eBook tetap bermanfaat guna membangun engagement antara audiens dan bisnis dalam jangka panjang. 

Jadi, bagikan eBook Anda secara gratis ke target audiens! Lalu, rasakan pengaruhnya beberapa tahun ke depan. 

Email

Tipe content marketing populer terakhir adalah email (surat elektronik). Anda bisa terus meng-update informasi-informasi seputar bisnis ke audiens yang ditargetkan dengan mengirimkan berita promosi, newsletter, pengingat shopping cart, dan lainnya melalui surat elektronik.

Selain gratis, penggunaan email sebagai konten dalam pemasaran juga memberikan kedekatan emosi antara perusahaan dan calon konsumen. 
Jadi, sudah paham ya apa itu content marketing dan tipe-tipenya? Di era kemajuan digital seperti sekarang ini, hampir semua individu telah dipastikan memiliki akses teknologi, mulai dari email, situs, hingga media sosial. Hal inilah yang menjadi nilai lebih dari sebuah content marketing untuk bisnis Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat