Mengenal Apa Itu Digital Marketing

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Apa itu digital marketing? Belakangan ini, digital marketing sedang cukup ramai dibicarakan. Banyak perusahaan maupun brand yang bersaing untuk mendapatkan leads dengan menggunakan digital marketing. Agency yang menawarkan jasa pemasaran digital pun terus bertambah jumlahnya. Nah, sebenarnya apa pengertian digital marketing itu sendiri? Mari pelajari bersama dalam ulasan berikut.

Apa itu digital marketing?

Digital marketing (pemasaran digital) merupakan sebuah strategi pemasaran produk yang dilakukan melalui media digital. Sama seperti strategi pemasaran lainnya, pemasaran digital pun bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak leads baru yang berpeluang  meningkatkan conversion rate sehingga perusahaan bisa mendapat keuntungan.

Berbeda dari strategi pemasaran konvensional, pemasaran digital menggunakan media digital sebagai platform utama untuk memasarkan produk.Pemasaran digital bekerja dengan menggabungkan teknologi dan pengetahuan mengenai psikologi pasar untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. 

Jenis-jenis digital marketing

Mempelajari apa itu pemasaran digital tak bisa lepas dari jenis-jenisnya. Tiap kategori pemasaran digital memiliki keunggulannya masing-masing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa jenis pemasaran digital yang umum ditemukan.

1. SEO

Model pemasaran digital yang pertama adalah SEO atau Search Engine Optimization. SEO merupakan sebuah strategi pemasaran digital yang berhubungan erat dengan mesin pencari (search engine). Tujuannya adalah mengoptimalkan performa website bisnis Anda agar bisa muncul pada peringkat teratas halaman hasil pencarian atau Search Engine Results Page (SERP).

Baca Juga : Pengertian SEO – Apa Itu SEO?

2. SEM

Apa itu pemasaran digital juga tak bisa lepas dari SEM atau Search Engine Marketing. Model pemasaran digital ini mirip dengan SEO. Bedanya, SEM memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas sebuah website bisnis. Dengan menggunakan iklan tersebut, maka website pun bisa tampil pada urutan teratas SERP.

Baca Juga : Search Engine Marketing: Pengertian & Fungsi Untuk Bisnis

3. Content marketing

Sama seperti namanya, content marketing merupakan strategi pemasaran digital yang fokus pada pembuatan konten. Konten yang digunakan tentunya bukanlah sembarang konten, melainkan konten yang berhubungan dengan produk dan kemudian disesuaikan dengan kebutuhan audiens. Dengan begitu, Anda pun bisa menjaring leads baru.

Baca Juga : Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

4. SMM

SMM atau Social Media Marketing adalah pemasaran digital yang memanfaatkan platform media sosial. Seperti yang sudah Anda ketahui, saat ini pengguna media sosial ada banyak sekali jumlahnya. Dari banyaknya pengguna media sosial, tentu ada beberapa yang punya potensi untuk menjadi calon konsumen. Berangkat dari fakta tersebut, maka lahirlah SMM. 

Baca Juga : Social Media Marketing Adalah Strategi Penting Dalam Bisnis

5. Email marketing

Anda tentu sudah familiar dengan email. Siapa sangka, alat komunikasi tersebut ternyata juga bisa menjadi media pemasaran digital. Sesuai namanya, email marketing memanfaatkan email untuk memasarkan produk kepada calon konsumen. 

Baca Juga : Saatnya Memulai Email Marketing Untuk Bisnis Anda

6. Pay per click

Terakhir ada pay per click (PPC) yang berhubungan dengan pemasangan iklan di internet. PPC memungkinkan Anda untuk beriklan dengan efisien dan hemat di internet. Sebab, dengan metode PPC ini, Anda cukup membayar iklan saat ada pengguna yang meng-klik iklan tersebut. Salah satu PPC yang banyak digunakan adalah layanan AdWords dari Google.

Baca Juga : Apa itu PPC dan Bagaimana Efeknya Untuk Bisnis Anda?

Dari pembahasan ini, Anda kini sudah bisa menjawab pertanyaan tentang apa itu digital marketing. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu Anda untuk lebih mengenal pemasaran digital beserta jenis-jenisnya. Namun, mengingat ranah pemasaran digital yang cukup luas, kemungkinan Anda bingung harus mulai dari mana.Di sinilah layanan digital marketing agency profesional seperti ToffeeDev dapat membantu Anda. ToffeeDev menyediakan berbagai jasa pemasaran digital, mulai dari pembuatan website hingga Google Ads. Mulai langkah digital Anda bersama ToffeeDev sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post