Apa Itu Ecommerce? Dapatkan Jenis dan Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Apa itu ecommerce? Electronic commerce adalah toko elektronik yang menjual produk secara online. Semua transaksi berjalan secara daring sehingga penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung. Ecommerce bisa hadir dalam bentuk situs atau platform seperti aplikasi yang memudahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi. 

Dilihat dari jenisnya, ecommerce tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada beberapa toko elektronik yang bisa Anda manfaatkan. Berikut ulasan tentang ecommerce dan manfaatnya.

Jenis Ecommerce

Jenis ecommerce ternyata tidak hanya satu jenis saja. Beberapa model bisnis di bawah ini juga masih bisa dianggap sebagai toko elektronik.

1. Business to Business

Jenis toko online ini melayani penjualan secara business to business. Biasanya, situs hanya berguna sebagai perantara antara pemilik bisnis pertama yang sebagai penjual dan pemilik bisnis kedua yang merupakan seorang pembeli.

Karena transaksi dilakukan antar pemilik bisnis, jumlah barang atau jasa yang dijual biasanya banyak. Perantara akan mendapatkan komisi beberapa persen dari total transaksi yang terjadi.

2. Business to Consumer

Perusahaan besar yang memiliki situs sendiri dan menjual produk langsung ke konsumen bisa dianggap sebagai ecommerce B2C. Misal, perusahaan yang memproduksi kosmetik, mereka menjual produknya langsung ke konsumen atau member-nya.

3. Consumer to Consumer

Saat ini, ada marketplace yang berisi banyak sekali penjual yang skalanya kecil atau setingkat konsumen. Mereka bebas melakukan jual beli di sana dengan aturan yang ditentukan oleh platform tersebut.

Meski umumnya bisnis ini dilakukan oleh pemilik usaha kecil, saat ini banyak juga pemilik bisnis menengah dan besar yang hadir dalam bentuk toko resmi. Jika ini terjadi, konsepnya jadi online to offline.

4. Consumer to Business

Anda bisa bergabung ke situs yang dipakai untuk memajang produk atau jasa yang Anda miliki. Selanjutnya, perusahaan akan merekrut Anda dari sana atau beli barang dari platform itu.

5. Business to Administration

Pernah membayar BPJS Kesehatan di marketplace atau tagihan listrik di sana? Layanan ini adalah ecommerce jenis B2A atau business to administration. Karena layanan diberikan untuk menyelesaikan proses administrasi yang tertunda.

Baca Juga: 5 Cara Buat e-Commerce Dengan WordPress

Manfaat Ecommerce

Ecommerce memiliki manfaat yang besar bagi individu atau pemilik usaha besar. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Memudahkan proses transaksi karena tidak membuat penjual dan pembeli untuk saling bertemu.
  2. Transaksi bisa dilakukan kapan pun Anda menginginkannya, bahkan di malam hari sekalipun. Transaksi akan tetap berjalan karena sistemnya tidak berhenti.
  3. Tidak ada batasan wilayah. Meski pembeli berada di luar negeri sekalipun, Anda bisa melakukan transaksi. Selanjutnya, barang akan dikirim dengan menggunakan ekspedisi.
  4. Siapa saja bisa menjadi pedagang di sana dan menawarkan semua produk yang dimiliki. Jadi, meski sudah ada pekerjaan utama, Anda masih bisa menjadikannya sumber passive income.
  5. Transaksi yang dilakukan melalui ecommerce, khususnya yang besar, sangat aman sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi kasus penipuan.
  6. Terikat dengan aturan yang jelas dan akan melindungi semua pihak baik penjual atau pembeli.

Memahami tentang ecommerce akan memudahkan Anda dalam memanfaatkan setiap jenisnya. Selain, Anda juga bisa membuat toko online jenis itu agar mencukupi kebutuhan pasar serta mendapatkan banyak untung.Setelah memahami apa itu ecommerce dan manfaatnya, apa rencana Anda selanjutnya? Ingin memanfaatkannya saja atau ingin ikut membangunnya agar bisa dijadikan ladang bisnis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post