Follow Up: Arti, Manfaat, dan Tips Menjalankannya

apa itu follow up

Apa itu follow up? Follow up merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran guna membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Sebab itu, follow up memiliki peranan penting untuk kemajuan dan perkembangan bisnis. 

Menerapkan follow up dalam bisnis dapat meningkatkan sistem manajemen yang baik. Hal ini lantaran follow up menjadi salah satu solusi dalam memantau perkembangan perusahaan, mengantisipasi berbagai masalah, dan memastikan pemasaran berjalan sesuai dengan rencana bisnis yang telah disusun.

Apa Itu Follow Up?

follow up

Follow up berasal dari Bahasa Inggris yang artinya tindak lanjut. Dalam bisnis, follow up adalah langkah strategis yang diambil perusahaan setelah melakukan pemasaran atau mempromosikan produk kepada calon pelanggan.

Kegiatan follow up dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengirim email atau mengirim pesan melalui Whatsapp. Tujuan dari follow up salah satunya mengingatkan calon pelanggan tentang produk yang ditawarkan. Untuk melakukan follow up, Anda dapat bertanya kepada calon pelanggan mengenai tanggapan mereka tentang produk yang telah dipromosikan.

Fungsi Follow Up

Melakukan promosi produk tanpa tindak lanjut diibaratkan melepas pelanggan begitu saja. Padahal bisa saja calon pelanggan pada awalnya sudah tertarik, tetapi karena tidak ada tindak lanjut maka mereka tidak jadi membeli produk tersebut.

Selain mengingatkan kembali produk yang telah dipromosikan, terdapat beberapa fungsi follow up yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Menyampaikan Informasi Terbaru

Melalui kegiatan follow up, Anda dapat memberikan berbagai informasi terbaru kepada pelanggan. Mulai dari produk terbaru, testimoni, program promo dan diskon, serta informasi penting lainnya. Informasi yang disampaikan diharapkan dapat menarik minat pelanggan hingga berakhir dengan pembelian.

2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Follow up dapat menjadi media komunikasi jangka panjang antara pemilik bisnis dengan pelanggan. Membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan menjadi modal untuk membangun bisnis menjadi lebih besar. Hubungan yang baik ini akan membuat perusahaan mendapat kepercayaan dari konsumen. Alhasil akan lebih mudah bagi Anda dalam menawarkan berbagai produk kepada mereka.

Baca Juga: Peran Digital Marketing dalam Mempengaruhi Konsumen Anda

3. Mengingatkan Konsumen

Salah satu alasan pelanggan belum melakukan transaksi yaitu karena sedang mempertimbangkan akan membeli produk atau tidak. Anda dapat melakukan follow up untuk memberikan informasi lebih lengkap sesuai kebutuhan pelanggan agar mereka melakukan transaksi pembelian.

8 Alasan Pentingnya Melakukan Follow Up Bagi Bisnis Online

alasan melakukan follow up

Apakah Anda merasa sungkan saat melakukan follow up? Sebagai pebisnis sebaiknya Anda jangan merasa sungkan, lantaran follow up dapat memberikan banyak manfaat jika dilakukan dengan benar. Berikut ini pentingnya memahami apa itu follow up bagi bisnis online. 

1. Meningkatkan Penjualan

Kegiatan follow up menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan penjualan setelah melakukan pemasaran dan promosi produk. Follow up terbukti mampu menarik minat pelanggan, bahkan dapat melakukan repeat order terhadap produk yang ditawarkan. Alhasil omset perusahaan pun ikut mengalami peningkatan.

2. Menambah Jumlah Pembeli

Untuk memperluas jangkauan pembeli, tentu Anda harus melakukan promosi produk, salah satunya dengan follow up. Melalui kegiatan follow up, Anda dapat mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan agar menarik minat pelanggan. 

Jangan lupa untuk rajin mengecek, berapa banyak calon pelanggan yang sudah mendapatkan informasi dari kegiatan follow up yang dilakukan. Jumlah pelanggan tersebut yang kemudian berpotensi membeli produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Kuasai Customer Journey dengan Tahapan Digital Marketing Funnel

3. Menambah Penghasilan

Apabila jumlah pembeli bertambah dan penjualan meningkat, artinya bisnis Anda berpotensi menambah penghasilan lebih dari yang ditargetkan. Follow up yang dilakukan secara terjadwal dan konsisten akan membuat produk yang dipromosikan berpotensi terjual lebih cepat, bahkan omset pun meningkat.

4. Meningkatkan Performa Bisnis

Melalui kegiatan follow up, Anda bisa mendapat umpan balik, baik itu berupa saran maupun kritik, dari pelanggan secara langsung. Feedback ini sangat bermanfaat untuk melakukan peningkatan kualitas layanan maupun produk. Melalui follow up, Anda dapat meningkatkan performa bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pasar maupun selera pelanggan.

5. Mendorong Keputusan Pelanggan

Pelanggan yang belum memutuskan transaksi biasanya sedang membandingkan produk Anda dengan kompetitor. Untuk meyakinkan pelanggan, Anda dapat melakukan follow up dengan mengirim informasi lengkap tentang produk Anda. Cara ini dapat membantu pelanggan untuk memutuskan membeli produk yang ditawarkan. 

Jasa SEO

6. Bersaing dengan Kompetitor

Follow up merupakan salah satu kegiatan penting dalam berbisnis. Namun, tidak semua pemilik bisnis aware dengan hal tersebut. Masih banyak pebisnis yang tidak melakukan strategi follow up dalam meningkatkan penjualan. Follow up yang Anda lakukan secara konsisten membawa bisnis Anda selangkah lebih maju daripada kompetitor.

7. Meningkatkan Retensi Pelanggan dalam Jangka Panjang

Retensi merupakan sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan. Retensi ini dimulai sejak interaksi pertama calon pelanggan dengan perusahaan hingga terjalin hubungan jangka panjang.

Strategi retensi yang dibarengi dengan follow up mampu meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap perusahaan. Apabila dilihat dari waktu penjualan, cara ini dinilai efektif lantaran menghasilkan transaksi tanpa harus melakukan promosi secara terus-menerus.

8. Memperoleh Testimoni

Apabila retensi telah tercapai, biasanya pelanggan secara sukarela memberi testimoni positif terhadap produk Anda. Testimoni ini dapat Anda gunakan sebagai bahan promosi untuk mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, konsumen yang loyal bisa jadi merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. 

Baca Juga: Retention Email Adalah Strategi Efektif Untuk Menjaga Pelanggan

4 Cara Follow Up yang Baik

tips follow up yang baik

Melakukan follow up memerlukan strategi, tentu agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. Dalam proses follow up, Anda harus mengutamakan pelanggan yang berpotensi melakukan transaksi. Berikut cara follow up yang baik dan efektif.

1. Mengirim Catatan Terima Kasih

Anda dapat mengirimkan ucapan terima kasih melalui email atau kartu ucapan. Terlepas dari metode yang dilakukan, mengucapkan terima kasih setelah pelanggan membeli produk Anda termasuk hal yang penting. Anda dapat memberikan detail kontak dan nama seseorang yang dapat dihubungi apabila pelanggan memiliki masalah, keluhan, atau pertanyaan.

2. Menjaga Komunikasi dengan Pelanggan

Cara yang dapat dilakukan dalam menjaga komunikasi dengan pelanggan yaitu menyediakan layanan call atau live chat. Layanan ini dapat menjadi sarana konsultasi pelanggan mengenai produk yang mereka beli. 

Selain itu, menjaga komunikasi dapat dilakukan dengan mengirimkan informasi bermanfaat kepada pelanggan, seperti panduan, tips dan trik, webinar, dan informasi lainnya.

Baca Juga: Saatnya Mengubah Leads Menjadi Konsumen Tetap Anda

3. Meminta Feedback

Anda dapat mengajak pelanggan untuk memberikan ulasan di marketplace atau media sosial. Tujuan meminta feedback atau umpan balik ini yaitu untuk menilai proses transaksi, kualitas produk, dan layanan yang Anda berikan. Selain itu, Anda dapat mengirimkan survey singkat melalui email untuk diisi oleh pelanggan.

4. Berikan Penawaran Khusus

Memberikan penawaran khusus seperti potongan harga atau diskon kepada pelanggan menjadi salah satu teknik follow up yang efektif. Selain itu, Anda dapat menawarkan produk lain apabila diketahui pelanggan tidak meneruskan transaksi pada produk yang sempat dipilih sebelumnya. Anda juga dapat menawarkan bantuan apabila terjadi kendala saat pelanggan melakukan proses transaksi. 

Baca Juga: Bagaimana Membawa Leads Yang Berasal Dari Social Media

Itu dia informasi mengenai apa itu follow up, fungsi, dan cara melakukannya. Sebagai salah satu metode pemasaran, follow up perlu dibarengi dengan strategi yang efektif dan tepat sasaran agar bisa meningkatkan penjualan. 
Dalam menyusun strategi tersebut, ToffeeDev sebagai layanan digital marketing terbaik hadir untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Terdapat layanan SEO hingga landing page dan market intelligence yang didedikasikan untuk membantu bisnis Anda mampu bertahan di era digital. Hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk strategi bisnis online yang efektif dan tepat sasaran.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat