Apa Itu Share Of Voice? Dan Bagaimana Hal Itu Dapat Mengukur Efektifitas Marketing?

Ada banyak parameter atau matriks yang biasanya kita bisa gunakan untuk mengukur seberapa efektif sih marketing yang sudah kita jalankan. Dan di video #SharingMonday kali ini, saya Nana, akan menjelaskan dengan mensharingkan tentang salah satu alat ukur yang bisa kita gunakan untuk menilai marketing kita ini udah efektif atau belum yaitu share of voice. Karena share of voice ini sebenarnya cukup baik, bahkan bisa dibilang cukup tepat kita pakai sebagai report. Sebelum saya lanjut, saya ingin menginformasikan sedikit tentang #SharingMonday. Jadi, setiap Senin, kami di ToffeeDev akan drop video baru yang kami namakan #SharingMonday di YouTube channel ToffeeDev. Video-video ini akan berisi tentang hal-hal terkait website, desain, maupun Digital Marketing. Jadi make sure Anda follow channel kami supaya Anda tidak ketinggalan. Oke, balik lagi ke Share of Voice. Mungkin ada beberapa dari Anda yang menonton video ini, Anda belum terlalu familiar dengan Share of Voice.

PENGERTIAN SHARE OF VOICE

Apa sih Share of Voice itu? Jadi, Share of Voice sebenarnya adalah istilah yang sudah dipakai cukup lama sejak marketing konvensional atau bisa kita bilang marketing tradisional atau marketing offline. Jadi, Share of Voice dulu dipahami oleh masyarakat itu sebagai seberapa banyak advertising yang dilakukan oleh bisnis Anda dibandingkan dengan advertising yang dilakukan oleh seluruh pelaku di market Anda atau di industri Anda. Jadi, ranahnya adalah di advertising. Tapi sekarang setelah adanya digital, seiring dengan perkembangan zaman, Share of Voice punya pengertian yang lebih luas karena sekarang ada Ads, ada social media, ada pemberitaan di media, lalu ada website, di mana punya topik organik, dan lain sebagainya, dan itu semua menambah penilaian pada Share of Voice. Jadi sekarang bisa dibilang, Share of Voice itu adalah seberapa besar sih porsi dari bisnis Anda terhadap market yang ada atau industri yang ada. Mungkin seberapa populer sih bisnis Anda di market atau industri.

BENEFIT MENGGUNAKAN SHARE OF VOICE

Dan pertanyaan berikutnya setelah Anda tahu berapa persen Share of Voice yang Anda punya, yang bisnis Anda punya. Lalu benefit dan insight apalagi yang bisa didapat dari data Share of Voice itu?

1. SEBERAPA BESAR PENGARUH BISNIS ANDA DI MARKET?

Tentu saja yang pertama yang paling jelas dari data Share of Voice Anda, Anda bisa tahu sekarang bisnis Anda ini seberapa besar sih pengaruhnya di market? Ibaratnya kalau bisnis Anda Share of Voice-nya adalah 11,5%, itu berarti kalau kita ibaratkan market Anda sebagai satu lingkaran, maka Anda punya 11,5% dari lingkaran itu. Itu adalah, popularitas Anda itu adalah area porsi dari bisnis Anda dan selain melihat bisnis Anda, Anda juga bisa melihat bisnis kompetitor-kompetitor Anda. Jadi Anda bisa lihat berapa sih Share of Voice mereka? Mereka ada di berapa persen, ya? Jadi Anda bisa melihat, gap Anda dengan mereka seberapa jauh. Atau kalau misalnya Anda adalah pelaku baru, pemain baru di industri, Anda bisa melihat kalau saya aim untuk menjadi top 5 di market, jadi bisa dibilang “one of the market leader” atau mungkin top 10 di market, seberapa jauh sih saya harus berlari? Seberapa jauh effort yang harus saya capai? Di mana saya harus menyusul?

2. MEMBERIKAN PERINGAT MARKETPLACE SESUAI DENGAN INDUSTRI ANDA

Lalu yang kedua, Share of Voice juga bisa memberikan data-data lain selain cuma Anda dan kompetitor. Karena di Share of Voice, apalagi di zaman-zaman sekarang, Anda akan banyak melihat ada beberapa marketplace yang bermunculan. Misalnya kalau Anda lihat top 30 di industri, di market, mungkin di bisnis Anda, Anda mungkin akan melihat beberapa marketplace muncul dan munculnya biasanya mereka urutannya ada di cukup atas. Ini adalah hal yang sering terjadi dan kalau misalnya fenomena ini juga terjadi di bisnis Anda, itu berarti dari tim marketing yang mengurus partnership, mereka bisa memakai data ini lalu mereka bisa melihat marketplace-marketplace mana saja yang merupakan strong player di bisnis Anda. Setelah itu mungkin mereka bisa menghubungi top 2 atau top 3 marketplace yang ada di posisi-posisi yang paling atas, yang paling unggul, lalu mungkin bisa menjalin kerjasama yang lebih intens atau lebih khusus dibanding dengan marketplace lain yang mungkin posisinya tidak terlalu di atas. Dan ini akan jadi satu strategi atau satu move yang cukup bagus untuk bisnis Anda, karena itu berarti Anda bisa menjalankan marketing atau partnership yang lebih etchical, jadi Anda tidak menyebar jala ke semua marketplace, mungkin Anda tetap ada di semua marketplace, tapi hanya marketplace tertentu yang Anda tau adalah strong player di industri Anda, Anda yang kerja sama eksklusif, Anda mungkin bisa spend lebih banyak di situ. Selain itu, kadang kita juga melihat ada beberapa media yang bermunculan di list top 10 atau top 30 dari market Anda. Dari situ, tim dari public relation atau markom atau tim brand, mereka bisa approach media-media tersebut, lalu mungkin menjalin kerja sama seperti misalnya ada mereka undang media-media tersebut untuk review, atau mungkin media tersebut digandeng menjadi exclusive media partner. Atau mungkin saja ada liputan khusus yang bisa Anda kerja sama-kan dengan mereka. Dan di situ berarti, sekali lagi Anda mengerjakan marketing Anda di mana itu merupakan branding atau PR yang lebih strategis. Jadi Anda bisa memilih hanya media-media yang populer, hanya media-media yang memang Anda tahu punya role yang signifikan di bisnis Anda yang Anda kerja sama.

Jadi, menarik ya Share of Voice ini? Karena dari 1 data yang sama kita bisa mengambil atau menarik insight yang cukup beragam dan bisa dipakai di beberapa divisi di bisnis Anda yang nantinya tentu saja akan meningkatkan performa dari bisnis Anda. Di ToffeeDev sendiri, kami menjadi official partner dari Pi Datametrics, satu market intelligence dari UK yang juga bisa menyajikan Share of Voice beserta dengan insight-insight lainnya yang bisa berguna untuk bisnis karena banyak bisnis, banyak brand yang sudah menggunakan Pi Datametrics untuk mereka mengambil keputusan-keputusan bisnis yang lebih yang lebih strategis, yang lebih praktis. Dan Kalau Anda tertarik ingin tahu juga tentang Share of Voice atau data insight apa sih yang bisa disajikan, yang bisa digunakan bermanfaat untuk bisnis Anda, silakan hubungi kami. Jangan sungkan untuk ngobrol-ngobrol dengan kami.

Itu adalah video singkat pembahasan tentang Share of Voice. Jadi, apa itu Share of Voice dan bagaimana data dari Share of Voice ini bisa bermanfaat atau memberikan insight bisnis Anda. Tadi, di awal saya bilang di digital ini ada banyak parameter yang biasanya digunakan untuk mengukur seberapa efektif sih sebuah marketing campaign atau sebuah kegiatan marketing. Selain tadi Share of Voice, ada AOI, ada conversion, mungkin untuk mengukur yang lainnya. Mungkin ada Brain Health, dan lain sebagainya. Saya sebenarnya sangat penasaran apa sih parameter yang paling sering Anda gunakan untuk mengukur seberapa efektif marketing campaign atau marketing effort Anda? Jadi Anda bisa drop jawaban Anda di kolom komentar dibawah ini. Karena mungkin saja parameter-parameter tersebut bisa saja kita bahas untuk #SharingMonday yang berikutnya. Jangan lupa untuk Anda meninggakan like jika Anda merasa video ini bermanfaat. Dan Anda juga bisa subscribe supaya Anda tidak tertinggal video #SharingMonday di Senin-senin berikutnya yang akan kami drop setiap minggu. Dan kalau Anda punya usulan topik apa yang ingin kami bahas di #SharingMonday, Anda bisa tinggalkan di kolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat