Cache Adalah
Yuk Ketahui Pengertian dan Manfaat Cache
Maret 12, 2021
Cara Membuat Website Gratis
5 Cara Membuat Website Gratis
Maret 13, 2021

Apa Itu VPN? Kenapa Sering Digunakan?

Apa Itu VPN

vpn 4062481 1280

Apa itu VPN? Dalam beberapa waktu terakhir, VPN sangat populer dan sedang banyak dibicarakan. Pasalnya, teknologi ini tengah digunakan oleh banyak orang agar bisa membuka situs yang diblokir di Indonesia. Meski demikian, fungsi utama dibuatnya VPN sebenarnya sangatlah berbeda. 

Artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu VPN dan mengapa teknologi ini sering digunakan oleh berbagai kalangan.

Apa Itu VPN?

Virtual Private Network atau VPN merupakan teknologi yang akan menghubungkan PC, telepon pintar atau tablet Anda ke komputer lainnya di internet, dan memungkinkan Anda untuk berselancar di internet menggunakan koneksi internet komputer tersebut. 

Anda akan tampak seolah-olah berasal dari suatu negara meski server komputer tersebut berada di negara yang berbeda. Dengan demikian, Anda bisa mengakses hal-hal di internet yang biasanya tidak dapat diakses di negara sendiri. Mengingat di Indonesia banyak situs maupun layanan yang diblokir penggunaannya, Virtual Private Network menjadi semakin terkenal dan sering digunakan. 

Baca Juga : Apa itu VPS dan Fungsinya

Tujuan Awal Pembuatan

Virtual Private Network pertama kali dibuat sebagai cara untuk menghubungkan jaringan bisnis bersama satu sama lain melalui internet secara aman agar jaringan bisnis tersebut bisa diakses dari rumah. Jadi, Virtual Private Network digunakan untuk meneruskan semua lalu lintas jaringan ke jaringan lain.

Hal ini memberikan manfaat bagi pengguna berupa kemampuan untuk mengakses sumber jaringan lokal dari jarak jauh dan melompati sensor yang ada di internet. Inilah mengapa Anda akan tetap bisa mengakses konten maupun situs yang diblokir di Indonesia jika menggunakan teknologi ini.

Cara Kerja

Virtual Private Network bekerja dengan melakukan enkripsi pertukaran data. Secara sederhana, ketika Anda mengakses suatu situs melalui koneksi jaringan VPN, sebenarnya yang terjadi adalah Anda sedang mengakses situs tersebut melalui suatu lorong atau jalur khusus yang berbeda dari jalur utama.

Jadi, perbedaannya dengan koneksi tanpa jaringan VPN adalah enkripsi yang dilakukan sebelum terhubung ke jaringan. Tanpa Virtual Private Network, koneksi terjadi secara langsung, sedangkan saat menggunakanVirtual Private Network, maka koneksi akan dienkripsi terlebih dahulu dan melewati server VPN.

Apa yang Bisa Anda Lakukan dengan VPN?

Dengan kemampuannya ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan Virtual Private Network. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Melompati batasan geografi yang ada pada suatu situs maupun streaming audio dan video
  • Menonton media streaming seperti Hulu dan Netflix
  • Melindungi pengguna dari hotspot WiFi yang tidak aman sehingga mencegah orang memata-matai riwayat pencarian maupun data-data pada perangkat Anda
  • Berselancar di dunia maya secara anonim dengan menyembunyikan lokasi Anda yang sebenarnya
  • Melindungi pengguna saat melakukan torrent agar tidak terdeteksi

Virtual Private Network memang sangat bermanfaat melindungi Anda ketika menggunakan WiFi di tempat asing. Namun, kini fungsi VPN lebih sering digunakan sebagai cara untuk melompati batasan geografis agar dapat menikmati konten dari negara lainnya.

Keamanan Menggunakan VPN

Meski memiliki banyak keunggulan, beberapa orang mengkhawatirkan keamanan penggunaan Virtual Private Network. Pasalnya, keamanan koneksi dengan teknologi ini juga tergantung pada protokol yang digunakan. 

Ada dua faktor utama mengapa penggunaan Virtual Private Network sebenarnya juga tidak sepenuhnya aman, yaitu faktor batasan teknologi dan hukum. Keterbatasan teknologi mempengaruhi pengembangan Virtual Private Network dalam hal tipe protokol dan enkripsi seperti apa yang digunakan. Dalam hal tertentu, beberapa tipe protokol dan enkripsi yang digunakan juga dapat membahayakan data pribadi.

Selanjutnya, batasan hukum suatu negara tempat server dan penyedia VPN juga mempengaruhi tingkat keamanan. Kebijakan perusahaan maupun negara dapat memengaruhi bagaimana cara pengembang VPN menerapkan teknologi ini untuk pengguna.

Kesimpulannya, meskipun VPN terbilang aman dan bisa menjadi jalan keluar untuk mengakses konten yang diblokir, Anda tetap harus waspada saat menggunakan layanan ini. Pasalnya, salah menggunakan layanan atau aplikasi VPN justru dapat membahayakan data pribadi Anda yang tersimpan dalam perangkat yang digunakan.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments