Apa itu VPS dan Fungsinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Apa itu VPS? Virtual Private Server merupakan server fisik yang terdiri dari sejumlah server virtual. Biasanya, keseluruhan resource VPS hanya digunakan satu pengguna saja. Meskipun bukan teknologi baru karena sudah ditemukan sejak lama, masih banyak orang kurang memahami Virtual Private Server dan fungsinya. Supaya lebih jelas, simak penjelasan singkatnya berikut ini. 

Apa Itu VPS?

Virtual Private Server merupakan server pribadi yang memungkinkan pengguna melakukan kendali secara penuh terhadap seluruh konfigurasi sumber daya yang ada. Virtual Private Server menggunakan teknologi virtualisasi perangkat keras server fisik. Disebut virtual lantaran pembagiannya menggunakan software

Jenis Virtual Private Server yang paling umum adalah host web. Virtual Private Server ini bisa dijalankan sekaligus dalam jumlah banyak di dalam satu server fisik. Banyak perusahaan web hosting menawarkan solusi hosting VPS sebagai alternatif dari shared hosting dan dedicated hosting

Virtual Private Server cocok dijadikan sebagai alternatif terbaik bagi Anda yang ingin meningkatkan shared hosting ke server dengan spesifikasi lebih tinggi. Lantaran bersifat virtual, Virtual Private Server tidak memiliki server fisik dan sebagai gantinya menerapkan teknologi virtualisasi hardware server fisik yang dibagi menjadi sejumlah resource berbeda.

Virtualisasi tersebut memungkinkan Anda melakukan instalasi OS maupun software lain sesuai kebutuhan yang tidak bisa dilakukan pada shared hosting. Layaknya shared hosting, Virtual Private Server dapat berbagi sumber daya mesin fisik dengan akun hosting lain. Namun, Virtual Private Server juga dapat dikonfigurasi secara khusus atau private.

Umumnya, Virtual Private Server mesin tunggal berbasis cloud dikelola menggunakan software hypervisor. Hypervisor dijalankan menggunakan mesin host dan server pribadi virtual individu yang disebut guest machines atau guest instances. Hypervisor dapat menjalankan dan menghentikan mesin virtual serta mengalokasikan sumber daya sistem, seperti CPU, memori, dan penyimpanan disk ke setiap Virtual Private Server.

Selain berbiaya rendah, VPS juga memiliki skalabilitas yang mudah lantaran dapat divirtualisasi,dikonfigurasi, dan diperbarui dengan modifikasi software. VPS juga memiliki kinerja yang lebih baik karena seluruh sumber daya mesin hanya tertuju pada satu server. 

Fungsi VPS

Dari penjelasan mengenai apa itu VPS dapat diketahui bahwa fungsi dari Virtual Private Server, antara lain sebagai berikut. 

1. Server Website 

Virtual Private Server berfungsi sebagai server website. Artinya, VPS dapat mengeksekusi sebuah halaman website.

2. File hosting

Keberadaan media penyimpanan, seperti Google Drive, MediaFire, dan Dropbox memudahkan Anda mengakses dan menyimpan file secara online. Namun, tahukah Anda bahwa VPS juga dapat digunakan layaknya media penyimpanan tersebut?

Dengan Virtual Private Server Anda bisa menyimpan file berukuran kecil maupun besar dan mengaksesnya kapanpun dibutuhkan. Menariknya, layanan ini hanya dapat Anda temukan di VPS, bukan shared hosting atau lainnya. 

3. Layanan VPN

Virtual Private Server bisa digunakan untuk Virtual Private Network (VPN) oleh pengguna yang terdaftar dan memiliki akses dari pemilik server.

Baca Juga: Apa Itu VPN? Kenapa Sering Digunakan?

4. Server Uji Coba 

Bagi Anda yang suka melakukan uji coba atau berprofesi sebagai seorang programmer, VPS menawarkan kemudahan untuk menguji aplikasi yang Anda ciptakan.

5. Remote Desktop

Virtual Private Server memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan server secara remote tanpa pembatasan lokasi dan waktu. 

6. Backup Server Utama

Virtual Private Server berfungsi sebagai pelindung data atau backup sementara agar tidak hilang. Mengingat server terkadang mengalami error, kehadiran VPS bisa dijadikan untuk meminimalisasi kehilangan data penting. Demikianlah informasi mengenai apa itu VPS dan fungsinya yang perlu Anda ketahui. VPS merupakan solusi bagi Anda yang tengah mencari media penyimpanan atau server pribadi tidak terpengaruh pengguna lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post