Apa Itu XML Sitemap? dan Bagaimana Langkah Membuatnya?

Halo, welcome back to Toffee #SharingMonday! Kali ini bersama saya Jason. Dan di setiap hari Senin, kami akan memberikan insight seputar Digital Marketing, website, dan design. Dan pada Senin hari ini, saya akan membahas mengenai sitemap. Sebelum kita membahas sitemap, kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu sitemap.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sitemap?

Sitemap adalah file yang memberikan informasi tentang halaman, gambar, serta video yang ada di dalam website. Mesin pencari atau search engine seperti Google akan membaca sitemap  yang ada di dalam website untuk memudahkan proses crawling website kita. Dengan menggunakan sitemap, kita dapat memberitahu Google mengenai  halaman-halaman yang penting yang ada di dalam website kita. Di dalam sitemap juga terdapat informasi-informasi lain, seperti  kapan halaman itu terakhir di perbaharui atau seberapa sering halaman  tersebut diubah. Sekarang kita akan membahas mengenai fungsi-fungsi dari sitemap. Kita akan membahas mengenai fungsi sitemap.

Fungsi Sitemap Untuk Sebuah Website

Ada beberapa fungsi sitemap untuk website kita, yaitu:

1. Visibilitas Website

Yang pertama itu ada untuk visibilitas website. Sitemap sendiri memberikan pengaruh yang besar  terhadap visibilitas website. Karena mesin pencari dapat membaca  sitemap yang kita buat. Oleh karena itu, jika ingin memiliki website yang diakui oleh mesin pencari, maka kita membutuhkan sitemap.

2. Website Cepat Ter-indeks

Yang kedua, dapat membuat website cepat ter-indeks. Apabila kamu tidak menggunakan sitemap, robot search engine tetap dapat meng-indeks  website, namun memerlukan waktu yang sangat lama karena robot search  engine harus menelusuri website per halaman. Bayangkan jika  website kamu terisi dari ribuan halaman, atau ribuan artikel. Pasti membutuhkan waktu yang sangat lama, kan?

3. Mempermudah Pengunjung Menemukan Website

Lalu yang ketiga, dapat mempermudah pengunjung untuk menemukan website. Sitemap  juga dapat mempermudah pengunjung untuk mengetahui apa saja yang  ada di website Anda. Sehingga dapat dikatakan user friendly atau tidak membuat user bingung.

Bagaimana Cara Membuat Sitemap Di WordPress?

Selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara kita membuat sitemap di WordPress. Jika kita menggunakan CMS WordPress, akan ada banyak plugins yang dapat membantu kita untuk membuat sitemap. Plugin-plugin yang sering digunakan untuk membuat sitemap pada WordPress antara lain adalah:

  1. Yoast SEO
  2. Rank Math
  3. Google XML Sitemaps
  4. Google Sitemap

Setelah kita membuat sitemaps, bukan berarti secara otomatis Google akan menemukan sitemap kita. Kita perlu mendaftarkan  sitemap kita dalam Google Search Console.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Sitemap Di Google Search Console?

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka Google Search Console, lalu  pada menu di bagian Index ada pilihan Sitemaps. Lalu, kamu hanya perlu  memasukkan URL sitemap yang sudah kamu buat. Jadi kalau kamu sudah meng-indeks sitemap tersebut, maka sitemap tersebut sudah bisa dibaca oleh Google. Dapat kita simpulkan, Sitemaps sangatlah penting untuk website kita karena dapat membantu user dan search engine menemukan website kita. Kita harus melakukan pengecekan secara berkala pada sitemap, apalagi jika kamu baru  menambah artikel atau halaman pada website kamu.

Sekian insights hari ini. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk  share. Jika Anda punya usulan topik untuk kami bahas di video berikutnya, silakan  comment di bawah ini. Sampai jumpa di Toffee #Sharing Monday berikutnya!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat