Apa Pengaruh Hosting Terhadap Bisnis?

Hosting sebagai tempat kita menjalankan usaha di dunia digital adalah bagian penting dari bisnis anda. Kesalahan dalam memilih partner untuk hosting akan menjadi masalah di kemudian hari.

Tetapi banyak para pelaku bisnis yang tidak memperhatikan hal ini saat mereka memulai dan akhirnya mendapatkan kesulitan saat bisnis mereka bertumbuh menjadi lebih besar.

Bagi anda yang tidak mengerti apa itu Hosting, Ini seperti office space di dunia nyata. Anda bisa membeli atau menyewa hosting. Semakin besar bisnis anda di internet, biasa kebutuhan hosting semakin kompleks.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih perusahaan hosting, antara lain:

Lokasi server

Semakin dekat lokasi server dengan pusat bisnis kita, maka semakin cepat aksesnya. Sebagai contoh, apabila bisnis anda lebih terpusat di Indonesia, maka lokasi server di Indonesia akan lebih baik.

Khusus untuk server di Indonesia, biasanya mengalami kesulitan bila website anda di akses dari luar Indonesia. Hal ini disebabkan oleh lemahnya infrastruktur dalam negeri kita. Saya tidak pernah menyarankan penggunaan server di Indonesia (saya akan informasikan alasannya kemudian).

Lokasi server yang saya sarankan minimal di Singapore. Atau gunakan server dari USA. Tidak perlu khawatir untuk kecepatan aksesnya karena anda akan sulit mengetahui perbedaannya.

Customer Service & System

Hal ini adalah bagian terpenting dalam memilih perusahaan penyedia hosting. Kecuali anda memiliki orang IT sendiri, team dari penyedia hosting ini yang akan membantu anda dalam setiap masalah yang anda hadapi di server.

Pengalaman saya, standar CS di Singapore atau USA lebih tinggi dibandingkan local Indonesia. Ini adalah salah satu alasan mengapa saya menyarankan menggunakan jasa dari luar.

Uptime Guarantee

Server adalah komputer yang mungkin memiliki masalah dalam pengoperasiannya. Perusahaan hosting diminta untuk memberikan kualitas koneksi yang baik. Oleh karena itu, biasanya mereka memberikan Uptime Guarantee. Ada yang 99%, 99.99%, hingga 100%. (Perbedaan 0.01% berarti sekitar 5 menit setiap bulannya).

[separator top=”40″ style=”shadow”]

Saat ini saya menggunakan perusahaan hosting local yang meletakan server mereka di Singapore & USA. Sampai tulisan ini di tulis, service dari mereka memuaskan dan tidak ada masalah dalam kegiatan sehari-hari.

Selain itu, system yang di berikan berkelas international. Beberapa sistem yang saya gunakan tidak dapat dijalankan oleh hosting lokal.

Apabila anda memang sedang mecari solusi untuk Hosting, anda bisa klik disini

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat