Thumbnail Farhan
Memanfaatkan Konsep AIDA untuk Content Writing
Maret 2, 2021
Cara Membangun Startup
Bagaimana Cara Membangun Startup?
Maret 2, 2021

Daftar Aplikasi Work from Home

Aplikasi Work From Home

work from home 5409130 1280

Salah satu tantangan terbesar saat work from home alias WFH bagi perusahaan adalah menjaga kelancaran koordinasi tim dan anggota. Adanya jarak secara fisik dan beberapa distraksi kecil yang kerap muncul saat berada di rumah kerap membuat koordinasi kala WFH tidak seefektif biasanya. 

Oleh karena itu, keberadaan aplikasi work from home menjadi sangat dibutuhkan. Tool semacam ini mampu membantu tiap anggota menjaga produktivitas dan komunikasi ke sesama anggota lainnya. 

Nah, jika Anda sedang mencari aplikasi penunjang koordinasi saat WFH, tak perlu bingung. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi WFH sesuai dengan ranah kerja yang Anda perlukan.

Aplikasi Work From Home untuk Komunikasi

Ada dua aplikasi populer dan mudah yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi selagi WFH, yakni Slack dan Google Hangout Chat.

Slack

Slack memungkinkan komunikasi beberapa orang sekaligus dalam satu grup. Anda bisa melakukan pertukaran informasi melalui video call maupun voice call di samping sekadar teks. Selain itu, Anda dan tim juga dapat berbagi dokumen dengan integrasi beberapa aplikasi lain seperti Google Drive, Google Calendar, dan lain-lain.

Slack memberikan secara cuma-cuma jika Anda ingin menggunakan fitur standarnya. Namun bila ingin fitur yang lebih advance, maka Anda perlu membayar sekitar 7 USD per bulan.

Google Hangout Chat

Fitur Google Hangout tak kalah menarik. Satu grupnya dapat memuat bahkan hingga 8.000 user sehingga Anda bisa menggunakannya untuk keperluan koordinasi dengan anggota yang berjumlah banyak. Aplikasi ini tentunya terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya, seperti Docs, Sheets, dan Docs. 

User yang akan menggunakan aplikasi ini harus memiliki akun Gmail. Adapun biaya untuk paket basic-nya adalah sekitar 4 USD per bulannya dengan masa trial selama 14 (empat belas) hari.

Aplikasi Work From Home untuk Rapat dan Conference

Sebagian kelompok mengalami peningkatan frekuensi rapat dan conference saat menjalani WFH. Apakah Anda juga demikian? Kalau ya, Google Meet dan Zoom bisa jadi opsinya.

Google Meet

Aplikasi ini memungkinkan 250 user yang tergabung dalam satu rapat sekaligus. Asyiknya lagi, undangan rapat yang Anda buat akan terhubung langsung dengan Google Calendar sehingga tersinkronisasi pula dengan jadwal rekan kerja lainnya. Beberapa menit sebelum rapat dimulai, Google Calendar juga akan memberi reminder ke para undangan.

Google tidak mengenakan biaya untuk paket Basic—dengan syarat bahwa setiap user harus menggunakan Gmail. Apabila ingin mendapat fitur lebih komplit, Anda bisa memilih paket berbayar dengan harga sekitar 4 USD per bulan.

Zoom

Anda sudah pasti familiar dengan aplikasi rapat satu ini. Salah satu fitur unggulannya adalah kapasitasnya, yakni kemampuan Zoom yang dapat menampung sampai 1.000 orang dan 49 video dalam satu waktu bersamaan.

Fitur Basic tidak berbayar, tetapi Anda hanya dapat melakukan conference selama 40 menit saja. Kalau ingin fitur yang lebih banyak dan lengkap, Anda bisa berlangganan mulai dari sekitar 15 USD per bulan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Di Laptop

Aplikasi Work From Home untuk Manajemen Proyek

Menyelesaikan sebuah proyek secara bersama-sama saat berada di tempat berbeda-beda memang jadi tantangan tersendiri. Namun, Basecamp bisa jadi penyelamatnya.

Basecamp

Aplikasi ini mempermudah kolaborasi tim dengan berbagai fiturnya. Anda dapat mengatur to do list dalam kurun waktu tertentu yang dapat dipantau oleh anggota lainnya sehingga seluruh pekerjaan tetap dapat selesai tepat deadline. Di samping itu, Basecamp juga menyediakan berbagai menu lainnya seperti pembuatan dan penyimpanan dokumen.

Anda bisa menikmati Basecamp secara gratis selama 30 hari pertama. Apabila ingin terus menggunakannya, maka Anda harus membayar sekitar 100 USD per bulan untuk Basecamp Business.Selain lima aplikasi work from home diatas, masih ada sangat banyak berbagai opsi lain untuk beragam kebutuhan lainnya pula, seperti Jira, Trello, Google Calendar, GoToMeeting, Evernote, dan sederet berikutnya. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda agar pengoperasiannya optimal.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments