Safari, Web Browser Bagi Pengguna Apple

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Pengguna Apple pasti sudah tidak asing lagi dengan Safari, situs web browser yang sudah ada secara default perangkat dan hak cipta resmi pada perusahaan Apple. Safari akan secara langsung tersedia dalam perangkat mobile dan desktop yang sudah Anda beli, mulai dari iPhone, Mac OS, iPad, hingga iPod touch dengan pengembangan sistem yang terintegrasi.

Sama halnya dengan situs web browser lainnya pada windows, fungsi Safari tidak jauh berbeda, mulai dari kemampuan untuk berselancar di internet, mem-bookmark halaman web favorit Anda di internet, hingga membuka banyak tab sekaligus dalam satu sesi. Safari juga salah satu mesin pencarian situs web yang memberikan support terhadap standar terbaru dari HTML5, karena Safari dibuat dengan WebKit engine.

Aplikasi Safari edisi/versi 11.1 yang memiliki sebuah upgrade pada Intelligent Tracking Prevention, yang dapat menjadi penghalang bagi website-website yang melacak halaman yang sudah Anda browse di website lain. Namun, saat ini aplikasi Safari pada Mac OS sendiri terus di-upgrade menghasilkan versi-versi dengan fitur yang semakin mumpuni.

Lalu Apa yang Membedakan Safari dari Web Browser Lainnya?

Banyaknya pilihan diluar sana tentu akan menjadi pertimbangan Anda dalam mencari dan memilih web browser mana yang akan Anda gunakan. Kelebihan tentu akan menjadi pertimbangan utama Anda, hal ini juga akan menjadi pembeda dari satu mesin penelusuran website dengan mesin penelusuran yang lain.

Kelebihan Safari

Berikut adalah beberapa kelebihan atau poin yang membuat Safari berbeda dari mesin pencarian website lainnya, yaitu:

  1. iCloud Tab Browsing. Fitur yang akan memudahkan Anda sebagai user yang hidup dalam Apple ecosystem, karena akan saling mensinkronisasikan seluruh tab yang Anda buka pada Mac OS dan iOS Anda yang login dengan akun iCloud yang sama. Jadi ketika Anda membuka tab pada iPhone, maka Anda bisa melanjutkannya akses pada iMac Anda.
  2. Sharing. Kelebihan lainnya adalah tombol menu share yang sudah built-in. Akan memudahkan Anda ketika ingin membagikan website melalui messaging, email, atau sosial media. Dan dengan menggunakan AirDrop Anda dapat membagikan website kepada perangkat Apple yang lainnya secara cepat.
  3. Reader View. Safari juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi sebuah artikel dan mempresentasikannya dengan format yang tidak menampilkan navigasi serta iklan, yang akan memberikan tampilan informasi data baik teks atau gambar yang lebih enak di lihat pada layar.
  4. Energy Efficient. Jika Anda user perangkat mobile, entah itu laptop maupun smartphone, fitur ini akan sangat berguna. Safari merupakan salah satu browser yang hemat energi, dibandingkan para pesaingnya.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, safari juga menyediakan fitur dalam Bahasa Indonesia agar lebih mudah Anda pahami. Nama Safari sendiri populer penggunaan-nya di kalangan masyarakat dengan kecepatan dan tingkat keamanan sistem yang terus ditingkatkan pada setiap pembaharuan versi. Informasi yang disajikan memuat sumber alamat yang terjamin keamanannya sehingga menurunkan tingkat kecemasan dalam penggunaan produk ini.

Kelebihan-kelebihan ini tentu dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan Safari, namun bila ada kelebihan pasti juga ada kekurangan yang juga akan mempengaruhi keputusan Anda untuk menggunakan sebuah produk.

Baca Juga: Mau Uji Kecepatan Internet Milik Anda? Gunakan 4 Website Ini

Kekurangan Safari

Kelebihan yang ditawarkan oleh safari memang benar-benar menguntungkan para user yang berada dalam Apple ecosystem. Namun mereka juga merasakan beberapa kekurangan-kekurangan sebagai berikut:

  1. Limited Plugin Support. Plugin yang tersedia untuk Safari sangat terbatas dibandingkan web browser lainnya. Terutama yang disediakan Windows, Google Chrome.
  2. Apple Exclusive. Safari adalah browser yang dibuat khusus untuk produk perusahaan ini, sehingga tidak mungkin untuk menjalankannya pada Android dan lintas produk. Namun bagi Anda pengguna Linux, Anda masih dapat menggunakan Safari. Namun jika Anda pengguna Windows, Anda sudah tidak dapat lagi menginstall Safari pada perangkat Windows Anda.
  3. No Tab Icons. Browser lainnya seperti Chrome, menambahkan ikon untuk membedakan tab, dan membantu user untuk memilih mana yang mereka inginkan, Safari tidak memberikan daftar opsi ini.

Kesimpulan

Safari dapat menjadi pilihan yang bagus bagi pengguna Apple ecosystem, dengan berbagai fitur yang akan menolong Anda, ditambah Safari yang sudah built-in pada perangkat Apple. Namun bukan berarti Anda wajib menggunakannya, ada banyak pilihan diluar sana yang bisa Anda gunakan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post