Pelajari Konsep Belajar HTML Untuk Pemula

HTML adalah salah satu bahasa utama yang digunakan dalam pembuatan halaman web, serta digunakan di hampir seluruh jenis aplikasi dan situs web modern. Keterampilan menguasai bahasa ini adalah hal mutlak bagi semua orang yang bercita-cita menjadi seorang pengembang. Sayangnya, masih banyak pemula yang bingung dengan konsep belajar HTML. Materi yang banyak dan contoh penggunaan yang membingungkan kerap menjadi faktor yang mempersulit perkembangan para pemula saat mempelajarinya.

Artikel ini akan menjelaskan konsep tersebut secara lebih mendetail.

Konsep Belajar HTML

HTML adalah kepanjangan dari hypertext markup language. Seperti namanya, HTML dipakai untuk memodifikasi teks dengan tag khusus supaya peramban (browser) dapat menampilkannya sesuai keinginan Anda.

Seiring waktu, perkembangan HTML membuat bahasa ini makin mudah dipelajari dan makin sederhana. Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1995, sudah ada sekitar 6 versi HTML yang dikeluarkan. Adapun versi terbaru yang dipakai sekarang adalah HTML 5 yang dirilis pada akhir tahun 2014.

Uniknya HTML sendiri lahir dari CERN yang notabene bukan bagian dari industri komputer dan perangkat lunak, tetapi merupakan badan penelitian fisika nuklir di Eropa.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Belajar HTML

Untuk mempelajari HTML, Anda jelas membutuhkan sebuah komputer atau laptop. Jika sudah ada, pastikan Anda memiliki perangkat lunak berikut ini di dalam komputer tersebut:

1. Text Editor

Text editor adalah perangkat pertama yang harus disiapkan saat belajar HTML. Perangkat ini akan dipakai untuk menulis kode HTML yang hendak ditampilkan di peramban. Saat ini, ada banyak sekali text editor yang bisa digunakan, seperti Atom, Notepad ++, Sublime Text, Adobe Dreamwaver CC, dan Visual Studio Code.

Sebagian besar text editor akan menyimpan file Anda dengan format .txt. Pastikan Anda sudah mengubah ekstensinya menjadi .html sebelum melakukan pengetesan melalui peramban.

2. Peramban

Peramban alias browser biasanya digunakan untuk mengakses halaman web. Namun, perangkat ini sejatinya juga dibutuhkan saat belajar HTML karena berfungsi untuk menampilkan hasil kode yang sudah disusun di text editor.

Anda bebas menentukan peramban apa yang hendak dipakai untuk melakukan pengetesan, seperti Chrome, Mozilla, atau bahkan Safari. Namun, pastikan versi peramban yang dipakai adalah versi terbaru untuk menghindari error. 

3. Cheat Sheet HTML

Secara sederhana, cheat sheet HTML adalah “lembar contekan” berisi daftar perintah dan kode yang spesifik untuk menghasilkan fungsi tertentu. Karena ada banyak kode HTML yang cukup kompleks, lembar ini sangat berguna sebagai panduan penulisan kode-kode yang rumit.

Cheat sheet faktanya tidak hanya digunakan oleh pemula. Sebagian besar profesional yang sudah berpengalaman pun kerap memakainya untuk memudahkan pekerjaan.

Baca Juga: HTML Tag, Hal Dasar Yang Harus Anda Ketahui Dalam HTML

Konsep Struktur Dasar HTML

Struktur HTML pada dasarnya hanya terdiri dari empat bagian, yaitu DOCTYPE, html, head, dan body.

  • DOCTYPE

Bagian ini berisi “deklarasi” untuk meminta peramban memproses teks sebagai HTML.

  • HTML

Ini adalah tag berisi kode HTML yang hendak dipakai. Seluruh perintah dan kode HTML yang Anda lihat dalam cheat sheet harus ditulis di sini.

  • Head

Tag ini berisi elemen lain pada halaman yang tidak ditampilkan di peramban, mulai dari JavaScript, PHP, hingga CSS. 

  • Body 

Bagian ini berisi elemen yang akan ditampilkan di peramban, mulai dari tulisan, diagram, tautan, hingga gambar. Penulisan bagian body umumnya memakan waktu paling lama dalam penyusunan HTML.

Penutup

Itulah beberapa hal mengenai konsep belajar HTML yang perlu diperhatikan oleh pemula. Mengingat HTML sangat diperlukan dalam pengembangan situs web beserta aplikasinya, bahasa ini wajib dikuasai sebelum Anda beranjak ke materi lain yang lebih kompleks.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat