Rekomendasi Aplikasi Website
5 Aplikasi Website Untuk Membuat Situs
Maret 14, 2021
Belajar Javascript Untuk Pemula
Cara Belajar JavaScript Untuk Pemula
Maret 14, 2021

7 Website Untuk Belajar PHP Gratis

Belajar Bahasa Pemrograman PHP

programmer 3266860 1280

Bisakah belajar PHP tanpa mengeluarkan banyak biaya? Tentu saja bisa. Kini terdapat banyak website yang menyediakan konten untuk belajar bahasa pemrograman ini gratis.

Hypertext Preprocessor atau PHP, merupakan bahasa pemrograman yang digunakan sebagai basis code pengembangan website WordPress. Karenanya, apabila ingin membangun website WordPress dan mengelolanya sendiri, Anda harus menguasai bahasa PHP.  Lantas, di mana Anda bisa belajar materi ini? Baca ulasan ini.

7 Website untuk Belajar PHP sampai Mahir

Ada berbagai macam website yang bisa Anda maksimalkan untuk belajar PHP. Bahkan ada yang bisa dipelajari secara gratis. Inilah daftarnya. 

1. Udemy

Website satu ini sangat populer di kalangan orang-orang yang ingin mengasah dan mengembangkan skill di berbagai bidang. Salah satunya, belajar tentang PHP.

Udemy menyediakan banyak video tutorial tentang PHP, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk mencari video yang Anda butuhkan, cukup ketikan topik yang diinginkan pada kolom pencarian.

Ketika artikel ini ditulis, ada 6.625 video tentang PHP yang tersedia di platform belajar online ini. 888 video di antaranya bisa Anda akses untuk belajar bahasa pemrograman PHP secara gratis.

2. Codecourse

Satu lagi website untuk belajar PHP yang menyediakan video tutorial gratis maupun berbayar. Codecourse juga membagikan ilmu pemrograman PHP dengan berbagai penerapan melalui channel Youtube.

Selain PHP, Anda juga dapat mempelajari video tutorial bahasa pemrograman lain, seperti JQuery, MySQL, JavaScript, dan CSS.

3. Ilmuwebsite.com

Anda lebih nyaman belajar melalui tulisan? Ilmuwebsite.com adalah tempat belajar yang tepat. Platform ini menyediakan lebih dari 90 artikel dan ebook PHP MySQL berbahasa Indonesia, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat mahir. Tentu saja semuanya bisa Anda dapatkan secara gratis.

4. Learn-PHP.org

Jika Anda menginginkan pengalaman belajar interaktif, Learn.PHP.org tempatnya. Di platform ini bahkan Anda bisa mempraktikkan langsung ilmu yang telah dipelajari dengan menjalankan script code pada halaman yang sama. Sehingga PHP terinstal tidak lagi dibutuhkan untuk komputer Anda.

Selain menyediakan tutorial gratis, website ini juga membuka peluang bagi Anda yang ingin berkontribusi langsung terhadap pengembangan Learn-PHP.org.

5. Codecademy

Codecademy menyediakan tutorial dengan berbagai penjelasan, code editor, dan tampilan dari code. Sama seperti Learn-PHP.org, Anda tidak perlu menginstal web server di localhost. Untuk belajar melalui website ini, Anda hanya membutuhkan web browser dan koneksi internet yang bagus.

6. W3Schools.com

Platform online ini menyediakan banyak tutorial belajar pemrograman website dengan berbagai bahasa coding. Sebagai permulaan belajar PHP, Anda bisa mencari tahu tentang syntax, variabel, string, dan materi lainnya yang dapat diakses di halaman PHP.

Setelah menguasai dasar PHP, proses belajar dapat Anda lanjutkan dengan mencari tahu cara menghubungkan PHP ke database. Di akhir pembelajaran, website ini menyediakan kuis yang bermanfaat untuk menguji pemahaman Anda tentang pemrograman PHP.

7. Tizag.com

Website yang menyediakan materi belajar dasar-dasar PHP. Anda bisa mempelajari tutorial tentang cara menggunakan variabel untuk menampilkan data, penggunaan POST dan GET, atau tentang langkah pengoperasian statement loop dan if/ else.

Tizag.com juga menyediakan script PHP yang bisa Anda download melalui tautan terkait. Dengan link itu, Anda bisa melakukan kustomasi script.

3 Alasan Penting Harus Belajar PHP

Berikut 3 alasan yang bisa jadi pertimbangan untuk belajar pemrograman PHP:

  • Mudah Digunakan dan Populer

Website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP lebih mudah digunakan. Selain itu, bahasa pemrograman PHP juga lebih populer dibanding pemrograman lain.

Beberapa fungsi sederhana dari PHP akan sangat membantu untuk membuat website tanpa perlu dikompilasi dengan pemrograman lain.

  • Memiliki Komunitas Besar

Komunitas merupakan bagian penting di dunia pemrograman. Karena komunitas dapat membantu Anda menemukan solusi permasalahan pemrograman. Semakin besar komunitas, semakin tinggi juga peluang mendapatkan solusi dengan cepat dan tepat.

  • Potensi Karier

Terdapat banyak website yang menggunakan PHP sebagai basis pemrograman. Dengan menjadi programmer PHP, peluang Anda berkarir di perusahaan yang menggunakan website PHP pun semakin besar.
Itulah beberapa website yang menyediakan tutorial dan materi konten belajar PHP yang bisa Anda akses secara gratis. Selamat belajar!

Dwivy Andre
Dwivy Andre
Website Developer at Toffeedev and Interest in Website Enginer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments