Mengenal Black Friday yang Makin Mendunia

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Pernahkah Anda mendengar tentang Black Friday? Ini adalah salah satu event tahunan yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar belanja. Momen ini digunakan untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan dengan harga miring. Untuk lebih mengenal tentang event satu ini, mari simak bersama pembahasan berikut. 

Mengenal Black Friday

Black Friday adalah sebuah istilah untuk menyebut hari Jumat pertama setelah Hari Thanksgiving. Pada hari ini, banyak toko yang memberikan diskon dalam jumlah besar sehingga harga produk pun benar-benar murah. Ciri lain adalah toko-toko buka lebih pagi dan tutup lebih malam. Banyak orang yang bahkan rela mengantri sejak dini hari demi mendapat barang incaran.

Selain toko “fisik”, belakangan promo Black Friday juga merambah toko online. Di toko online, penawaran bahkan dimulai sejak pukul 00.00 dini hari dan berakhir pukul 23:59. Promo diskon dan penawaran lain diberikan setiap jam untuk menarik minat pembeli. Tidak jarang traffic internet akan down saat event berlangsung karena banyaknya orang yang melakukan transaksi belanja.

Sejarah Black Friday

Lalu, sebenarnya bagaimana sejarahnya? Mengapa disebut Black Friday dan bagaimana hari tersebut menjadi hari belanja? Ternyata sejarah munculnya istilah ini datang dari negara bagian Philadelphia, Amerika Serikat.

Pada tahun 1960-an, hari Jumat pertama setelah Thanksgiving adalah hari belanja bagi masyarakat Philadelphia. Semua orang memadati pertokoan dan jalanan hingga pasukan keamanan pun harus dikerahkan karena situasi tersebut rentan memicu kriminalitas. Para polisi kemudian menggunakan istilah “Black Friday” untuk menyebut hari tersebut.

Kini, Black Friday adalah istilah yang lebih sering digunakan untuk menyebut event belanja tahunan pada akhir bulan November, tepatnya setelah Thanksgiving. Bahkan perayaan event ini tidak hanya terjadi di Amerika Serikat, tapi juga ke negara lain termasuk Indonesia. Sudah banyak toko dan brand di Indonesia yang menyelenggarakan event ini tiap akhir November.

Tips belanja saat Black Friday

Tertarik untuk berbelanja saat Black Friday pada bulan November nanti? Agar bisa mendapatkan barang incaran dan tabungan tidak jebol, simak tips belanja saat event di bawah ini.

1. Membuat daftar belanja

Tips pertama belanja adalah membuat daftar belanja. Buat list yang berisi barang-barang incaran Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan harga normal agar bisa dibandingkan dengan harga saat event Black Friday. Membuat daftar belanja akan membantu Anda untuk fokus dan tidak boros dalam mengeluarkan uang.

2. Bandingkan harga

Jika event telah tiba, segera lakukan perbandingan harga. Lihat apakah harga diskon berbeda jauh dari harga normal atau tidak. Bandingkan juga harga antara satu platform e-commerce dengan platform lainnya. Cara ini akan membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik.

3. Tetap tenang dan jangan terburu-buru

Produk yang ditawarkan dengan harga diskon biasanya akan sangat terbatas jumlahnya. Anda harus bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan produk tersebut. Hal ini mungkin akan membuat Anda panik dan mengambil keputusan gegabah. Namun, tetap usahakan untuk tenang agar bisa mengambil keputusan dengan kepala dingin.

4. Siapkan saldo yang cukup

Berikutnya, tips belanja saat event ini adalah pastikan Anda memiliki saldo pembayaran yang cukup. Selain itu, metode pembayaran yang Anda punya juga harus bisa diterima oleh e-commerce. Dengan begitu, Anda tidak harus repot top-up saldo saat berbelanja. Anda pun bisa menghemat banyak waktu dalam bertransaksi.

5. Pastikan internet stabil

Bagi Anda yang berburu Black Friday di e-commerce atau toko online, internet adalah elemen paling penting. Tanpa internet yang cepat, Anda akan kesulitan untuk mendapat barang incaran. Bisa-bisa Anda kalah cepat dengan pesaing. Untuk itu, pastikan koneksi internet stabil saat event ini tiba.

Baca Juga : 6 Website untuk Uji Kecepatan Internet Milik Anda

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa Black Friday adalah sebuah event belanja tahunan yang mulanya dikenal di Amerika Serikat, namun kemudian meluas ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Bagaimana dengan Anda, siap belanja di Black Friday tahun ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post