Blog, Senjata Rahasia untuk Menaklukkan SEO

Jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat menjadikan blog sebagai salah satu sumber informasi utama. Agar blog bisnis Anda bisa bertengger di posisi teratas mesin pencari, Anda perlu mengoptimalkan penggunaan SEO. 

Tujuannya agar calon konsumen menemukan produk dan layanan serta meningkatkan branding bisnis. Pengoptimalan SEO dengan konten blog yang berkualitas juga menjadikan bisnis digital lebih maju. 

Ingin tahu mengapa blog dan strategi SEO harus dimiliki untuk mengembangkan bisnis digital? Yuk, simak penjelasannya.

MeningkatkanTraffic Blog

Pernah Anda mengecek performa blog Anda di mesin pencari? Apakah blog Anda berada di posisi teratas atau tidak? Menurut studi, blog dapat membantu meningkatkan traffic sekitar 28% dibandingkan dengan bisnis yang tidak menggunakan blog. 

Artinya, peluang calon konsumen akan menemukan bisnis Anda lebih besar dibandingkan dengan pelaku bisnis yang tidak memiliki blog. Hal ini dikarenakan jumlah kunjungan ke blog bisnis dapat mencapai hingga 55% jika penggunaan blog dioptimalkan. 

Penggunaan strategi SEO dalam konten blog akan membuat durasi kunjungan pada blog meningkat. Apalagi jika pengunjung menemukan konten yang menarik perhatian. Mereka akan tinggal untuk membaca konten informatif yang blog berikan. 

Jadi, ketika pengunjung bertahan di satu laman selama beberapa waktu, kemudian mengklik halaman lainnya, kecepatan blog cukup berdampak positif pada page view per pengunjung sekaligus durasi kunjungan. Hasilnya blog bisnis akan mendapatkan lebih banyak konversi dan traffic

Menjangkau Pelanggan Potensial

Penerapan strategi SEO yang tepat pada konten blog ternyata dapat menjangkau pelanggan potensial. Strategi SEO seperti meletakkan kata kunci, judul, dan meta deskripsi pada konten dapat meningkatkan visibilitas terhadap blog bisnis. Tak salah blog menjadi salah satu alat digital marketing yang kuat dan efektif untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. 

Jika Anda dapat mempertahankan peringkat teratas di mesin pencari, Anda dapat menjangkau pelanggan potensial. Pelanggan potensial bisa berasal dari pengunjung baru yang tertarik membaca blog. Ketika pengunjung tersebut merasakan keterikatan terhadap produk, mereka dapat membeli produk/jasa yang dijual. 

Bukan hanya dapat meningkatkan pembelian terhadap produk, para pengunjung potensial ini pulalah yang akan membantu untuk melakukan promosi. Mereka akan dengan senang hati “terlibat” dalam memberikan komen, testimonium, atau membagikan tautan konten secara sukarela. Bahkan promosi konvensional dari mulut ke mulut pun dapat terjadi.

Jasa SEO

Menghemat Waktu dan Biaya Promosi

Teknik optimasi SEO pada blog cukup menguntungkan dari segi waktu dan biaya. Apalagi jika bisnis Anda baru saja dirintis. Penggunaan strategi yang efektif dan terjangkau perlu diterapkan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis lebih cenderung menggunakan strategi SEO, di mana blog menjadi wadah untuk mengoptimalkan strategi digital marketing

Pengoptimalan SEO dalam konten blog dapat dipelajari. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mempelajari strategi ini, Anda bisa mengandalkan situs atau aplikasi khusus SEO. Tentu saja strategi ini tidak akan efektif jika dilakukan satu kali. Anda harus tekun membuat konten dengan SEO di dalamnya. 

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnis Lokal Anda Bisa Sukses Dengan SEO

Caranya dengan melakukan optimasi blog dari dalam (onsite SEO), peletakan kata kunci yang tepat, navigasi yang mudah, dan melakukan promosi lewat offsite SEO. Apabila Anda kebingungan dengan semua cara tersebut, coba gunakan  jasa master SEO. Blog bisnis akan berada di posisi teratas mesin pencari Google.

Menambah Jumlah leads

Alasan lain mengapa blog bisnis menjadi senjata untuk menaklukkan SEO adalah kemampuannya dalam meningkatkan jumlah leads atau prospek. leads adalah prospek atau orang yang terindikasi atau tertarik dengan layanan produk atau jasa dari bisnis Anda. Ketertarikan ini bisa berasal dari konten, strategi digital marketing, ataupun kualitas produk atau jasa.

Dengan adanya peningkatan leads di setiap konten blog, semakin meningkat pula calon konsumen potensial. Dari pengunjung yang datang, Anda bisa mengumpulkan dan mengelompokkan data calon konsumen dengan syarat mereka telah mengizinkan penggunaan data tersebut.

Selanjutnya, Anda tinggal memberikan dorongan agar calon konsumen tersebut melakukan transaksi pembelian. Caranya dengan membuat promo yang menarik agar mereka menjadi pelanggan.

Baca Juga: Saatnya Mengubah Leads Menjadi Konsumen Tetap Anda

Meningkatkan User Experience 

Ketika blog bisnis Anda berada posisi teratas mesin pencari, berarti performa blog dalam keadaan prima. Kecepatan memuat konten pun pastinya lebih baik dibandingkan dengan blog peringkat bawah. Kecepatan blog ini akan meningkatkan user experience (UX). 

UX ini menjadi salah satu elemen penting dalam usaha untuk meningkatkan traffic blog. Pengalaman pengguna saat mengeksplorasi blog hingga melakukan proses transaksi pembelian ini akan menentukan kualitas blog. Dengan kata lain, blog yang dibuat tidak akan menyulitkan pengunjung untuk berseluncur. 

Selain itu, UX juga dapat mempengaruhi tingkat engagement pengunjung. Hal ini dikarenakan pengunjung mendapatkan pengalaman yang menyenangkan ketika berkunjung blog. 

Untuk mendapatkan kesan yang baik dari pengunjung saat berseluncur di blog, Anda bisa mengoptimalisasi SEO. Caranya adalah dengan membuat fitur dan tampilan blog sederhana dan mudah digunakan serta produk yang mudah diakses ditambah penerapan SEO. Jumlah pengunjung organik dan penjualan produk akan mengalami peningkatan yang signifikan. 

Meningkatkan Reputasi Bisnis

Memulai bisnis digital cukup sulit, tetapi lebih sulit lagi mempertahankan reputasi bisnis yang sudah ada. Salah satu alasan penggunaan blog dalam bisnis adalah untuk meningkatkan reputasi bisnis.

Blog menjadi wadah untuk pelaku bisnis membagikan konten-konten menarik dan berkualitas kepada pengunjung. Selain itu, blog juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk membangun reputasi bisnis serta berkomunikasi dengan pelanggan. Caranya dengan merespons beberapa pertanyaan atau komen yang muncul di blog. Respons ini juga bisa menjadi jawaban, solusi, sekaligus ide untuk konten. 

Kedekatan yang terbangun lewat respons di kolom komentar membuat tingkat engagement pelanggan kepada produk dan layanan menjadi lebih tinggi. Bisnis Anda akan mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen. Hal ini didasarkan pada hasil statistik dari klien Business to Business (B2B). 

Baca Juga: Strategi Digital Marketing Agar Bisnis Mencapai Kesuksesan

Hasil statistik menunjukkan lebih dari 55% klien mempercayai konten blog untuk melihat reputasi bisnis seseorang. Apalagi jika konten tersebut lebih bersifat edukatif dan informatif dibandingkan dengan konten bersifat penjualan langsung.

Membangun Komunitas

Pengoptimalan SEO dalam blog menjadikan bisnis Anda lebih dikenal. Apalagi jika Anda tekun membuat konten. Pengunjung akan mengalami peningkatan karena tingkat visibilitas pun meningkat. 

Nah, agar terjalin hubungan yang baik dengan konsumen, Anda bisa mencoba menerapkan brand community. Brand community merupakan tempat di mana prospek atau pelanggan potensial berkumpul karena memiliki hubungan emosional atau keterikatan terhadap produk atau layanan bisnis Anda. 

Dengan adanya komunitas ini, Anda dapat terhubung dengan pelanggan potensial tersebut. Pastinya komunitas ini dapat menyenangkan para pelanggan karena mereka bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat dan pikiran yang sama. Untuk membangun komunitas bisa dimulai dari mengaktifkan fitur komentar di setiap konten blog serta meresponsnya. Inilah beberapa alasan mengapa blog harus dimiliki untuk mengembangkan bisnis digital. Jadi, tak salah jika blog menjadi salah satu kunci untuk menaklukkan SEO. Tertarik untuk mengoptimalkan blog bisnis dengan strategi SEO? Jika Anda membutuhkan dukungan strategi SEO yang tepat sasaran dan sesuai target bagi bisnis, jangan ragu untuk menghubungi Pakar SEO dan Master SEO ToffeeDev sekarang juga.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat