Apa Itu Bounce Rate dalam Optimasi Website?

Bounce rate adalah salah satu istilah yang sering digunakan dalam web traffic. Statistik yang berhubungan dengan perilaku pengunjung web ini bahkan dianggap sebagai salah satu faktor utama yang menentukan tingkat efektivitas sebuah website. Untuk mengenalnya lebih jauh, terutama hubungannya dengan optimasi website, mari simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal bounce rate

Menurut penjelasan Google Analytics, bounce adalah suatu metrik untuk menghitung tiap kunjungan single-page pada sebuah website. Kunjungan single-page berarti user hanya membuka satu halaman website dan kemudian berpindah ke website lain.

Sedangkan bounce rate adalah metrik yang membandingkan jumlah kunjungan single-page dengan jumlah keseluruhan kunjungan sebuah website. Umumnya, metrik ini ditampilkan dalam persentase. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin banyak jumlah kunjungan single-page pada suatu website.

Baca Juga : Apa itu Bounce Rate di Google Analytics? Yuk, Ketahui Fungsinya

Kegunaan

Lalu, apa sebenarnya kegunaannya? Biasanya, fungsinya adalah untuk mengukur kualitas konten suatu website. Jika suatu website memiliki konten yang berkualitas dan menarik, user kemungkinan besar tidak akan melakukan kunjungan single-page saja. Dengan begitu, persentase bounce rate website tersebut pun cenderung kecil.

Meski begitu, nilai yang tinggi tidak selalu menggambarkan konten yang berkualitas. Bisa jadi website memiliki permasalahan lain seperti kecepatan load yang rendah, tampilan yang tidak mobile friendly, bahkan keyword yang digunakan dalam konten web pun bisa memengaruhinya.

Rumus

Anda bisa menghitung sendiri secara manual menggunakan rumus berikut:

Jumlah kunjungan single-pageJumlah seluruh kunjungan x 100%

Untuk lebih memahami tentang penghitungan tersebut, mari simak contoh soal di bawah ini:

Website milik Perusahaan ABC memiliki total pengunjung sebanyak 50.000 users selama Maret 2021. Pada bulan itu juga, website memiliki pengunjung single-page sebanyak 25.500 users. Berapa bounce rate Perusahaan ABC?

25.50050.000 x 100%

Bounce rate = 51%

Jadi, website Perusahaan ABC memiliki persentase nilai sebesar 51% dan jumlah tersebut masuk dalam kategori baik. Menurut sebuah laporan yang disusun Brafton, rata-rata nilainya adalah sebesar 58,1% dan angka ini terus berubah setiap waktu.

Selain menggunakan penghitungan manual, Anda juga bisa mengecek nilainya secara otomatis melalui Google Analytics. Cukup log in dengan akun Gmail, kemudian pilih opsi Behaviour dan lanjut ke Overview.

Tips agar bounce rate tidak tinggi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar nilainya tidak terlalu tinggi. Penjelasan lebih lanjut bisa Anda cek di bawah ini:

  • Memperbaiki kualitas konten

Cara paling efektif untuk mengurangi nilai persentase yang tinggi adalah dengan memperbaiki kualitas konten. Semakin baik kualitas konten Anda, maka waktu kunjungan user pun akan semakin panjang.

  • Mengaktifkan tampilan mobile

Ada kalanya website memiliki persentase nilai yang tinggi karena website tersebut sulit diakses menggunakan perangkat mobile. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengaktifkan tampilan mobile pada website.

  • Meningkatkan kecepatan load

Selain kualitas konten, kecepatan load suatu website pun bisa memengaruhi bounce rate. Website yang lama dalam memuat konten cenderung lebih mudah ditinggalkan oleh pengunjung. Untuk itu, pastikan website Anda memiliki kecepatan load yang baik.

Baca Juga: Cara Mengurangi Bounce Rate Website Anda

Kesimpulannya, bounce rate adalah metrik yang digunakan untuk mengukur berapa banyak jumlah kunjungain single-page pada suatu website. Metrik ini sering dijadikan indikator untuk mengukur kualitas sebuah website.Agar persentase nilainya untuk website bisnis Anda rendah, manfaatkan layanan master SEO dari digital marketing agency ToffeeDev. Dengan layanan ini, performa website Anda akan dioptimalkan menggunakan teknik SEO. Bukan hanya itu, ToffeeDev juga memiliki pakar SEO yang siap membantu dalam strategi optimasi mesin pencari agar website Anda bisa tampil dalam hasil pencarian teratas.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat