Apa Rekomendasi Browser Terbaik?

Berselancar di dunia maya adalah kegiatan favorit banyak orang. Anda bisa menemukan hiburan, informasi, hingga data yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bisnis. Akan tetapi, terkadang proses loading yang lambat saat membuka browser menjadikan aktivitas di internet kurang nyaman. Karenanya, sebagai program terpenting untuk bisa membuka internet, berikut ada lima rekomendasi browser terbaik agar berselancar di dunia maya semakin lancar. 

Pilihan Browser Terbaik

Ada berbagai rekomendasi pilihan browser dengan kualitas dan fitur terbaik. Apa saja rekomendasinya?

1. Google Chrome

Google Chrome dinobatkan sebagai browser terbaik saat ini. Meski pada awal perilisannya Google Chrome mengalami kesulitan untuk menyaingi browser lain, tapi setelah mengalami perombakan pada 2018, performa Chrome jadi semakin cepat dengan sistem keamanan yang diperbarui secara berkala. Bahkan pada 2019, peramban ini berhasil memperoleh pengguna sekitar 65% dari pangsa pasar browser desktop global menurut Statcounter.

Selain karena cepat dan fitur keamanan canggih, Google Chrome pun memiliki extensions melimpah sehingga memudahkan pengguna. Beberapa extensions yang dimaksud adalah tool productivity, games, extensions khusus developer, shopping, dan masih banyak lagi. 

2. Mozilla Firefox

Pilihan lainnya adalah Mozilla Firefox yang dulunya diberi nama Phoenix dan dirilis pada 2002. Seiring berjalannya waktu, nama tersebut mengalami berbagai perubahan, hingga yang paling akhir pada 2019 namanya berubah menjadi Firefox Browser. 

Keunggulan Mozilla Firefox terletak pada fitur Add Ons yang bisa ditambah dengan berbagai macam extensions sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja ekstensi untuk sinkronisasi kata sandi, pengaturan menu secara kustom, dan pengelolaan bookmark. 

3. Opera

Meski mungkin jarang digunakan,Opera masih menjadi salah satu pilihan browser terbaik. Pasalnya, Opera memiliki Turbo Mode yang membuat Anda bisa lebih cepat dalam membuka halaman website ketika internet sedang lambat. Dengan Turbo Mode, Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka halaman website meski internet lemot. 

Tidak hanya itu, Opera pun menawarkan fitur VPN gratis tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Fitur VPN ini dapat Anda aktifkan ketika menggunakan fasilitas Wi-Fi umum agar keamanan data lebih terjamin dan tidak mudah diretas oleh hacker. 

4. UC Browser

UC Browser adalah browser terbaik yang begitu populer di kalangan pengguna smartphone. Keunggulan peramban ini ada pada kecepatan download-nya. Anda tidak memerlukan aplikasi eksternal download accelerator untuk mengunduh data besar. Di samping itu, tersedia pula fitur Smart Download yang memfasilitasi pengguna smartphone untuk mengunduh berbagai data sebanyak tiga file berbeda sekaligus. 

Menariknya lagi, meskipun dipakai untuk mengunduh data besar, UC Browser tidak akan terlalu banyak makan kuota. Pasalnya, aplikasi ini mampu memangkas 90% data yang diambil tiap kali Anda mengakses sebuah halaman. 

Baca Juga : 5 Tools Terbaik untuk Cek Kecepatan Website Anda

5. Microsoft Edge 

Rekomendasi paling akhir adalah Microsoft Edge yang merupakan versi pembaruan dari browser lama milik Microsoft, Internet Explorer. Peramban ini dibangun dengan menggunakan Chromium, sebuah proyek open source yang juga menjadi dasar pembangunan Google Chrome. Artinya, sebagian besar fitur yang Anda temukan di Google Chrome bisa didapatkan juga di Microsoft Edge. 

Bahkan pihak developer telah menyematkan semua fitur penting yang dibutuhkan oleh pengguna saat browsing di dunia maya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati aktivitas berselancar di internet dengan mudah dan cepat. Untuk masalah keamanan pun tak perlu diragukan, sebab Microsoft Edge sudah menerima pembaruan keamanan setiap bulannya. 
Itulah tadi lima rekomendasi browser terbaik untuk dipakai di smartphone maupun desktop. Dalam memilih, sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan kapasitas penyimpanan gawai serta kecepatan internet yang digunakan. Dengan begitu, kegiatan berselancar di internet jadi lebih nyaman dan cepat.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat