5 Manfaat Promosi yang Memberi Dampak Positif

Manfaat Promosi Dalam Bisnis

Dalam berbisnis, pasti ada beberapa aktivitas yang sudah terhitung harus dilakukan. Apapun jenis bisnis yang dilakukan atau apapun produk yang dijual, harus melakukan salah satu aktivitas ini. Apa itu? Tentu saja yang dimaksud di sini adalah promosi. Dengan melakukan hal ini, maka ada beberapa manfaat  promosi yang bisa memberi dampak positif kepada bisnis Anda.

Tidak ada satupun perusahaan yang tidak membutuhkan promosi. Bahkan para penjual produk yang memiliki toko di pinggir jalan dan tanpa ada bantuan teknologi maju lainnya, juga tetap melakukan promosi. Inilah yang membuat promosi menjadi hal penting yang harus dilakukan hingga detik ini.

Pengertian Promosi

Promosi adalah mengiklankan suatu produk atau merek, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Suatu produk atau merek dipromosikan dalam tingkat yang harus dicapai dalam rangka meningkatkan penjualan dengan mengembangkan cakupan. Ini adalah salah satu dari empat komponen dasar bauran pemasaran, yang juga terdiri dari empat P: price, product, promotion, and place atau harga, produk, promosi, dan lokasi.

Promo mencakup strategi komunikasi yang digunakan pemasar untuk menyebarkan informasi tentang barang mereka. Informasi verbal dan visual dimungkinkan. Dalam upaya untuk membujuk konsumen potensial untuk membeli atau mengkonsumsi sesuatu atau jasa, pemasaran didefinisikan sebagai mengisyaratkan atau membuatnya tersedia. Produsen atau distributor mengantisipasi angka penjualan yang lebih tinggi sebagai hasil dari pemasaran yang tengah berjalan ini.

Tujuan Promosi

Seseorang atau suatu perusahaan dapat menggunakan promosi untuk berbagai tujuan di dunia bisnis, termasuk yang berikut:

  • Untuk memberitahu masyarakat atau calon pelanggan tentang suatu produk (barang/jasa) sebagai strategi promosi
  • Untuk menarik dan mempertahankan pelanggan sambil mempertahankan loyalitas mereka terhadap produk atau jasa yang ditawarkan
  • Untuk membantu meningkatkan pendapatan sambil meningkatkan statistik penjualan produk
  • Untuk memperkuat keunggulan kompetitif dan membedakan produk dari pesaing
  • Untuk branding atau mengembangkan persepsi produk di antara konsumen dengan cara yang diinginkan oleh perusahaan
  • Untuk memengaruhi perilaku dan persepsi konsumen terhadap suatu produk hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk

Jenis-Jenis Promosi

Ada banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, maka dari itu jika berbeda produk atau jasa maka akan berbeda pula cara dan media promosinya. Berikut ini adalah jenis-jenis kegiatan promosi yang biasa kita lihat dengan tujuan loyalitas pelanggan:

1. Promosi Secara Fisik

Promosi bisa diadakan di dunia nyata, yang biasanya dilakukan pada acara-acara tertentu atau acara-acara penting yang diselenggarakan di tempat lain, seperti pameran, bazaar, festival, konser, dan sejenisnya. Biasanya, vendor mendirikan semacam “stasiun” atau “stand” di mana mereka dapat mengiklankan dan menjual dagangan mereka yaitu baik berupa barang atau jasa.

Jenis iklan fisik dan langsung ini memiliki keunggulan menjangkau calon pelanggan secara langsung, memungkinkan mereka untuk melihat produk atau layanan yang ditawarkan dan segera menanyakannya. Penjual menggunakan ini untuk membujuk dan meyakinkan pelanggan ini untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan pada saat itu. Ya, pembelian langsung dimungkinkan melalui keterlibatan di lapangan.

Kekurangan cara promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah calon konsumen karena hanya diadakan di lingkungan atau wilayah tertentu yang terbatas seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.

2. Promosi Melalui Media Tradisional

Istilah “media tradisional” mengacu pada outlet yang mempublikasikan konten dalam bentuk cetak dan elektronik, termasuk surat kabar, majalah, tabloid, radio, dan televisi, serta media luar ruang seperti papan reklame dan iklan spanduk.

Karena media tradisional memiliki audiens yang jauh lebih luas daripada iklan fisik, pemasaran semacam ini memiliki keuntungan untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Kekurangan menggunakan media konvensional untuk promosi adalah biaya yang besar karena menggunakan platform yang mahal seperti televisi, penyedia billboard, dan sebagainya.

3. Promosi Melalui Media Digital

Internet dan media sosial yang sering disebut jejaring sosial merupakan contoh jenis promosi media digital. Ini adalah metode periklanan mutakhir karena memungkinkan konsumen untuk melihat barang atau layanan mutakhir di smartphone atau komputer mereka. Karena media digital saat ini merupakan cara yang paling efisien untuk menghubungi pelanggan setiap hari, banyak pemilik bisnis telah menggunakannya sebagai bagian dari rencana promosi mereka. Lebih dari 2,7 miliar orang, atau lebih dari 40% populasi dunia, menggunakan internet secara global. Media sosial digunakan oleh 67% dari semua pengguna internet di seluruh dunia.

Manfaat menggunakan media digital untuk promosi adalah dapat menjangkau banyak orang secara efisien dengan harga murah. Kelemahan menggunakan media digital untuk promosi adalah terdapat beberapa rival atau kompetitor yang ikut didalamnya. Pemasar harus menggunakan lebih banyak kreativitas, untuk berpromosi dalam media digital modern dengan cara yang lebih menarik bagi pembeli potensial daripada pesaing,

Dari beberapa jenis promosi diatas, promosi melalui media digital adalah yang paling banyak dilakukan saat ini, karena faktor efisiensi biaya dan penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.

Manfaat Promosi

Mungkin Anda tahu manfaat promosi adalah memperkenalkan produk atau bisnis yang Anda jalankan. Namun tidak hanya itu saja manfaat dari promosi. Masih ada beberapa manfaat promosi lainnya yang bisa membawa dampak positif untuk bisnis Anda. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengenalkan Produk

Tentu saja manfaat utama dari promosi adalah mengenalkan produk. Pasti dalam perjalanan bisnis Anda, ada beberapa produk yang ingin diperkenalkan kepada para konsumen. Dari produk lama hingga baru. Untuk bisa mendapatkan tujuan tersebut, maka Anda harus memanfaatkan promosi. Dengan promosi yang baik dan sesuai bisnis Anda, maka pelanggan bisa mengetahui produk apa yang Anda jual

Baca Juga: Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan

2. Membangun Branding

Selain untuk mengenalkan produk, promosi bisa juga membangun branding. Setiap perusahaan pasti ingin memiliki branding tersendiri. Ada yang mau dilihat sebagai perusahaan yang gaul. Ada juga yang mau dilihat sebagai perusahaan yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Tidak ada yang salah dari tujuan membangun branding.

Dalam praktiknya, branding yang dibangun tentu bisa dicapai dengan melakukan promosi. Promosi yang dijalankan dan diciptakan sendiri akan memperlihatkan bagaimana branding yang Anda inginkan. Tentu saja untuk poin ini, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika sembarangan, maka proses membangun branding bisnis Anda bisa gagal.

3. Bisa Menciptakan Loyalitas Konsumen

Pasti Anda ingin terus mempertahankan pelanggan tetap. Loyalitas yang ingin didapatkan itu sebenarnya bisa didapatkan dengan melakukan promosi. Program voucher untuk konsumen yang loyal atau juga bisa memberikan diskon kepada mereka pasti akan membuat konsumen menjadi setia dengan produk Anda.

4. Menarik Konsumen Baru

Promosi juga bermanfaat untuk menarik konsumen baru. Tidak hanya mempertahankan konsumen lama atau pelanggan saja, tetapi Anda juga perlu mendapatkan pelanggan baru, bukan? Maka dari itu, dengan program promosi yang dijalankan, maka Anda bisa mendapatkan konsumen baru. Ini akan memberikan Anda peluang dalam mendapatkan pelanggan tetap juga.

5. Menjadi Sarana Edukasi

Sebenarnya promosi juga bisa menjadi sarana edukasi. Apa maksud dari poin ini? Ketika bisnis Anda melakukan promosi, maka  konsumen akan tahu bagaimana keunggulan produk Anda, apa yang membedakan produk yang ditawarkan dengan kompetitor, serta manfaat yang bisa dirasakan. Itulah yang perlu diberitahukan kepada konsumen lewat promosi yang baik.

Itulah lima manfaat promosi yang bisa memberikan dampak positif kepada bisnis Anda. Jadi, jangan sampai lupa untuk melakukan promosi karena terdapat banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh Anda juga.

Baca Juga: Apa saja Sasaran Promosi yang Cocok Untuk Bisnis Anda?

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top