Mengenal Acquisition dan Cara Meningkatkannya

acquisition adalah

Bagaimana cara memperbanyak pelanggan dengan lebih cepat dan terukur? Anda bisa melakukan proses acquisition atau dikenal juga dengan sebutan customer acquisition. Memiliki pelanggan yang terus bertumbuh tentu harapan semua pemilik bisnis. Customer acquisition adalah cara yang dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan jumlah pelanggan tersebut.

Untuk bisa mengenal lebih dalam apa itu customer acquisition beserta manfaatnya, Anda bisa simak uraian di bawah ini. 

Apa Itu Acquisition?

Customer acquisition dalam bisnis merupakan proses mendapatkan dan mempertahankan pelanggan baru untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai strategi, seperti iklan, pemasaran digital, promosi, dan interaksi langsung dengan pelanggan. 

Tujuan dari customer acquisition yaitu untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan menciptakan pengalaman yang positif, sehingga pelanggan merasa senang dan cenderung membeli produk atau jasa Anda berulang kali. 

Untuk mencapai tujuan customer acquisition, Anda harus memahami perilaku pelanggan dan kebutuhan mereka. Pelanggan juga harus memiliki strategi pemasaran yang efektif dan berkualitas untuk menarik pelanggan baru. Customer acquisition dapat membantu bisnis Anda untuk tumbuh dan menjadi lebih sukses di pasar yang kompetitif.

3 Manfaat Acquisition

Pria Memegang Uang

Customer acquisition termasuk bagian penting dari strategi pemasaran bisnis modern. Proses ini dapat membangun pangsa pasar dan memperoleh pelanggan baru, serta mencapai kesuksesan jangka panjang. Berikut beberapa manfaat utama dari customer acquisition yang penting Anda ketahui. 

1. Meningkatkan Pendapatan

Customer acquisition dapat membantu meningkatkan pendapatan dengan menambah pelanggan baru dan memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada. Bila Anda mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru, bisnis Anda mampu menciptakan basis pelanggan yang lebih besar dan meningkatkan penjualan.

2. Memperkuat Brand Awareness 

Saat Anda menciptakan strategi pemasaran yang efektif, maka Anda bisa memperkuat brand awareness dan membuat pelanggan mengenali merek Anda secara lebih dalam. Hal ini menjadi penting karena ketika pelanggan mengenali merek, mereka cenderung lebih percaya dan akan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Manfaat Loyalty Program

3. Meningkatkan Profitabilitas

Customer acquisition juga dapat membantu meningkatkan profitabilitas bisnis. Anda dapat meningkatkan volume penjualan dan memperbaiki margin keuntungan. Artinya bisnis Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang dari setiap transaksi dan meningkatkan keuntungan keseluruhan.

4 Cara Meningkatkan Acquisition

Meningkatkan acquisition adalah tantangan yang besar, namun dapat dicapai dengan strategi yang tepat. Apalagi Anda ingin meningkatkan pendapatan bisnis setiap tahunnya. Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam meningkatkan acquisition tersebut. 

1. Pahami Target Pasar

Anda harus memahami dengan baik siapa target pasar yang Anda sasar. Lebih baik lagi bila Anda memahami apa saja yang diperlukan calon pelanggan. Hal ini menjadi penting untuk membantu Anda menciptakan strategi pemasaran yang tepat dan menarik minat calon pelanggan. 

2. Gunakan Media Sosial

Media sosial dapat menjadi alat yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru. Di era serba digital ini, Anda harus aktif di platform media sosial dan membangun strategi pemasaran yang sesuai dengan platform tersebut. Apalagi kalau target pasar Anda merupakan anak muda generasi Y dan Z. 

Baca Juga: Customer Satisfaction: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

3. Optimalisasi SEO

SEO termasuk salah satu cara efektif dalam meningkatkan jumlah kunjungan ke website bisnis Anda. Alhasill, website Anda pun dapat menarik lebih banyak pengunjung dan pelanggan baru. Buat konten SEO-friendly agar website Anda berada pada halaman pertama mesin pencari seperti Google. Calon pelanggan Anda pun akan lebih mudah menemukan produk Anda.

4. Berikan Layanan Pelanggan Terbaik

Layanan pelanggan yang baik dapat membantu bisnis Anda mempertahankan pelanggan dan meningkatkan retensi. Ini menjadi hal penting karena pelanggan yang puas cenderung merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Proses ini tentu dapat membantu meningkatkan acquisition bisnis Anda. 

banner

4 Contoh Acquisition

Cara meningkatkan Acquistition

Apakah Anda sudah paham bagaimana cara meningkatkan acquisition dalam bisnis? Berikut ini terdapat beberapa contoh acquisition yang dapat Anda jadikan referensi beserta penjelasannya. Yuk simak selengkapnya di sini. 

1. Iklan

Iklan menjadi salah satu metode paling umum yang digunakan oleh perusahaan untuk customer acquisition. Anda dapat menggunakan media cetak, TV, radio, atau online untuk menjangkau pelanggan potensial dan memperkenalkan produk atau layanan. Misalnya, perusahaan makanan cepat saji dapat memasang iklan di stasiun televisi populer untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

2. Pemasaran Konten

Anda bisa membuat konten yang relevan dan bermanfaat bagi pelanggan potensial, seperti membuat artikel, video, atau infografis untuk menarik minat pelanggan dan berkunjung ke website atau toko online Anda. Contohnya, perusahaan fashion dapat membuat konten tentang tren fashion terbaru dan cara memadukan pakaian.

Baca Juga: 5 Cara Menghitung Customer Acquisition Cost Dan Tips Meningkatkannya

3. SEO

Search Engine Optimization (SEO) termasuk cara efektif dalam meningkatkan visibilitas website bisnis Anda pada mesin pencari seperti Google. Website Anda pun dapat menerima banyak kunjungan dari calon pelanggan. Hal ini tentu akan meningkatkan peluang untuk customer acquisition

Sebagai contoh, perusahaan travel dapat meningkatkan SEO website mereka dengan menciptakan konten tentang tempat wisata populer dan menambahkan kata kunci yang relevan.

4. Email Marketing

Anda dapat mempromosikan produk atau layanan melalui email dan menarik minat pelanggan yang telah ada untuk membeli kembali. Contohnya, sebuah perusahaan e-commerce mengirim email pemasaran yang berisi penawaran diskon atau promo untuk menarik minat pelanggan potensial, baik yang sudah ada maupun baru.

Dalam memilih strategi customer acquisition yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan anggaran, target pasar, dan tujuan jangka panjang. Setiap strategi memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu melakukan uji coba dan evaluasi untuk menentukan strategi yang paling efektif untuk mencapai tujuan bisnis. 

Saat Anda memanfaatkan strategi customer acquisition yang tepat, Anda dapat meningkatkan jumlah pengguna produk atau layanan Anda, serta meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang. Bila Anda masih bingung bagaimana cara melakukannya, Anda bisa melakukan konsultasi dengan digital marketing agency ToffeeDev.

Customer acquisition adalah proses penting dalam bisnis. ToffeeDev dapat membantu Anda menyusun strategi dalam meningkatkan penjualan. ToffeeDev menyediakan berbagai layanan digital marketing untuk membantu bisnis Anda, seperti SEO dan Google Ads. Hubungi ToffeeDev sekarang juga dan mulai susun strategi bisnis Anda. 

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top