Competitive Analysis: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Tips Terbaiknya

Sebagai pemilik bisnis, memahami posisi Anda di pasar sangatlah penting. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah melalui competitive analysis atau analisis kompetitif. Namun, banyak pemilik bisnis yang kesulitan melakukan analisis ini dengan benar. 

Artikel ini akan membantu Anda memahami apa itu competitive analysis, manfaatnya, cara melakukannya, serta tips terbaik agar dapat melakukannya dengan sukses.

Apa Itu Competitive Analysis?

Competitive analysis adalah proses mengidentifikasi dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan pesaing di pasar. Tujuannya adalah untuk memahami posisi bisnis Anda relatif terhadap pesaing dan menemukan peluang untuk meningkatkan keunggulan kompetitif. Analisis ini mencakup pengumpulan data tentang strategi pemasaran, produk, harga, dan aktivitas lainnya dari pesaing Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat membuat strategi yang lebih baik untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang pasar.

5 Manfaat Competitive Analysis untuk Bisnis

Competitive analysis atau analisis kompetitif memiliki banyak manfaat bagi bisnis yang ingin meningkatkan daya saingnya di pasar. Berikut adalah lima manfaat utama yang bisa diperoleh dari melakukan competitive analysis secara mendalam dan terstruktur:

1. Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Salah satu manfaat utama dari competitive analysis adalah kemampuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Dengan mengetahui apa yang pesaing lakukan dengan baik, Anda dapat belajar dari strategi mereka dan mengimplementasikan praktik terbaik dalam bisnis sendiri. 

Sebaliknya, dengan memahami kelemahan pesaing, Anda dapat menemukan peluang untuk menonjolkan keunggulan bisnis di area tersebut. Misalnya, jika pesaing memiliki layanan pelanggan yang buruk, Anda bisa fokus pada peningkatan layanan pelanggan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Banner Ads - General 2

2. Penemuan Peluang Pasar Baru

Analisis kompetitif dapat membantu Anda menemukan peluang pasar yang belum dimanfaatkan. Dengan mengamati celah dalam penawaran produk atau layanan pesaing, Anda dapat mengidentifikasi segmen pasar yang belum terlayani atau produk yang belum dieksplorasi. Ini bisa menjadi peluang emas untuk mengembangkan produk baru atau memasuki pasar baru yang bisa meningkatkan pangsa pasar Anda. 

Sebagai contoh, jika menemukan bahwa pesaing tidak menawarkan produk ramah lingkungan, Anda bisa memanfaatkannya dengan meluncurkan lini produk hijau yang menarik pelanggan yang peduli terhadap lingkungan.

3. Peningkatan Strategi Pemasaran

Competitive analysis memberikan wawasan berharga tentang strategi pemasaran pesaing Anda, termasuk bagaimana mereka menarik dan mempertahankan pelanggan. Dengan mempelajari kampanye iklan, konten pemasaran, dan saluran distribusi mereka, Anda dapat mengidentifikasi taktik yang efektif dan mengadaptasi strategi pemasaran sendiri untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitasnya. 

Misalnya, jika pesaing berhasil menggunakan media sosial untuk membangun brand awareness, Anda bisa mengadopsi strategi serupa dengan menyesuaikannya agar lebih sesuai dengan audiens target.

4. Optimasi Harga dan Layanan

Dengan memahami bagaimana pesaing menetapkan harga dan layanan mereka, Anda dapat menyesuaikan penawaran untuk menjadi lebih kompetitif. Competitive analysis memungkinkan Anda untuk menetapkan harga yang menarik dan bersaing, sambil tetap memastikan profitabilitas bisnis. Selain itu, Anda bisa meningkatkan kualitas layanan berdasarkan temuan dari analisis ini, sehingga pelanggan merasa lebih puas dan loyal terhadap bisnis.

Misalnya, jika analisis menunjukkan bahwa pesaing menawarkan pengiriman gratis dan ini menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian pelanggan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menawarkan layanan serupa atau menemukan cara untuk membuat penawaran lebih menarik.

5. Inovasi Produk dan Layanan

Competitive analysis dapat menginspirasi inovasi dalam produk dan layanan Anda. Dengan memahami apa yang pesaing tawarkan dan bagaimana mereka berinovasi, Anda dapat menemukan cara untuk meningkatkan atau mengembangkan produk dan layanan baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Inovasi ini tidak hanya membantu Anda tetap relevan di pasar, tetapi juga dapat membedakan bisnis dari pesaing.

Sebagai contoh, jika pesaing meluncurkan fitur baru yang sangat populer, Anda bisa memikirkan bagaimana mengembangkan fitur yang lebih baik atau bahkan menawarkan sesuatu yang belum pernah ada di pasar untuk menarik perhatian dan minat pelanggan.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Strategi Produk yang Efektif serta Cara Implementasinya

Cara Membuat Competitive Analysis dengan Benar

Melakukan competitive analysis atau analisis kompetitif dengan benar adalah langkah penting untuk memahami posisi bisnis Anda di pasar dan mengembangkan strategi yang lebih efektif. Berikut adalah panduan lengkap dan detail untuk membuat competitive analysis yang akurat dan bermanfaat:

1. Mengidentifikasi Pesaing Utama

Langkah pertama dalam competitive analysis adalah mengidentifikasi pesaing utama Anda. Pesaing dapat dikategorikan menjadi dua jenis:

  • Pesaing Langsung: Perusahaan yang menawarkan produk atau layanan yang sama atau sangat mirip dengan yang ditawarkan. Contohnya, jika Anda menjual sepatu olahraga, pesaing langsung adalah perusahaan lain yang juga menjual sepatu olahraga.
  • Pesaing Tidak Langsung: Perusahaan yang menawarkan produk atau layanan yang berbeda tetapi dapat memenuhi kebutuhan yang sama bagi pelanggan. Misalnya, gym dapat menjadi pesaing tidak langsung bagi aplikasi kebugaran yang menawarkan program latihan di rumah.

Untuk mengidentifikasi pesaing, Anda bisa menggunakan berbagai sumber informasi seperti mesin pencari, media sosial, direktori bisnis, dan umpan balik pelanggan.

2. Mengumpulkan Informasi tentang Pesaing

Setelah mengidentifikasi pesaing, langkah berikutnya adalah mengumpulkan informasi yang relevan tentang mereka. Informasi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber:

  • Website Pesaing: Analisis situs web pesaing dapat memberikan wawasan tentang penawaran produk, strategi harga, promosi, dan konten pemasaran mereka.
  • Media Sosial: Melacak aktivitas pesaing di media sosial dapat membantu Anda memahami cara mereka berinteraksi dengan pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan mereka.
  • Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan: Jika pesaing Anda adalah perusahaan publik, laporan tahunan mereka dapat memberikan informasi rinci tentang kinerja keuangan, strategi bisnis, dan rencana masa depan mereka.
  • Ulasan Pelanggan dan Testimoni: Membaca ulasan dan testimoni pelanggan tentang pesaing dapat memberikan wawasan tentang kelebihan dan kekurangan produk atau layanan mereka.
  • Alat Analisis Pihak Ketiga: Gunakan alat seperti SEMrush, Ahrefs, atau SimilarWeb untuk mendapatkan data tentang lalu lintas situs web, kata kunci, backlink, dan performa digital pesaing.

Banner - Ebook Ads

3. Menganalisis Data yang Dikumpulkan

Setelah mengumpulkan data, langkah selanjutnya adalah menganalisis informasi tersebut untuk mendapatkan wawasan yang berguna. Berikut beberapa metode analisis yang dapat digunakan:

  • Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats): Metode ini membantu mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh pesaing Anda. Ini memungkinkan Anda memahami posisi pesaing di pasar dan bagaimana bisnis dapat bersaing.
  • Analisis Strategi Pemasaran: Evaluasi strategi pemasaran pesaing untuk memahami bagaimana mereka menarik dan mempertahankan pelanggan. Ini mencakup analisis kampanye iklan, konten pemasaran, dan saluran distribusi mereka.
  • Analisis Produk dan Layanan: Tinjau kualitas, fitur, dan harga produk atau layanan pesaing untuk mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan mereka dibandingkan dengan penawaran Anda.

4. Membandingkan dengan Bisnis Anda

Setelah menganalisis data pesaing, langkah berikutnya adalah membandingkan temuan ini dengan kinerja dan strategi bisnis Anda sendiri. Berikut beberapa pertanyaan yang perlu dijawab:

  • Apa keunggulan kompetitif bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing?
  • Di mana bisnis Anda memiliki kelemahan yang perlu diperbaiki?
  • Bagaimana strategi pemasaran Anda dibandingkan dengan pesaing?
  • Apakah produk atau layanan Anda menawarkan nilai yang lebih baik atau unik dibandingkan dengan pesaing?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang posisi bisnis di pasar dan area mana yang perlu ditingkatkan.

5. Mengembangkan Strategi Berdasarkan Analisis

Langkah terakhir dalam competitive analysis adalah menggunakan wawasan yang diperoleh untuk mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  • Menyesuaikan Strategi Pemasaran: Gunakan informasi dari analisis untuk mengembangkan kampanye pemasaran yang lebih efektif dan menargetkan audiens yang tepat.
  • Meningkatkan Produk dan Layanan: Temukan cara untuk meningkatkan kualitas dan fitur produk atau layanan Anda berdasarkan kelebihan dan kekurangan pesaing.
  • Menyesuaikan Harga: Tetapkan harga yang kompetitif berdasarkan analisis harga pesaing, sambil memastikan bahwa bisnis Anda tetap menguntungkan.
  • Mengembangkan Inovasi: Gunakan wawasan dari analisis untuk berinovasi dan menawarkan sesuatu yang baru atau berbeda yang dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Tips Terbaik agar Competitive Analysis Sukses

Competitive analysis atau analisis kompetitif adalah proses penting yang dapat memberikan wawasan berharga tentang pasar dan pesaing Anda. Untuk memastikan analisis kompetitif yang dilakukan berhasil dan memberikan hasil yang maksimal, berikut adalah enam tips terbaik yang harus diikuti secara lengkap dan detail:

1. Gunakan Alat Bantu yang Tepat

Penggunaan alat bantu yang tepat sangat penting dalam melakukan competitive analysis. Alat-alat ini dapat membantu Anda mengumpulkan data secara efisien dan menganalisisnya dengan lebih akurat.

  • SEMrush: Alat ini sangat baik untuk menganalisis kata kunci, melihat lalu lintas situs web pesaing, dan mempelajari strategi SEO mereka.
  • Ahrefs: Berguna untuk melihat profil backlink pesaing dan mengetahui strategi konten mereka.
  • SimilarWeb: Alat ini membantu Anda memahami sumber lalu lintas situs web pesaing dan perilaku audiens mereka.
  • BuzzSumo: Membantu menganalisis konten paling populer yang dibuat oleh pesaing dan melihat strategi media sosial mereka.

Menggunakan alat-alat ini akan memberikan data yang lebih lengkap dan akurat, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih informatif.

2. Pantau Pesaing Secara Berkala

Analisis kompetitif bukanlah tugas satu kali. Pasar dan strategi pesaing selalu berubah, sehingga penting untuk memantau pesaing Anda secara berkala.

  • Jadwal Rutin: Buat jadwal untuk melakukan analisis pesaing setiap kuartal atau setidaknya dua kali setahun.
  • Pengawasan Media Sosial: Tetap up-to-date dengan aktivitas media sosial pesaing dengan alat pengawasan seperti Hootsuite atau Sprout Social.
  • Berlangganan Newsletter: Kami juga menyarankan Anda untuk berlangganan newsletter pesaing untuk tetap mengetahui promosi, produk baru, dan berita terbaru dari mereka.

Pemantauan rutin akan membantu Anda tetap waspada terhadap perubahan dan tren pasar, serta memungkinkan untuk segera menyesuaikan strategi bisnis.

Baca Juga: Competitive Advantage Adalah: Pengertian dan Cara Mencapainya dalam Bisnis

3. Libatkan Tim Anda

Mengajak tim Anda untuk berpartisipasi dalam proses analisis kompetitif dapat memberikan perspektif yang lebih luas dan ide-ide yang lebih kreatif.

  • Sesi Brainstorming: Adakan sesi brainstorming dengan tim untuk mendiskusikan temuan dan mendapatkan masukan dari berbagai departemen.
  • Pembagian Tugas: Bagikan tugas analisis kepada anggota tim berdasarkan keahlian mereka. Misalnya, tim pemasaran bisa fokus pada analisis strategi pemasaran pesaing, sementara tim produk bisa menganalisis fitur dan kualitas produk pesaing.
  • Pelatihan: Berikan pelatihan kepada tim tentang cara menggunakan alat analisis dan menginterpretasikan data.

Dengan melibatkan tim, Anda dapat menggabungkan berbagai keahlian dan perspektif untuk mendapatkan analisis yang lebih komprehensif dan akurat.

4. Fokus pada Pelanggan

Pelanggan adalah sumber informasi yang sangat berharga dalam competitive analysis. Mendengarkan apa yang mereka katakan tentang pesaing dapat memberikan wawasan yang mendalam.

  • Survei Pelanggan: Buat survei untuk mengetahui pendapat pelanggan tentang produk atau layanan pesaing.
  • Ulasan Online: Baca ulasan pelanggan tentang pesaing di situs-situs seperti Google Reviews, Yelp, atau media sosial.
  • Keluhan Pelanggan: Perhatikan keluhan pelanggan tentang pesaing untuk mengetahui area di mana Anda dapat menawarkan solusi yang lebih baik.

Dengan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, Anda dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk menarik dan mempertahankan mereka.

5. Tetap Fleksibel

Pasar selalu berubah, dan strategi yang berhasil hari ini mungkin tidak relevan besok. Oleh karena itu, penting untuk tetap fleksibel dan siap untuk menyesuaikan strategi Anda berdasarkan temuan terbaru.

  • Revisi Strategi: Jangan ragu untuk merevisi strategi bisnis Anda jika analisis kompetitif menunjukkan adanya perubahan besar di pasar.
  • Eksperimen: Cobalah berbagai pendekatan dan strategi untuk melihat mana yang paling efektif.
  • Pembelajaran Berkelanjutan: Selalu belajar dari kesalahan dan kesuksesan, baik dari bisnis Anda maupun pesaing.

Fleksibilitas akan membantu Anda beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan menjaga bisnis Anda tetap kompetitif.

6. Manfaatkan Insight untuk Inovasi

Competitive analysis tidak hanya tentang mengidentifikasi apa yang pesaing lakukan, tetapi juga tentang bagaimana Anda dapat melakukan sesuatu yang lebih baik atau berbeda.

  • Pengembangan Produk: Gunakan wawasan dari analisis untuk mengembangkan fitur produk baru atau meningkatkan yang sudah ada.
  • Strategi Pemasaran: Temukan cara inovatif untuk memasarkan produk atau layanan Anda yang belum dicoba oleh pesaing.
  • Layanan Pelanggan: Tingkatkan layanan pelanggan Anda berdasarkan kelemahan yang ditemukan dalam layanan pesaing.

Banner - Lead Gen Ads

Inovasi adalah kunci untuk membedakan bisnis Anda dari pesaing dan menawarkan nilai unik kepada pelanggan.

Competitive analysis adalah proses yang sangat penting bagi setiap bisnis yang ingin tetap kompetitif di pasar. Dengan melakukan analisis kompetitif yang tepat, Anda dapat memahami kekuatan dan kelemahan pesaing, menemukan peluang pasar baru, meningkatkan strategi pemasaran, mengoptimalkan harga dan layanan, serta menginspirasi inovasi dalam produk dan layanan Anda.

Memahami dan menerapkan competitive analysis dengan benar adalah langkah krusial untuk memastikan bisnis Anda tetap kompetitif dan berkembang. Namun, melakukannya sendiri bisa menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Di sinilah peran penting dari jasa Digital Marketing profesional seperti ToffeeDev.

ToffeeDev menawarkan berbagai layanan digital marketing yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis Anda. Beberapa keunggulan dari jasa digital marketing ToffeeDev meliputi:

  • Analisis Kompetitif Mendalam: ToffeeDev menggunakan alat-alat analisis terbaru dan teknik terbaik untuk mengumpulkan dan menganalisis data pesaing secara komprehensif.
  • Strategi Pemasaran yang Disesuaikan: Berdasarkan hasil analisis, ToffeeDev mengembangkan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.
  • Inovasi dan Optimasi: Tim ahli ToffeeDev selalu siap membantu Anda berinovasi dan mengoptimalkan produk dan layanan agar tetap relevan dan menarik bagi pelanggan.
  • Pendekatan Holistik: ToffeeDev tidak hanya fokus pada satu aspek, tetapi menawarkan pendekatan holistik yang mencakup SEO, media sosial, konten, dan banyak lagi untuk memastikan hasil yang maksimal.

Jangan biarkan bisnis Anda tertinggal di belakang pesaing. Jadwalkan konsultasi gratis sekarang juga dan temukan bagaimana ToffeeDev dapat membantu Anda meraih kesuksesan di pasar yang kompetitif!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top