Apa Manfaat Market Intelligence dalam Pemasaran Sebuah Perusahaan?

apa manfaat market intelligence bagi sebuah perusahaan

Market intelligence merupakan kunci penting bagi keberhasilan perusahaan karena menjadi dasar dari kegiatan pemasaran. Langkah ini melibatkan pengumpulan data, analisis, dan penggunaan informasi untuk melancarkan strategi pemasaran yang direncanakan. Sebenarnya, apa manfaat market intelligence bagi sebuah perusahaan sehingga perlu dilakukan secara sistematis?

Yuk, berkenalan lebih dalam tentang market intelligence dalam artikel berikut ini.

Apa itu Market Intelligence?

Market intelligence adalah informasi atau data milik perusahaan dari area operasional pemasarannya. Market intelligence merupakan sarana dalam menentukan segmentasi pasar, penetrasi pasar, peluang pasar, dan metrik pasar yang ada. Market intelligence merupakan aspek penting untuk memahami keadaan pasar serta membantu mengumpulkan informasi kompetitor untuk membantu mencapai keuntungan.

Intinya, market intelligence memanfaatkan berbagai sumber informasi untuk menciptakan gambaran luas mengenai target pasar bisnis Anda. Informasi tersebut bisa diperoleh melalui catatan penjualan, data pelanggan, survei, dan meninjau metrik media sosial.

banner

Apa Manfaat Market Intelligence bagi Sebuah Perusahaan?

Seperti apa manfaat market intelligence bagi perusahaan? Mari kita lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Menjaga Perusahaan Tetap Kompetitif

Market intelligence dapat membantu Anda dalam memantau kompetitor. Anda bisa memperoleh 

informasi mengenai strategi pemasaran, produk baru, dan langkah inovatif yang dilakukan oleh kompetitor. Anda juga bisa merespons perubahan pasar dengan cepat sehingga perusahaan tetap kompetitif.

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Market intelligence berguna dalam memahami preferensi pelanggan, tren pasar, dan permintaan produk atau layanan tertentu. Informasi ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan rantai pasokan, mengatur stok produk, dan mengalokasikan sumber daya dengan bijaksana, baik bahan yang digunakan maupun tenaga kerja. Biaya operasional bisa dikurangi sehingga bisa meningkatkan efisiensi perusahaan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Referral Marketing Adalah Cara Pemasaran Klasik yang Harus Anda Ketahui

3. Mengidentifikasi Peluang Pasar Baru

Anda juga bisa mengidentifikasi peluang pasar baru yang mungkin belum terlihat sebelumnya melalui market intelligence. Anda akan mendapatkan informasi mengenai permintaan yang sedang tumbuh, segmen pasar yang berkembang, atau tren konsumen yang baru sehingga bisa mengembangkan strategi untuk memasuki pasar baru atau mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan target pasar tersebut.

4. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Market intelligence membantu Anda memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih baik. Analisis data yang mendalam membantu Anda dalam mengidentifikasi preferensi pelanggan, perilaku pembelian, dan keinginan mereka. Informasi ini bermanfaat supaya Anda bisa menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Alhasil, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka.

Baca Juga: Content Marketing: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Keuntungannya

5. Mempercepat Pengambilan Keputusan

Akses terhadap informasi pasar terkini berguna agar Anda bisa membuat keputusan yang lebih cepat. Market intelligence memberikan wawasan yang diperlukan untuk mengevaluasi risiko, memprediksi tren pasar, dan mengidentifikasi peluang yang dapat dimanfaatkan. Pemahaman yang mendalam tentang pasar berguna untuk mengambil keputusan yang lebih baik serta mengurangi ketidakpastian dalam menghadapi perubahan pasar.

6. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Tentu saja Anda mengharapkan peningkatan keuntungan atau profit untuk perusahaan. Lima manfaat yang telah disebutkan di atas tentunya mendorong pertumbuhan dan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan Anda.

Kesimpulan

Jadi, apa manfaat market intelligence bagi sebuah perusahaan? Manfaatnya signifikan, mulai dari menjaga perusahaan tetap kompetitif, meningkatkan efisiensi operasional, mengidentifikasi peluang target pasar baru, memahami kebutuhan pelanggan, mempercepat pengambilan keputusan mengenai pemasaran, dan tentunya meningkatkan keuntungan perusahaan.

Pertanyaannya, bagaimana cara memperoleh market intelligence yang bermanfaat untuk perusahaan Anda? Bekerja samalah dengan ToffeeDev melalui Jasa Market Intelligence. Sudah banyak perusahaan besar yang mempercayakan jasa ini, sekarang giliran kami membantu Anda. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut tentang layanan ini.

Share this post :

Scroll to Top