Referral Marketing Adalah Cara Pemasaran Klasik yang Harus Anda Ketahui

referral marketing adalah

Referral marketing adalah salah satu cara pemasaran klasik yang sederhana namun efektif bagi bisnis. Strategi marketing ini sangat berhubungan erat dengan word of mouth marketing atau pemasaran dari mulut ke mulut. Contohnya adalah pelanggan Anda yang merekomendasikan produk atau brand kepada orang lain. 

Itulah kenapa referral marketing dikenal sebagai teknik yang ampuh untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Lalu, seperti apa model dan cara menggunakannya?

Pengertian Referral Marketing

Referral marketing adalah strategi promosi yang mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru. Jadi, bukan Anda yang mengajak calon pelanggan baru untuk bergabung, tapi pelanggan yang sudah dimiliki. Karenanya, tekniknya bisa dibilang mirip dengan strategi marketing word of mouth. Namun, bentuk ajakannya bisa beragam, baik itu ajakan membeli, membuat akun, hingga membagikan konten. 

Pemasaran melalui program referral termasuk salah satu strategi terbaik. Idealnya, seseorang lebih percaya pada referensi dari kenalan mereka daripada apa yang dikatakan oleh brand. Sebab, sudah pasti sebuah brand akan menyampaikan hal baik tentang produknya, namun orang terdekat bisa memberi tahu review yang lebih jujur, entah itu sisi positif atau negatif dari sebuah brand. 

Baca Juga : Seberapa Berharga Review Produk Dalam Bisnis Online?

Jenis-Jenis Referral Marketing

Strategi referral marketing beragam bentuknya. Berikut ini adalah empat jenis program referral yang bisa Anda jalankan untuk bisnis Anda.

1. Two-Way Incentives Referral

Dalam program two-way incentives referral, kedua belah pihak yang terlibat akan mendapatkan imbalan. Jadi, si pelanggan yang memberikan rekomendasi akan memperoleh bonus, misalnya potongan harga. Di sisi lain, si pelanggan yang baru bergabung pun akan mendapatkan imbalan pula, seperti diskon, gratis biaya bulanan, dan sebagainya. 

Dengan jenis program two-way incentives referral, Anda memberikan konsumen motivasi yang lebih kuat untuk bergabung dengan program referral ini. Tetapi, tentu saja, karena Anda harus memberikan imbalan dua kali untuk setiap pelanggan baru, maka biaya yang Anda keluarkan harus lebih besar.

Jasa SEO

2. One-Way Incentive Referrer

Sesuai dengan namanya, program one-way incentive referrer berarti Anda hanya memberikan imbalan sekali saja. Dalam konteks ini, Anda memberikan insentif kepada konsumen lama Anda yang merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada kenalannya. 

Program one-way incentive referrer ini tentu biayanya lebih kecil ketimbang jenis two-way incentives referral. Selain itu, konsumen pun akan lebih giat untuk mengajak kenalannya mengenal bisnis Anda. Tetapi, motivasi calon konsumen untuk mencoba produk atau jasa Anda lebih kecil karena mereka tidak akan mendapatkan keuntungan tambahan.

3. One-Way Incentive Referred

Berkebalikan dengan sebelumnya, pada jenis program one-way incentive referred, Anda hanya memberikan insentif kepada pelanggan atau konsumen baru. Dalam konteks ini, si pelanggan lama yang memberikan rekomendasi justru tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa.

Kelebihan dari jenis program ini pertama tentunya, biaya yang lebih murah ketimbang jenis program two-way incentives referral. Tetapi, ada kemungkinan pelanggan tetap Anda tidak tertarik untuk menawarkan atau merekomendasikan bisnis Anda karena mereka tidak mendapat keuntungan. 

Baca Juga: Macam-macam Strategi Promosi Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

4. No Incentives

Yang terakhir adalah program no incentives. Dalam konteks ini, program referral Anda terasa hanya seperti word of mouth marketing saja, karena baik pelanggan yang merekomendasikan maupun pelanggan baru tidak akan mendapatkan imbalan.

Tentu saja, program ini terbilang paling minim biaya atau bahkan gratis. Tapi, konsumen dan calon konsumen tidak akan termotivasi untuk mengikuti program ini.

Kelebihan Referral Marketing

Pemasaran referral banyak disukai dan dilakukan oleh brand bukan tanpa alasan. Selain karena bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan melalui ajakan dari pelanggan yang telah dimiliki, berikut kelebihannya yang lain: 

1. Targetnya jelas

Referral marketing adalah teknik pemasaran yang memiliki target jelas. Anda berharap agar pelanggan yang sudah dimiliki sekarang akan merekomendasikan produk atau jasa ke kenalan mereka. Pasalnya, pelanggan dan kenalannya memiliki karakteristik yang mirip. 

2. Tingkat kepercayaan tinggi

Umumnya, orang cenderung lebih percaya pada apa yang dikatakan oleh orang lain daripada promosi dari brand. Orang-orang ini berpikir bahwa rekomendasi dari orang lain lebih tepercaya sebab ia tidak berafiliasi dengan brand tersebut. Makanya, apa yang dikatakan oleh orang lain terhadap suatu produk maupun brand bakal lebih mudah dipercaya. Oleh karena itu, dengan menggunakan program referral, calon konsumen baru akan lebih percaya dengan brand dan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 8 Pilihan Pemasaran Online pada Perusahaan Startup

3. Jangkauannya tinggi

Berkat adanya website, media sosial, dan e-commerce, tingkat jangkauan atau reach dari strategi referral marketing jauh lebih luas. Kalau dulunya seseorang hanya bisa merekomendasikan produk atau jasa ke keluarga atau orang terdekatnya, kini bisa jauh lebih luas dengan memanfaatkan bantuan teknologi. Sebagai contoh, orang menulis di blog atau media sosial untuk merekomendasikan produk atau jasa Anda. 

4. Gratis

Strategi pemasaran referral marketing adalah seratus persen gratis tanpa perlu biaya sedikit pun. Orang yang merasa puas dengan produk atau jasa Anda akan dengan sukarela merekomendasikannya pada orang terdekat. Dengan begitu, Anda tak perlu repot melakukan promosi ke orang yang lebih banyak. Biarkan pelanggan yang puas dengan produk Anda merekomendasikannya untuk orang lain. 

Baca juga: 5 Macam Strategi Efektif untuk Menjual Apapun dengan Mudah

Referral marketing adalah teknik pemasaran klasik yang masih amat ampuh menjaring pelanggan baru sampai dengan saat ini. Tak heran banyak brand menggunakan teknik ini untuk promosi produk maupun jasanya. Apabila Anda tertarik membuat program referral untuk suatu produk atau jasa, bisa hubungi ToffeeDev sebagai digital marketing agency yang akan membantu membuat program referral untuk brand Anda, termasuk mempublikasikannya ke publik.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat