Pengertian Lengkap Customer Value dan Cara Membangunnya

customer value

Saat ini menciptakan dan mengomunikasikan nilai dalam segala hal yang dilakukan menjadi hal wajib bagi brand atau perusahaan. Pelanggan memiliki banyak sekali pilihan. Mereka akan memiliki ekspektasi yang tinggi, loyalitas tidak gampang untuk didapatkan, dan menjadi masalah jika Anda gagal memenuhinya. Untuk mengomunikasikan nilai kepada pelanggan, kita harus memahami apa itu customer value dan bagaimana cara untuk bisa mengukurnya.

Mengenal Apa itu Customer Value

apa itu customer value

Customer value adalah kepuasan yang akan dialami pelanggan atau yang diharapkan untuk dialami ketika mengambil tindakan tertentu dan apa yang harus ditukarkan sebagai biaya untuk tindakan tersebut. Tindakan tersebut bisa berupa pembelian, pendaftaran, voting, atau kunjungan. Untuk biaya yang dimaksud akan mengacu pada apa pun yang harus diberikan pelanggan untuk menerima manfaat yang diinginkan, seperti uang, data, dan waktu.

Pelanggan tidak akan membeli barang karena Anda menyukainya. Mereka akan membelinya karena mereka menyukainya, atau membutuhkannya. Pelanggan membandingkan nilai yang mereka rasakan dari produk serupa saat membuat keputusan karena ada banyak pilihan yang tersedia serta banyak faktor akan berperan dalam membentuk keputusan itu. Customer value adalah tentang persepsi subjektif yang hanya bisa dipengaruhi dan tidak bisa dikendalikan.

Cara Mengukur Customer Value

Ada banyak cara untuk mengukur customer value. Cara paling sederhana adalah dengan cara:

Customer Value = Manfaat / Biaya yang Dipersepsikan

Dengan kata lain, untuk manfaat tertentu, ketika biaya yang dipersepsikan naik maka nilai yang dirasakan turun. Ini adalah poin penting. Nilai tidak mengacu pada harga, namun mengacu pada manfaat yang dirasakan. Biaya hanyalah sebagian dari persamaan.

Dua produk identik dengan eksposur yang serupa hanya dapat bersaing dalam hal biaya. Namun jika ada dua produk yang berbeda, maka mereka tidak harus bersaing dalam hal biaya. Produk tidak hanya dibedakan berdasarkan fiturnya. Mereka juga bisa dibedakan karena mereknya atau berbagai faktor lainnya.

Berbagai Faktor yang Dapat Mempengaruhi Customer Value

faktor yang memengaruhi customer value

Beberapa hal berikut ini akan bisa mempengaruhi customer value secara signifikan. Hal-hal tersebut adalah:

  • Fungsi produk
  • Keunikan
  • Kualitas
  • Layanan
  • Pemasaran
  • Branding
  • Harga
  • Hubungan atau pengalaman
  • Bias pribadi

Hal-hal di atas menjadi pendorong yang akan bisa mempengaruhi persepsi pelanggan tentang nilai. Beberapa di antaranya bisa Anda pengaruhi dengan mudah, beberapa lagi akan sedikit sulit. Untuk setiap individu tentu ada hal yang menjadi prioritas mereka karena ada yang menyukai merek, namun ada lagi yang hanya membeli karena harga murah.

Dapat Anda lihat bahwaterdapat beberapa faktir yang tidak bisa Anda kontrol karena berasal dari target pasar sendiri. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam menentukan target pasar terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk melakukan riset pasar agar Anda dapat lebih memahami preferensi dan customer journey yang dijalani target pasar Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen?

Bagaimana Cara Memberikan Nilai Kepada Pelanggan

Anda harus bisa memahami bahwa semua yang Anda lakukan dalam hal memberikan nilai kepada pelanggan akan dipengaruhi oleh kemampuan mereka untuk membuat pilihan dan Anda bukan satu-satunya pilihan. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Jasa SEO

1. Pahami Pasar dengan Baik

Setiap segmentasi pasar tentu memiliki karakteristik dan preferensinya sendiri. Jadi, pastikan Anda telah memahami target segmen pasar Anda dengan baik sebelum mulai merencanakan strategi bisnis Anda. Dengan perencanaan yang baik, maka konsumen pun berpotensi merespon nilai yang hendak dikomunikasikan dengan baik.

2. Selalu Cari Peluang untuk Proposisi Nilai Baru

Jangan mudah puas saat Anda telah mengkomunikasikan suatu value kepada konsumen. Jika Anda mudah puas, pesaing Anda mungkin akan menemukan cara yang baru untuk menggaet konsumen. Jadi, selalu cari proposisi nilai baru yang unik dan menarik utnuk target pasar. Tentu saja, Anda juga harus menemukan cara yang efisien untuk mengkomunikasikannya dengan benar.

Baca juga: Panduan Cara Menggunakan WordPress Bagi Pemula

3. Komunikasikan Nilai Brand Anda dengan Tepat

Selalu cari peluang, waktu, dan tempat yang tepat untuk mengkomunikasikan value Anda. Salah satu aspek terpenting di sini adalah media atau sarana yang digunakan. Pastikan cara komunikasi yang Anda jalankan memang sudah sesuai untuk menarik perhatian target audiens Anda.

4. Dengarkan Pelanggan Anda

Jangan bosan untuk mempelajarai persepsi pelanggan tentang brand Anda sekaligus produk yang Anda tawarkan,baik dalam bentuk komplain, pujian, ataupun masukan. Jangan ragu untuk berubah berdasarkan apa yang Anda pelajari. Dalam hal ini, pelanggan selalu benar.

Baca juga: 7 Keuntungan Memiliki Toko Online Saat Ini Yang Perlu Kamu Ketahui!

5. Selalu BErikan Pelayanan Terbaik

Terakhir, selalu berikan pelayanan terbaik untuk seluruh konsumen dan calon pelanggan bisnis Anda. Produk dan pemasaran yang baik tidak lengkap tanpa pelayanan yang berkualitas. Jadi, tunjukkan pada konsumen bahwa Anda peduli dengan mereka dan akan selalu memberikan produk dan layanan terbaik. Hal ini dapat ditujukkan dengan cara berkomunikasi dua arah dengan konsumen, memastikan pengiriman produk cepat dan aman, mengadakan fitur live chat untuk menerima komplain, dan sebagainya.

Seperti itulah pengertian mengenai customer value. Semoga informasi ini bermanfaat. Beberapa hal lagi yang bisa membantu Anda adalah website yang berkualitas dan mudah untuk diakses serta mudahnya bisnis Anda ditemukan di Google. Ciptakan website perusahaan atau bisnis Anda bersama jasa pembuatan website profesional ToffeeDev dan terapkan strategi SEO bersama pakar SEO kami. Kunjungi website ToffeeDev sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top