5 Tips Jitu Membuat Desain Iklan Produk yang Menarik

desain iklan produk

Pasti banyak dari Anda yang sudah sering mendengar pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Jika kita telaah lebih lagi, ternyata maksud dari pepatah ini memang benar adanya terjadi di kehidupan kita. Coba saja kita kaitkan melalui penggunaan desain iklan produk dengan pembelian yang dilakukan oleh konsumen.                                                                                                                      

Bagaimana calon konsumen akhirnya bisa jatuh cinta dengan produk milik Anda lalu memutuskan untuk membelinya atau bahkan menjadi pelanggan setia, jika mereka saja tidak tahu mengenai apa sebenarnya produk Anda. Nah, untuk memperkenalkan produk ke calon konsumen maka diperlukannya upaya membuat iklan semenarik mungkin. Bagaimana caranya? 

Pentingnya Desain Iklan Produk yang Menarik

Iklan turut berperan besar dalam meningkatkan penjualan suatu produk. Iklan yang bagus dan menarik akan mampu menggerakkan calon konsumen untuk mengamati secara lebih lanjut produk yang ditawarkan hingga mengantarkannya ke tahap selanjutnya yaitu pembelian.      

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda menciptakan desain untuk iklan produk yang akan dipasang pada berbagai media pemasaran. Seperti misalnya pemilihan media yang tepat, penggunaan kata dan visual yang menarik, hingga isi pesan yang informatif dan lain sebagainya. 

5 Tips Jitu Membuat Desain Iklan Produk yang Menarik

Berikut beberapa tips jitu membuat desain iklan produk Anda agar terlihat menarik dan mampu meningkatkan penjualan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pemilihan Media

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah soal pemilihan media yang tepat. Terdapat beberapa pilihan media untuk digunakan dalam memasang iklan, di antaranya adalah media visual, audio dan juga audio visual. 

Lalu, apabila Anda menginginkan iklan yang dibuat dengan penggunaan kata-kata persuasif secara maksimal dan didukung dengan gambar yang menarik, maka memilih media visual seperti majalah, banner, flyer, brosur, dan sebagainya adalah pilihan yang tepat. 

2. Gunakan Warna Iklan yang Menarik

Menentukan warna iklan yang menarik tentunya tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat, melainkan juga mampu memberikan kesan. Oleh karena itu, penting sekali memastikan penggunaan warna pada iklan sudah sesuai dengan pesan yang hendak disampaikan. 

Hal tersebut sebenarnya juga akan memudahkan konsumen Anda secara cepat mengenali brand yang Anda miliki. Selain itu bisa memudahkan dalam membedakannya dengan brand sejenis dari kompetitor. Perlu diingat juga di saat Anda melakukan kombinasi beberapa warna, pastikan warna yang digunakan tetap selaras dengan konsep dari iklan itu sendiri. 

Baca Juga: 20 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

3. Buat Headline Powerful

Hal ini penting untuk Anda lakukan dan jangan sampai terlewatkan. Sertakan headline yang memiliki sifat powerful di dalam materi konten visual Anda. Mengapa demikian? Sebab, orang-orang pasti akan selalu menjatuhkan pandangannya kepada headline terlebih dahulu, sebelum akhirnya melanjutkan untuk melihat isi keseluruhan konten iklan. 

4. Isi Pesan Iklan Jelas dan Catchy

Iklan merupakan perkara menyampaikan pesan berupa segala informasi dari produk yang ditawarkan kepada konsumen. Oleh karena itu, agar pesan yang hendak Anda sampaikan dapat dimengerti dengan cukup mudah oleh konsumen Anda, buatlah iklan dengan isi pesan yang jelas, singkat namun padat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pemilihan kata yang menarik atau catchy. Hal tersebut bertujuan agar pesan dari iklan bisa dengan mudah diingat. Kemudian, di bagian akhir jangan lupa memasukan Call to Action (CTA) yaitu kalimat pendek yang di dalamnya memuat ajakan spesifik. 

Sebab melalui CTA Anda dapat mengajak calon konsumen untuk membeli produk yang sedang ditawarkan.

banner

5. Buat atau Ambil Gambar yang Eye Catching

Elemen visual yang diambil ataupun dibuat semenarik mungkin merupakan kunci dari cara membuat iklan yang mampu mendapatkan perhatian dari para calon konsumen. 

Kira-kira mengapa demikian? Sebab manusia merupakan makhluk visual. Sebagian besar dari kita lebih mudah menangkap dan memproses informasi atau apapun jika terdapat visual yang menarik di dalamnya ketimbang hanya menggunakan teks saja. 

Baca Juga: 10 Tips Jitu Memulai Usaha Dari Nol

Contoh Desain Iklan Produk yang Menarik

Agar bisa lebih paham akan desain iklan produk yang menarik, Anda bisa melihat beberapa contoh berikut ini.

1. Desain Iklan Produk Menarik dari SOYJOY

Desain iklan dari produk SOYJOY ini terbilang sangat simpel namun menarik. Mengapa? Sebab, mereka mampu menggunakan pemilihan kata yang sangat singkat sekaligus menarik dan mengandung makna yang mudah dimengerti.

“Soylution, Solusi Sehat dari Kedelai”  memiliki arti bahwa SOYJOY menginginkan produknya kali ini sebagai solusi bagi konsumennya yang membutuhkan cemilan sehat terbuat dari kedelai. Kenapa kedelai? Karena kedelai banyak mengandung protein dan serat tinggi sehingga baik untuk tubuh. 

Selain itu, di dalam desain iklan tersebut juga didukung dengan penggunaan background visual kedelai yang mendominasi sesuai dengan produk yang ditawarkan dan pesan yang ingin disampaikan.

Baca Juga:Follow Up Customer: Definisi, Manfaat, dan Tips Sukses Melakukannya

2 . Desain Iklan Produk Menarik dari AXIS

Desain dari iklan milik AXIS ini juga cukup menarik. Mereka menggunakan headline yang cukup catchy dan pemilihan warna font yang disesuaikan dengan skema warna produk AXIS sendiri. Headline juga didukung dengan penggunaan visual yang selaras, yakni alat musik gitar. 

“Aku gitaran di sini, kamu nyanyi di sana deal? #KompakWalauBerjarak” pesan yang hendak disampaikan oleh salah satu provider ternama di Indonesia ini juga sangat tersampaikan ke audience mereka. 

Di mana AXIS ini ingin menjadi solusi bagi orang-orang yang mungkin sedang terpisahkan oleh orang tersayangnya dan tidak dapat bertemu untuk waktu sementara karena COVID-19, namun tetap dapat berkomunikasi dan kompak walau berjarak. 

Nah, demikian penjelasan seputar tips jitu membuat desain iklan produk yang menarik guna meningkatkan penjualan dari bisnis yang Anda sedang jalani. Maka tidak heran juga, jika saat ini tak sedikit pelaku bisnis yang sudah mulai memperhatikan bagaimana cara pembuatan iklan produk mereka agar mendatangkan banyak konsumen dan beralih menggunakan jasa iklan dari pihak luar.
Anda juga bisa mengandalkan ToffeeDev untuk memberikan layanan mulai dari jasa iklan facebook dan jasa Google Ads. Untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap dan jelas, Anda bisa menghubungi tim ToffeeDev sekarang juga.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat