10 Tips Jitu Memulai Usaha Dari Nol

memulai usaha dari nol

Memulai usaha dari nol tentunya bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena dibutuhkan niat hingga rencana matang yang perlu dipertimbangkan. Belum lagi ketika dihadapkan dengan tantangan saat menjalankan bisnis usaha, perlunya memiliki kemampuan berpikir secara kritis untuk menemukan solusi dari permasalahan bisnis yang dialami dan masih banyak hal lagi lainnya. 

Artikel kali ini akan memberikan Anda sederet tips jitu bagaimana cara untuk memulai usaha dari nol. Harapannya dengan membaca artikel ini, Anda tidak perlu merasa ragu lagi untuk segera memulai menjalankan bisnis yang sudah sedari lama Anda inginkan.

Tips Jitu Memulai Usaha Dari Nol

Memulai usaha dan bisnis dari nol tidak cukup hanya bermodalkan keinginan atau niat yang kuat, melainkan juga membutuhkan berbagai persiapan, baik dari dalam diri sendiri maupun berbagai faktor eksternal lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips sukses untuk memulai usaha sendiri dari nol.

1. Awali dengan Meyakinkan Diri Sendiri

Pastinya untuk membangun usaha dari tahap awal diperlukan adanya keinginan yang besar untuk memulai. Kemudian, keinginan tidak akan ada artinya tanpa adanya keyakinan penuh terhadap diri sendiri. 

Mengapa perlunya keyakinan dari diri sendiri? Memiliki keyakinan terhadap diri sendiri nantinya akan membantu Anda menghadapi dan melewati segala macam masalah pada bisnis yang sedang dijalankan.

2. Pilih Bidang Usaha Sesuai dengan Passion

Langkah selanjutnya adalah memikirkan jenis usaha seperti apa yang ingin Anda jalankan. Jika dirasa masih bingung dalam menentukan, mungkin Anda juga bisa menjadikan passion Anda sebagai peluang bisnis. 

Seperti misalnya Anda sangat menyukai dunia fotografi, Anda bisa membangun bisnis dengan menawarkan jasa foto di berbagai acara baik wedding, graduation, birthday party dan banyak lainnya. Memilih bidang usaha dengan melibatkan passion, tentu akan memudahkan Anda di setiap proses menjalankan dan mengembangkan usaha tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

3. Menambah Wawasan 

Dalam proses membangun usaha terlebih lagi memulainya dari titik nol, mengharuskan Anda untuk mengetahui berbagai wawasan seputar dunia bisnis. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara, seperti membaca banyak referensi, mengikuti kelas, seminar online, dan banyak lainnya. 

Selain itu, Anda juga perlu mempelajari secara khusus bidang usaha yang sedang dijalankan, termasuk bagaimana cara memulainya, apa saja yang perlu dipersiapkan, tantangan apa saya yang mungkin dihadapi dan sebagainya. 

4. Melakukan Riset Pasar

Untuk memulai bisnis, Anda juga perlu lakukan riset pasar dengan mempelajari bagaimana dinamikanya, seperti apa target pasar spesifik yang Anda sasar, dan seperti apa kompetitor yang ada. Dengan mengetahui hal tersebut akan memungkinkan Anda menemukan celah mana yang sepertinya bisa Anda gunakan untuk menyiasati persaingan. 

Banner toffeeDev

5. Merancang Rencana Bisnis Serta Ide Bisnis

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat ingin menjalankan sebuah bisnis dari nol . Tidak lain tidak bukan adalah merancang rencana bisnis atau business plan, sebab Anda memang harus mempertimbangkan banyak hal mengenai ide bisnis yang akan Anda jalankan. 

Di dalam business plan sendiri biasanya terdapat analisis bisnis yang perlu Anda pertimbangkan meliputi strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan.

6. Persiapkan Modal

Tidak jarang banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis dikarenakan masih memiliki anggapan bahwa berbisnis harus diawali dengan adanya modal yang besar. Namun, sebenarnya pernyataan tersebut tidak selalu benar. Sebab, nyatanya Anda masih bisa memulai untuk berbisnis dengan skala usaha kecil terlebih dahulu karena modal yang diperlukan cukup terjangkau. 

Selain itu, Anda juga bisa membiasakan diri untuk menulis dan mengkalkulasikan secara terperinci apa yang usaha Anda perlukan hingga memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan. Melalui hal tersebut, nantinya Anda dapat menyiasati juga terkait beberapa biaya yang hendak dipakai agar tidak dikeluarkan dalam jumlah banyak.

Misalnya, ketika ingin melakukan kegiatan promosi terkait bisnis, Anda dapat mengandalkan kehadiran sosial media. Platform tersebut dianggap sebagai alternatif cara yang cukup efektif karena mampu menjangkau banyak konsumen dengan modal promosi yang minim. 

Baca Juga: 6 Cara Menghitung Engagement Rate

7. Lancarkan Strategi Marketing

Marketing adalah cara untuk memperkenalkan produk milik usaha Anda kepada calon konsumen. Harapannya bukan sekadar soal pengenalan saja, melainkan juga menanamkan produk ke benak pelanggan (top of mind) sehingga terjadinya keloyalitasan konsumen.

Terdapat berbagai cara untuk mempromosikan bisnis Anda. Salah satunya dengan menggunakan media sosial yang Anda miliki. Selain media sosial, Anda juga dapat memaksimalkan digital marketing seperti website, SEO, SEM dan lainnya.

8. Kunci Sukses Bisnis dengan Bersikap Adaptif 

Dalam menjalankan bisnis, Anda juga diharuskan untuk memiliki sikap adaptif. Mengingat persaingan bisnis di era saat ini yang terbilang cukup ketat. Adaptif memiliki arti bahwa Anda selaku pemilik bisnis usaha tersebut harus mampu melihat perubahan apa saja yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Lalu, menyesuaikannya dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. 

9. Perlunya Konsistensi 

Tidak ada satu pun pelaku bisnis yang tidak pernah merasakan kegagalan. Jadi, buang jauh-jauh perasaan takut akan hal tersebut. Agar usaha bisnis Anda dapat terus bertahan, ada satu hal yang tak kalah penting untuk diterapkan, yakni kekonsistenan.

Konsistensi yang dimaksud ialah tetap tidak berhenti dan putus asa ketika mengalami kegagalan. Meskipun dihadapkan dengan kesulitan menjalankan bisnis, Anda harus konsisten dalam melakukan pencarian solusi dan bangkit lagi untuk melanjutkan bisnis yang sudah Anda rintis. 

Sebab, apabila Anda tidak memiliki kekonsistenan akan sikap pantang menyerah tersebut saat dihadapkan pada kondisi susah menjalankan bisnis, kecil harapan bisnis Anda dapat bertahan. 

Baca Juga: Ketahui 7 Cara Mengidentifikasi Target Pemasaran Produk UMKM

10. Selalu Lakukan Evaluasi

Sebisa mungkin selalu terapkan untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis Anda. Telaah bagian mana dari bisnis Anda yang sepertinya perlu untuk disempurnakan lagi. Hindari perasaan mudah puas, karena hal tersebut akan membuat Anda enggan untuk melakukan evaluasi dan belajar lebih lagi soal bagaimana cara mengembangkan bisnis Anda. Sehingga yang terjadi, bisnis Anda tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang terlihat cukup signifikan. 

Setelah membaca deretan tips jitu memulai usaha dari nol, tentunya Anda semakin yakin untuk memulai menjalankan bisnis, bukan? Jika Anda membutuhkan berbagai layanan untuk membantu mengembangkan usaha bisnis Anda, ToffeeDev sangat dapat diandalkan.

Banyak layanan dari ToffeDev yang bisa Anda pilih, mulai dari pembuatan website, layanan SEO, hingga digital ads dan lainnya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, jangan ragu untuk hubungi tim ToffeeDev sekarang juga.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top