Desain Konten Instagram Bisnis: Tips Membuat dan Rekomendasi Tools 

desain konten instagram

Apa yang perlu dilakukan untuk meraup keuntungan dari akun profil Instagram bisnis Anda? Tentunya Anda harus bisa memetakan strategi konten yang menjual bagi target customer bisnis Anda dengan salah satu caranya mempertimbangkan desain konten Instagram yang menarik. Sehingga mereka ingin mempelajari lebih lanjut produk yang Anda tawarkan.

Bagi pelaku bisnis pemula seperti Anda, Instagram merupakan salah satu media sosial yang wajib untuk digunakan. Sosial media satu ini dinilai cukup mampu menjangkau konsumen dengan jumlah yang banyak hingga meningkatkan penjualan. Apalagi jika dikemas dengan desain grafis yang menarik.

Jika Anda penasaran lebih lanjut mengenai bagaimana tips membuat desain konten Instagram dan rekomendasi tools yang digunakan, artikel ToffeeDev kali ini akan membahasnya. Mari kita simak bersama!

Pentingnya Desain Konten Instagram yang Baik Bagi Bisnis

Menjalankan bisnis dengan mengandalkan bantuan sosial media di era saat ini dinilai mampu memasarkan produk ke target yang tepat. Salah satu sosial media yang kerap digunakan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya ialah Instagram. Melalui penggunaan Instagram, bisnis Anda dapat menjangkau lebih banyak pengguna sekaligus mampu mendongkrak penjualan.

Namun, sebelum akhirnya bisnis Anda mencapai tahap keberhasilan dalam menarik perhatian calon konsumen, ada satu hal yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Hal tersebut ialah desain konten Instagram bagi bisnis Anda. Selain itu, masih ada banyak alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan pembuatan desain konten Instagram secara maksimal.

Melalui desain konten dengan visual yang menarik, penggunaan warna, tone hingga tata letak yang dibuat sedemikian rupa, tentunya akan membuat kesan yang memikat ketika seseorang mengunjungi profil Instagram bisnis Anda. 

Selain itu, akun Anda juga akan terlihat lebih profesional karena memiliki konten yang dikelola dengan baik. Lalu, pada akhirnya akan membantu Anda memperoleh jumlah followers yang berpotensi menjadi pembeli dalam jumlah banyak.

Banner Ads - General 2

Tips Membuat Desain Konten Instagram Bisnis

Mempromosikan bisnis yang sedang Anda jalankan melalui akun sosial media Instagram bukan semata-mata hanya sekedar upload foto produk saja. Agar bisnis Anda memiliki pelanggan yang juga tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan, Anda bisa memikirkan untuk membuat desain konten yang cukup kreatif. Berikut ini tips bagaimana membuat desain konten instagram bisnis yang bisa diterapkan agar bisnis bisa berkembang.

1. Mengenali Target Audience

Mengenali target audience merupakan langkah krusial dalam desain konten Instagram yang efektif. Memahami kebutuhan, minat, dan preferensi audiens membantu Anda membuat konten yang relevan dan menarik.

Dengan mengetahui target audience, Anda dapat menentukan gaya dan nada konten yang sesuai, memilih topik yang tepat, dan menggunakan visual yang menarik. Hal ini meningkatkan engagement dan mendorong audiens untuk berinteraksi dengan konten Anda.

Konten yang relevan dan menarik bagi target audience lebih efektif dalam mencapai tujuan marketing Anda.

2. Tampilkan Skema Warna yang Konsisten

Usahakan untuk selalu menggunakan palet warna yang konsisten di seluruh konten Instagram Anda, baik foto dan video. Perhatikan estetika yang telah dibuat untuk bisnis Anda di berbagai aspek. Misalnya jika Anda telah menampilkan skema warna tertentu dalam produk fisik, logo, situs web, atau toko fisik Anda, maka terapkan juga palet warna tersebut ke dalam desain postingan Anda.

3. Ambil Foto dan Video yang Bertema

Audience dari akun Instagram bisnis Anda akan selalu tertarik dengan konten yang unik dan bertema. Sehingga, penting untuk memikirkan bagaimana cara mengambil foto atau video sekreatif mungkin. 

Selain dengan menggunakan tema besar dari bisnis Anda, menambahkan berbagai tema yang relevan dan mungkin sedang trend seperti foto inspirasi, tips dan trik, tutorial, dan masih banyak lagi lainnya juga bisa menjadi pilihan ide desain konten yang tidak membosankan.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

4. Gunakan Nada Bahasa yang Konsisten

Selain konsisten terhadap skema warna desain yang digunakan untuk konten Instagram, ternyata Anda masih perlu untuk menerapkannya juga ke penggunaan nada bahasa di dalam desain konten Anda. 

Apakah kepribadian bisnis Anda termasuk yang ceria, santai, atau justru resmi? Nah, dari mengetahui kepribadian bisnis Anda seperti apa, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempertahankan nada bahasa dan perspektif yang konsisten. 

Konsisten di sini digunakan untuk semua keterangan title pada foto atau video, hingga caption yang Anda sertakan dalam desain postingan atau cerita dari konten Instagram bisnis.

5. Gunakan Desain yang Interaktif

Usahakan konten yang Anda miliki menggunakan desain yang interaktif. Tujuannya agar terjalinnya hubungan yang kuat dan dekat antara audience atau followers Anda dengan bisnis yang sedang dijalankan. Hal berikut dapat disesuaikan juga dengan bagaimana image yang dibangun dari bisnis Anda.

6. Siapkan Template Desain

Mempersiapkan template desain konten Instagram membantu proses pembuatan konten lebih efisien dan efektif. Template ini memungkinkan Anda membuat konten dengan cepat dan mudah, serta menjaga konsistensi visual akun Anda. Hal ini meningkatkan brand awareness dan kualitas konten, sehingga menarik bagi audiens.

7. Rutin Melakukan Evaluasi

Evaluasi rutin membantu Anda mencapai tujuan marketing dengan meningkatkan desain konten Instagram. Evaluasi menunjukkan efektivitas konten dalam mencapai tujuan, mengidentifikasi permasalahan, dan meningkatkan kualitas konten.

Hasil evaluasi membantu Anda mengoptimalkan strategi konten dengan menentukan jenis konten favorit audiens dan waktu terbaik untuk posting.

Banner Ads - Ebook 2

5 Rekomendasi Tools untuk Membuat Desain Konten Instagram

Setelah mengetahui bahwa desain konten merupakan hal yang cukup penting untuk keberlangsungan bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah mencari tools seperti apa yang cocok untuk digunakan. 

Tools ini nantinya akan berfungsi untuk mempercantik feed Instagram bisnis Anda dengan visual yang menarik. Visual ini haruslah bisa mencerminkan identitas dan nilai dari brand Anda.

1. VSCO

VSCO merupakan aplikasi edit foto paling terpopuler dan sering diandalkan untuk menghasilkan konten yang apik. Dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan pilihan filter yang bisa disesuaikan dengan keinginan, maka tidak heran kalau aplikasi ini mampu mengubah foto meskipun hanya dari kamera handphone menjadi terlihat sangat indah.

Baca Juga: 5 Alat Desain Grafis Yang Wajib Dimiliki Desainer Grafis

2. Snapseed

Aplikasi edit foto selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik konten di feed instagram bisnis Anda adalah snapseed. Sama halnya dengan VSCO, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pilihan fitur-fiturnya yang canggih. 

Misalnya, fitur detail untuk menajamkan foto, meningkatkan area spesifik pada gambar dengan fitur selective, menghilangkan objek yang tidak diinginkan di dalam foto dengan menggunakan fitur healing, membuat latar belakang menjadi buram dengan fitur lens blur, dan masih banyak lagi.

Biasanya fitur-fitur yang sudah disebutkan tersebut hanya dapat Anda temukan di aplikasi editing foto profesional saja, namun Anda bisa juga melakukannya dengan mudah menggunakan aplikasi Snapseed ini. 

3. Canva

Sebutan paling sesuai untuk aplikasi satu ini adalah “all-in-one app” yang juga sangat mudah dalam penggunaannya. Mengapa demikian? Sebab aplikasi ini memudahkan Anda untuk membuat desain apapun mulai dari nol atau juga bisa menggunakan template yang sudah tersedia. 

Di dalam aplikasi ini telah tersedia sekitar lebih dari 8000 template, icon, font, ilustrasi, background, hingga filter dan berbagai macam fitur edit yang berfungsi untuk menunjang kebutuhan konten Anda. Tentunya, konten yang dihasilkan akan jauh lebih menarik dengan menggunakan aplikasi Canva ini. Bagaimana Anda tertarik untuk menggunakannya?

4. Capcut

Selain mengisi feed Instagram bisnis Anda dengan konten foto, pastinya kurang lengkap jika tidak juga menambahkan konten dalam bentuk video. Sebelumnya kita sudah membahas beberapa aplikasi edit foto yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten, sekarang mari kita bahas soal aplikasi edit video yang tak kalah canggih.

Capcut merupakan aplikasi edit video multifungsi tak berbayar yang cocok digunakan oleh semua orang, baik untuk pemula hingga expert. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur kerennya seperti, effect, filter, transition yang unik, dan sebagainya. Sehingga konten video Anda akan menjadi lebih eye catching dan menarik perhatian banyak audience.

5. PiktoChart

Piktochart adalah aplikasi online yang memungkinkan Anda membuat konten Instagram yang menarik dan profesional dengan mudah.

Piktochart menawarkan berbagai macam template yang dirancang khusus untuk Instagram. Template ini tersedia dalam berbagai gaya dan format, seperti infografis, poster, dan presentasi. Anda dapat memilih template yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kemudian menyesuaikannya dengan mudah.

Piktochart juga menyediakan berbagai fitur editing yang memungkinkan Anda untuk membuat konten yang benar-benar unik dan menarik. Anda dapat menambahkan gambar, video, teks, dan ikon ke dalam template Anda. Anda juga dapat mengubah warna, font, dan tata letak template sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana Anda dapat menggunakan Piktochart untuk membuat konten Instagram:

  • Buat infografis untuk membagikan data dan statistik yang menarik tentang perusahaan Anda.
  • Buat poster untuk mempromosikan produk atau layanan baru Anda.
  • Buat presentasi untuk menjelaskan tentang visi dan misi perusahaan Anda.
  • Buat kartu ucapan untuk mengucapkan selamat kepada pelanggan Anda pada hari spesial.
Banner Ads - Lead Gen 2

2 Contoh Desain Konten Instagram yang Baik

Agar semakin bisa paham, tentu kita perlu melihat beberapa contoh menarik. Berikut ini adalah beberapa contoh dari desain konten feed Instagram yang menarik dan bisa Anda jadikan referensi.

1. Desain Konten Instagram dari @tumbuhlab 

Tampilan dari akun Instagram bisnis @tumbuhlab menggunakan skema warna yang konsisten, yakni antara lain warna-warna yang soft seperti coklat, hijau, pink muda dan kuning muda. Warna tersebut disesuaikan dengan fisik dari produk yang hendak mereka launching kan. 

Selain itu, pemilihan desain font yang ceria dan teknik pengambilan foto produk mereka yang mengikutsertakan model anak kecil, merupakan bentuk penyesuaian dari target pasar mereka. Hal tersebut dikarenakan produk @tumbuhlab yang akan dilaunching merupakan produk hair oil untuk anak-anak.

Baca Juga: 10 Cara Bersaing Sehat dalam Bisnis di Era Digital

2 . Desain Konten Instagram dari @tiketcom

Jika Anda perhatikan, bahwa akun Instagram milik tiket.com memposting serangkaian kontennya dengan selalu memasukkan skema warna kuning dan biru ke dalam desainnya. Warna kuning dan biru tersebut digunakan tentu bukan tanpa alasan, melainkan dengan melihat kembali ke warna logo yang dipakai oleh tiket.com sendiri yakni biru dan kuning. 

Selain itu, tiket.com juga terbilang cukup sering menggunakan desain konten dengan menggunakan tema seperti rekomendasi destinasi liburan, tips and trik bepergian ke luar negeri, hingga konten yang sifatnya interaktif. 

Nah, demikian penjelasan seputar pentingnya mempertimbangkan desain konten Instagram guna meningkatkan penjualan dari bisnis yang Anda sedang jalani. Maka tidak heran juga, jika saat ini tak sedikit pelaku bisnis yang sudah mulai aware terhadap pembuatan konten dan beralih menggunakan jasa desain konten Instagram untuk mengembangkan bisnis mereka. 
Lengkapi bisnis Anda sesuai kebutuhan design yang profesional dengan menggunakan layanan jasa desain grafis dari ToffeeDev. Untuk mendapatkan informasi secara lebih lengkap dan jelas, Anda bisa menghubungi tim ToffeeDev sekarang juga.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top