Pengertian Gaya Kepemimpinan dan Jenis-Jenisnya

pengertian gaya kepemimpinan

Dalam sebuah bisnis, pasti ada orang yang berperan sebagai pemimpin. Pemimpin inilah yang menjadi “nakhoda” untuk mengarahkan ke mana bisnis tersebut akan dibawa. Nah, kesuksesan seorang pemimpin idealnya tidak terlepas dari gaya kepemimpinan yang diterapkannya.

Tiap orang pun tentu memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda. Memangnya, ada gaya kepemimpinan apa saja? Sebelum itu, mari pahami soal pengertian gaya kepemimpinan berikut ini.

Pengertian Gaya Kepemimpinan

Pengertian gaya kepemimpinan adalah suatu perilaku yang dengan konsisten dilakukan oleh seseorang yang memimpin suatu kelompok. Cara seorang pemimpin bertindak dapat memengaruhi anggota kelompok dan membentuk gaya kepemimpinan. Itulah kenapa ketika menjadi seorang pemimpin, Anda tentu harus bisa menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat. Hal ini bertujuan untuk membuat anggota tim merasa nyaman dalam bekerja, sehingga tujuan bisnis pun bisa tercapai dengan baik dan efisien. 

7 Jenis Gaya Kepemimpinan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap pemimpin pasti memiliki gaya kepemimpinan masing-masing. Secara umum, ada tujuh gaya kepemimpinan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Gaya Demokratis

Pengertian gaya kepemimpinan demokratis merujuk pada seorang pemimpin yang cenderung banyak bertanya mengenai pendapat anggotanya sebelum melakukan sesuatu. Mereka akan saling berbagi informasi dan pendapat yang bisa menunjang kesepakatan yang mereka butuhkan. Keputusan akhir tidak akan tercipta tanpa ada persetujuan dari semua anggotanya. 

2. Gaya Otokratis

Gaya otokratis adalah ketika seorang pemimpin menyuruh bawahannya untuk selalu melakukan apa pun yang dia katakan. Biasanya, seorang pemimpin otokratis akan merasa dirinya yang paling pintar dan mengetahui lebih banyak hal daripada yang lainnya. Dia membuat keputusan dengan sedikit masukan dari orang lain. 

3. Gaya Laissez-Faire

Ketiga, ada gaya yang berlawanan dari otokratis. Dari semua gaya kepemimpinan, gaya Laissez-Faire adalah yang paling sedikit melakukan pengawasan dan melibatkan diri. Ibarat berenang dalam air, orang dengan gaya kepemimpinan ini akan membiarkan anggotanya berenang mengikuti arus air. 

Baca juga: 3 Faktor yang Mempengaruhi Gaya Kepemimpinan Seseorang

4. Gaya Afiliasi

Selanjutnya ada gaya kepemimpinan afiliasi, yaitu seorang pemimpin yang cenderung mengutamakan anggota tim. Biasanya, pemimpin dengan gaya ini selalu memperhatikan dan mendukung kebutuhan emosional anggota timnya. Dengan gaya kepemimpinan ini, harmoni dan kolaborasi tim dapat terbentuk dengan baik.

5. Gaya Transformasional

Pengertian gaya kepemimpinan transformasional bisa dibilang sebagai gaya tunggal yang paling efektif. Pemimpin dengan gaya ini cenderung memiliki kecerdasan secara emosional, enerjik, dan penuh gairah. Tidak hanya ingin mencapai tujuan organisasi, tetapi dia juga membantu anggota tim untuk memaksimalkan potensi mereka.  

6. Gaya Situasional

Selanjutnya, gaya kepemimpinan situasional menekankan pengaruh yang signifikan terhadap lingkungan dan situasi terhadap kepemimpinannya. Karenanya, biasanya pemimpin dengan gaya ini dikenal cukup fleksibel dan adaptif dalam menghadapi berbagai situasi.

7. Gaya Transaksional

Terakhir, ada gaya kepemimpinan transaksional, yaitu memandang hubungan pemimpin-anggota sebagai suatu transaksi. Dengan menjadi anggota tim, individu tersebut setuju untuk mematuhi pemimpinnya. Transaksi ini berfokus pada anggota tim yang menyelesaikan tugas-tugasnya dengan imbalan kompensasi uang, seperti hubungan antara karyawan dengan atasannya.

5 Tips Membangun Gaya Kepemimpinan yang Baik

Tips Membangun Gaya Kepemimpinan yang Baik

Tentu tidak mudah ketika menjadi seorang pemimpin. Anda harus bisa mengatur diri sendiri sekaligus mengelola orang lain yang menjadi anggota tim. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun gaya kepemimpinan yang baik.

1. Identifikasi Kelemahan dan Kelebihan Diri Sendiri

Pertama, Anda harus mengetahui apa yang menjadi kelemahan serta kelebihan Anda. Hal ini sangat penting karena dalam menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus bisa mengenali potensi dan kelemahan diri agar dapat mengembangkan gaya kepemimpinan yang paling tepat. 

2. Kenali Karakter Diri

Selanjutnya, agar bisa memahami gaya kepemimpinan yang paling efektif untuk Anda, Anda harus mengenali terlebih dahulu kepribadian diri sendiri. Perhatikanlah karakter yang dominan. Lihat bagaimana karakter itu bisa muncul dan berpengaruh dalam lingkungan kerja, keluarga, atau pertemanan. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa memahami cara yang paling tepat untuk memimpin tim, mengambil keputusan, serta menangani stres.

Baca juga: Karakteristik Kepemimpinan yang Baik dan Efektif di dalam Bisnis

3. Selalu Meminta Pendapat Orang Lain

Selain mendengarkan pendapat dari diri sendiri, tentu penting juga untuk mendengarkan pendapat orang lain. Ini sangat bagus agar Anda bisa melihat dari sudut pandang orang lain. Jadi, saat Anda harus mengambil keputusan, terlebih yang hasilnya akan berpengaruh terhadap anggota tim, pastikan untuk menanyakan pendapat mereka terlebih dahulu.

4. Ketahui Nilai-nilai yang Dipegang 

tips membangun gaya kepemimpinan yang baik - ketahui nilai - nilai yang dipegang 

Selanjutnya, biasanya seorang pemimpin akan memiliki nilai yang mereka pegang dengan konsisten untuk memahami cara berpikir serta mengevaluasi cara bertindak. Dengan fokus pada nilai yang Anda yakini, secara tidak langsung Anda juga bisa membangun kepercayaan dari para anggota tim.

5. Amati Para Pemimpin yang Ada di Kantor

Terakhir, disadari atau tidak, gaya kepemimpinan biasanya dibentuk oleh orang-orang yang ada di sekitar Anda. Dalam lingkup ruang kerja, orang-orang tersebut bisa termasuk para atasan dan senior. Posisi mereka yang lebih memiliki pengaruh bisa memengaruhi cara Anda dalam mengambil keputusan.

Jasa SEO

Demikian pengertian gaya kepemimpinan serta jenis-jenisnya yang mungkin akan Anda temui selama menjalankan bisnis. Menjadi seorang pemimpin bisnis bukanlah perkara mudah, Anda harus memahami seluk-beluk bisnis dan mengaturnya agar terus berjalan menghasilkan uang untuk gaji karyawan.Tentu saja seorang pemimpin juga memerlukan bantuan untuk menjalankan bisnisnya. Misalnya dengan menggunakan jasa strategi Digital Marketing yang disediakan oleh ToffeeDev. Kami akan memasarkan produk Anda dengan efektif dan tepat sasaran. Hubungi ToffeeDev segera dan mari bekerja sama untuk mengembangkan bisnis Anda!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top