Memahami Taktik Relationship Marketing

Relationship Marketing

Apabila Anda ingin melakukan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen secara mendalam, Anda dapat mencoba melakukan relationship marketing. Berbeda dengan teknik pemasaran lain yang mementikan penjualan, relationship marketing adalah strategi pemasaran yang mementingkan kepuasan konsumen demi mendapatkan kepercayaan mereka.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari secara mendalam mengenai apa yang dimaksud dengan relationship marketing. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penjelasan mengenai manfaat relationship marketing serta contoh langsung penerapannya. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Memahami Definisi Relationship Marketing

Relationship marketing adalah jenis pemasaran yang termasuk ke dalam customer relationship management (CRM). Relationship marketing berfokus pada loyalitas konsumen dan keterlibatan konsumen secara jangka panjang, berbeda dengan kebanyakan strategi pemasaran lain yang berfokus pada tujuan jangka pendek seperti akuisisi konsumen dan penjualan individu.

Relationship marketing dikembangkan untuk menumbuhkan loyalitas konsumen. Tidak seperti akuisisi konsumen yang berfokus pada tujuan jangka pendek dan penjualan individu, relationship marketing ditujukan untuk meningkatkan kesetiaan konsumen dan memberikan informasi yang secara langsung sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Hal ini melibatkan rencana pemasaran yang berfokus pada retensi konsumen dan kepuasan atas transaksi.

Berdasarkan banyak perhitungan, setidaknya 20% dari konsumen Anda saat ini akan menyumbang 80% dari pendapatan perusahaan pada masa depan. Selain itu, konsumen yang loyal dan sepenuhnya terlibat selalu akan berbelanja lebih banyak dari konsumen biasa. Ini adalah perkembangan alami dalam perjalanan pembeli. Relationship marketing adalah tentang memelihara loyalitas konsumen dan memberi perhatian lebih kepada konsumen Anda yang sudah ada.

Baca Juga: Merencanakan Marketing Plan Untuk Produk Baru

6 Manfaat Menerapkan Relationship Marketing

Manfaat Menerapkan Relationship Marketing

Walaupun tidak berfokus pada penjualan individu, tetapi relationship marketing tetap bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat menerapkan relationship marketing.

1. Hemat Biaya

Upaya pemasaran untuk menjangkau konsumen baru dan mendapatkan perhatian mereka bisa sangat mahal. Coca Cola, sebuah perusahaan yang sudah banyak dikenal di seluruh dunia, saja bahkan sampai mengeluarkan miliaran dolar Amerika Serikat setiap tahunnya untuk melakukan hal tersebut. Di sisi lain, mempertahankan konsumen yang sudah ada melalui relationship marketing bisa sangat hemat biaya.

2. Meningkatkan Retensi Konsumen

Relationship marketing membuat konsumen lebih terhubung dengan merek. Dengan begitu, mereka merasa dianggap dan menjadi bagian dari perkembangan perusahaan. Hal tersebut dapat membuat konsumen akan lebih loyal dan terlibat. Pada gilirannya, konsumen ini akan dengan senang hati terus berinteraksi dengan Anda dan membeli produk atau layanan yang ditawarkan dengan lebih sering.

3. Meningkatkan ROI Pemasaran Anda

ROI pemasaran dapat menjadi indikator utama kesuksesan sebuah perusahaan. Dengan angka retensi konsumen yang lebih tinggi, biaya akuisisi konsumen akan berkurang. Hal tersebut dapat memberi Anda anggaran yang lebih tinggi untuk membangun dan menerapkan strategi relationship marketing yang ingin diterapkan.

Jasa SEO

4. Meningkatkan Penjualan

Konsumen yang loyal akan sering kembali untuk melakukan lebih banyak pembelian karena mereka sudah menghargai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Jika Anda membuat konsumen seperti itu dapat lebih terlibat dengan merek, tingkat interaksi yang dihasilkan akan lebih tinggi dan Anda dapat terus melihat peningkatan penjualan.

Selain itu, calon konsumen akan melihat referensi dan ulasan yang bagus sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Jika konsumen Anda yang sudah ada selalu memberikan ulasan yang bagus mengenai produk yang dibelinya, sudah pasti akan ada banyak calon konsumen yang tidak ragu-ragu untuk membeli produk yang sama.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Konsumen yang loyal akan senang membagikan produk atau layanan yang mereka sukai dengan orang lain, baik dari mulut ke mulut atau secara online seperti melalui media sosial. Dengan begitu, brand awareness dari merek Anda akan terus meningkat, bahkan ketika Anda tidak melakukan usaha apa pun.

Baca Juga: Kenapa Butuh Instagram Ads? Apa Manfaat Untuk Bisnis?

6. Menjadi Lebih Kompetitif

Menemukan cara untuk unggul dari kompetitor Anda dan tetap dapat bersaing merupakan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Relationship marketing dapat membantu Anda menciptakan konsumen setia yang tetap bersama Anda dan juga membujuk orang lain untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tenaga tambahan gratis untuk melakukan pemasaran dan tetap bersaing secara kompetitif di pasaran.

4 Cara Menerapkan Relationship Marketing

Menerapkan Relationship Marketing

Ada banyak sekali manfaat yang dapat Anda rasakan dengan menerapkan relationship marketing. Strategi ini memang dapat memberikan perusahaan keuntungan, terutama secara jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa cara menerapkan relationship marketing yang baik.

1. Mendengarkan Umpan Balik Konsumen

Relationship marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada konsumen. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menerapkannya adalah dengan cara mendengarkan apa yang konsumen katakan.

Sering sekali konsumen akan memberikan umpan balik mengenai produk, pelayanan, hingga strategi pemasaran yang Anda jalankan. Nah, Anda harus mendengarkan umpan balik tersebut, dan kemudian diterapkan jika memang dirasa pendapatnya ada yang cocok dengan nilai perusahaan.

2. Membuat Strategi yang Berfokus Pada Konsumen

Saat Anda membuat strategi relationship marketing dan terlibat dengan konsumen, perhatian utama Anda tidak boleh terfokus pada produk atau layanan Anda. Sebaliknya, fokus utama dari pemasaran yang Anda lakukan harus selalu berkisar pada konsumen. Coba tanyakan kepada diri sendiri beberapa hal di bawah ini:

  • Apakah konsumen ingin melihat iklan ini?
  • Apakah konsumen akan senang dengan postingan Instagram ini?
  • Apakah produk baru kami menyenangkan konsumen?

Selain itu, Anda juga harus menyediakan saluran customer care yang dapat dijangkau oleh konsumen dengan mudah dan kapan saja. Coba gunakan twitter untuk menjalankan customer care, atau membuka hotline yang bisa dihubungi 24 jam. Jika tidak dapat 24 jam, setidaknya Anda harus bisa dihubungi dengan mudah selama jam kerja (biasanya 09:00 – 17:00).

Baca Juga: 10 Strategi Memulai Bisnis Online dengan Modal Kecil

3. Tawarkan Hadiah dan Diskon Pada Konsumen

Untuk memupuk hubungan jangka panjang dengan konsumen dan menciptakan loyalitas terhadap merek, Anda harus terus terlibat dengan konsumen bahkan setelah mereka membeli produk. Pertimbangkan apa yang dapat Anda tawarkan kepada mereka setelah mereka menjadi konsumen; mungkin mereka bisa mendapatkan diskon untuk produk tambahan, atau menerima rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi mereka.

4. Buat Konten yang Personal

Jika pelanggan sudah membeli produk Anda, mereka tidak perlu melihat iklan produk tambahan untuk menjadi loyal terhadap merek Anda. Sebaliknya, mereka perlu merasa bisnis Anda menawarkan nilai yang dapat mereka setujui, terlepas dari niat pembelian mereka. Oleh karena itu, menjadi personal merupakan salah satu cara terbaik untuk menerapkan relationship marketing.

Anda dapat coba melihat tren dari audiens target untuk memutuskan konten seperti apa yang harus dibuat. Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis sepatu dan kebanyakan konsumennya adalah anak muda, Anda dapat memberikan konten yang kekinian dan modern. Jika Anda memang berfokus pada satu niche, hal ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Anda dapat menggabungkan relationship marketing dengan berbagai strategi pemasaran lainnya, seperti digital marketing. Jika Anda tertarik menerapkan digital marketing, langsung saja gunakan jasa ToffeeDev. Kami menyediakan berbagai layanan digital marketing yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis, seperti SEO, Facebook Ads, hingga website development. Yuk hubungi kami di sini sekarang juga!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat