9 Tips Bisnis Skincare untuk Pemula dan Cara Meningkatkan Penjualannya

tips bisnis skincare

Tertarik dengan dunia kecantikan khususnya skincare? Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan mengubahnya sebagai sumber pendapatan tambahan karena pasarnya cukup besar. ToffeeDev punya beberapa tips bisnis skincare supaya apa yang kamu lakukan dapat berhasil. 

Memang benar tidak mudah untuk mengembangkan bisnis skincare. Itu sebabnya kamu perlu pintar-pintar mencari peluang di tengah ketatnya persaingan pasar. Daripada Anda makin banyak berasumsi tentang kegagalan sebelum memulai, lebih baik baca dahulu seluruh tips membuka bisnis skincare di bawah ini. 

Tips Memulai Bisnis Skincare bagi Pemula

Memulai bisnis skincare bisa jadi menantang bagi pemula, namun dengan persiapan yang matang maka Anda bisa jadi pengusaha yang sukses. Berikut adalah 9 tips untuk memulai bisnis skincare bagi pemula yang perlu Anda perhatikan. 

1. Lakukan Riset Pasar yang Mendalam

Sebelum memulai bisnis skincare, pastikan Anda melakukan riset pasar yang mendalam. Mulailah mempelajari tren terbaru dalam dunia kecantikan, mengidentifikasi serta menentukan target pasar, dan cari tahu apa yang pelanggan butuhkan. Melalui riset pasar yang matang Anda jadi lebih mudah menentukan produk skincare yang ingin diproduksi atau dipasarkan.

2. Pilih Bahan Berkualitas Tinggi

Jika Anda ingin membuat produk skincare sendiri maka riset tentang bahan-bahan yang akan digunakan sangat penting. Pilihlah bahan berkualitas tinggi yang terbebas dari bahan kimia berbahaya dan cocok untuk semua jenis kulit. 

3. Pilih Supplier yang Dapat Dipercaya

Jika Anda ingin berbisnis skincare dari produk yang sudah ada alias menjadi reseller atau dropshipper maka cari dahulu supplier tepercaya. 

Cari supplier yang mudah dihubungi, memberikan respons cepat serta menyediakan produk orisinal supaya dipercayai oleh pelanggan. Pertimbangkan juga lokasi supplier yang Anda gunakan agar biaya pengiriman tidak membengkak.

4. Tetapkan Branding yang Kuat

Tetapkan branding yang kuat untuk bisnis skincare Anda. Buat logo menarik dan konsisten yang sesuai dengan visi bisnis Anda. Ada baiknya membuat branding yang mudah diingat dan dikenali agar pelanggan bisa langsung tahu siapa Anda hanya dari gambar logo. 

Branding yang kuat akan membantu meningkatkan brand awareness dan membuat bisnis Anda lebih mudah dikenal oleh pelanggan.

5. Tentukan Harga yang Kompetitif

Menentukan harga yang kompetitif bisa dilakukan dengan riset produk sejenis dari kompetitor. Ada dua hal yang perlu Anda ingat dalam penentuan harga, yaitu:

  • Pastikan harga yang ditentukan tidak kurang dari biaya yang sudah dikeluarkan. 
  • Pastikan harganya tidak terlalu tinggi dari harga pasar. 

5. Gunakan Platform Penjualan Online

Gunakan platform penjualan online seperti Shopee atau Tokopedia untuk memasarkan produk skincare Anda. Platform seperti ini bisa membantu Anda menjangkau pelanggan yang lebih luas dan mempercepat penjualan produk. Pastikan Anda mengoptimalkan deskripsi produk dan gambar supaya pelanggan tertarik melakukan pembelian.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Bisnis Kosmetik Online dari Awal

6. Berikan Pelayanan Pelanggan yang Baik

Memberikan pelayanan yang baik dan responsif sangat krusial agar pelanggan merasa dihargai. Tidak ada satu pelanggan pun yang ingin pesannya dibalas dalam rentang waktu yang lama. Tentu Anda juga demikian, bukan? Itu sebabnya Anda perlu menanggapi keluhan atau pertanyaan pelanggan dengan cepat dan ramah. 

7. Bangun Relasi dengan Influencer atau Beauty Blogger

Bangun relasi dengan influencer atau beauty blogger yang memiliki banyak pengikut di media sosial akan membuat bisnis Anda makin dikenal. Ajak mereka berkolaborasi untuk membuat konten yang baru, segar, dan menarik. Hal ini bisa membantu meningkatkan brand awareness dan menarik minat pelanggan baru.

8. Jangan Lupa untuk Menguji Produk Anda

Buat Anda yang sudah bulat ingin membuat produk skincare sendiri, pastikan Anda telah melakukan uji coba berkali-kali supaya aman digunakan. Untuk melakukan proses satu ini Anda perlu mengeluarkan biaya uji lab sehingga produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Intinya semua produk yang Anda jual harus lulus standar BPOM. 

9. Berikan Penawaran Menarik untuk Pelanggan 

Berikan penawaran menarik untuk pelanggan seperti diskon, promo bundle, atau hadiah gratis lainnya. Hal ini bisa membantu meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk skincare Anda. Berikan juga berbagai program loyalty atau referral untuk meningkatkan kesetiaan para pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru.

Rekomendasi Jenis Skincare yang Paling Banyak Diminati

Jenis skincare yang paling banyak diminati oleh pelanggan pastinya akan terus berubah-ubah. Namun, ada beberapa jenis skincare yang selalu menjadi favorit pelanggan yang bisa Anda lihat berikut ini.

1. Cleanser

Cleanser merupakan produk skincare yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sisa makeup. Cleanser yang baik akan membantu menjaga kesehatan kulit wajah dan menghindari timbulnya masalah seperti jerawat atau komedo. Pelanggan biasanya akan memilih cleanser yang menggunakan bahan-bahan alami karena sangat lembut bagi kulit.

2. Serum

Serum adalah produk skincare yang diformulasikan untuk memberikan nutrisi dan kelembapan pada kulit wajah. Serum biasanya mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin C, asam hialuronat, atau niacinamide yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti penuaan atau hiperpigmentasi. 

Jika Anda ingin menjual serum maka ada baiknya untuk memberikan beberapa pilihan agar semua pelanggan bisa membeli produk yang sesuai dengan jenis kulit mereka. 

3. Moisturizer

Moisturizer juga tidak kalah populer di kalangan masyarakat. Pasalnya produk skincare satu ini mampu melembapkan kulit wajah dan mencegah kulit kering yang dapat mengakibatkan iritasi. Moisturizer biasanya mengandung bahan-bahan seperti glycerin, ceramides, atau hyaluronic acid yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. 

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Skincare Dengan Modal Kecil

4. Sunscreen

Anda pasti tahu bahwa cahaya sinar matahari di atas jam 10 pagi sangat berbahaya bagi kulit. Itu sebabnya masyarakat banyak membeli sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV tersebut. 

Sunscreen juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini, kanker kulit, hingga kerusakan kulit lainnya akibat paparan sinar UV. Anda perlu menyediakan sunscreen dengan kandungan SPF yang memenuhi kebutuhan dan tidak terlalu berat untuk kulit.

5. Exfoliator

Exfoliator adalah produk skincare yang digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Exfoliator dapat membantu membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan lembut. Pelanggan biasanya memilih exfoliator yang lembut untuk kulit dan tidak menyebabkan iritasi atau kemerahan pada kulit.

6. Face Mask

Face mask adalah produk skincare yang digunakan untuk memberikan perawatan ekstra pada kulit wajah. Face mask hampir sama seperti moisturizer, yakni dapat membantu menghidrasi kulit, mengurangi inflamasi, atau mengatasi masalah kulit tertentu. 

Baca Juga: Strategi Pemasaran yang Sukses untuk Produk Skincare: Tips dan Trik yang Perlu Anda Ketahui

7. Eye Cream

Eye cream mengacu kepada produk bisnis skin care yang diformulasikan khusus untuk perawatan area mata. Eye cream biasanya mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, atau peptida yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit pada area mata seperti kerutan atau lingkaran hitam. 

8. Toner

Kemudian ada toner yang banyak dibeli karena kegunaannya untuk menyeimbangkan pH kulit wajah setelah dibersihkan dengan cleanser. Pelanggan biasanya memilih toner yang memiliki bahan-bahan alami dan tidak mengandung alkohol yang dapat mengiritasi kulit.

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Skincare

Setelah mengtahui cara memulai bisnis skincare dan rekomendasi menjual produk skincare yang bisa Anda lakukan. Berikutnya terdapat beberapa cara untuk meningkatkan penjualan bisnis skincare agar semakin untung dan lebih dikenal oleh calon konsumen.

1. Membuat Website Toko Online

Dengan membuat website sendiri, Anda bisa menyusun tata letak dan fitur-fitur pada situs web Anda untuk mempermudah pelanggan saat berbelanja online. Sebuah situs web toko online yang baik harus memiliki halaman utama yang menarik, halaman produk yang jelas, dan proses checkout yang lancar.

Pastikan untuk mengisi situs web dengan informasi produk yang lengkap, seperti katalog produk skincare, serta berbagai metode pembayaran yang tersedia. Anda juga dapat mempromosikan situs web Anda melalui profil toko online marketplace atau media sosial.

2. Mendesain Kemasan Menarik dan Unik

Menambahkan identitas unik pada kemasan produk bisa Anda lakukan sebagai langkah meningkatkan penjualan. Anda dapat menempelkan stiker atau mencetak nama dan logo merek Anda pada kemasan produk secara menarik. Hal ini akan membantu pelanggan Anda mengenali brand Anda.

3. Membuat Foto atau Video Tutorial

Konten foto atau video tutorial berperan penting dalam strategi pemasaran skincare. Mengingat skincare adalah produk yang diterapkan langsung pada kulit wajah dan memerlukan langkah-langkah tertentu agar kandungannya efektif. Oleh karena itu, selain menjual produk, Anda dapat memberikan konten menarik dengan membuat video tutorial tentang cara penggunaan produk skincare yang Anda jual.

4. Menerapkan Strategi Digital Marketing

Terapkan pula berbagai strategi pemasaran seperti SEO, SEM, penawaran bundling produk, pemasaran afiliasi, pemasaran melalui media sosial, pengaturan harga, serta pemasaran dengan menggunakan influencer (baik yang berskala kecil, besar, sebagai duta merek, maupun pendukung merek). Pahami juga algoritma dari setiap platform penjualan yang Anda gunakan, seperti Shopee, Instagram, TikTok, dan lainnya, lalu manfaatkanlah strategi-strategi yang telah Anda rencanakan.

Jadi itu dia beberapa tips bisnis skincare yang bisa dipraktikkan dalam bisnis Anda. Jangan lupa untuk selalu menambahkan berbagai produk baru untuk mengikuti perkembangan zaman. Kemudian gunakan juga berbagai media online untuk membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan. 

Salah satunya ialah dengan membuat website berkualitas yang user-friendly. Belum punya? Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari ToffeeDev hari ini! Sebagai digital marketing agency yang tepercaya, ToffeeDev akan membantu bisnis Anda dalam mendesain website agar makin banyak pelanggan yang datang untuk membeli produk skincare

Keberadaan tim yang berpengalaman dan terampil dari ToffeeDev akan membantu Anda dalam membangun situs web yang SEO-friendly dan mengoptimalkan pemasaran secara online. Jangan ragu untuk menghubungi tim ToffeeDev hari ini untuk mendapatkan solusi terbaik bagi bisnis skincare Anda! 

Share this post :

Scroll to Top