Unicorn Adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Contohnya

unicorn adalah

Apa hal yang terlintas pertama kali ketika Anda mendengar kata unicorn? Sebagian orang mungkin akan mengkorelasikannya dengan makhluk mitologi, sebagaian lagi akan mengkorelasikannya dengan perusahaan startup besar, seperti Gojek dan Tokopedia.

Meskipun memiliki kata yang sama, tetapi istilah unicorn yang akan kita bahas kali ini adalah unicorn dalam arti perusahaan atau startup besar dengan nilai valuasi yang fantastis. Untuk menggali lebih jauh tentang pengertian, karakteristik, dan contoh dari perusahaan unicorn, mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Pengertian Unicorn

Unicorn adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perusahaan startup teknologi yang memiliki valuasi lebih dari satu miliar dolar AS. Unicorn biasanya didirikan oleh sekelompok pengusaha atau inovator yang menciptakan ide yang luar biasa dan mampu mengubah industri yang ada dengan cepat dan efektif.

Pada awalnya, istilah unicorn hanya dikenal oleh kalangan investor dan pebisnis teknologi, tetapi kini telah menjadi populer di kalangan masyarakat umum karena keberhasilannya dalam menghasilkan nilai lebih tinggi daripada perusahaan-perusahaan konvensional.

Karakteristik Unicorn

Perusahaan unicorn memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari perusahaan lain. Berikut adalah empat karakteristik dari perusahaan unicorn:

1. Adanya Inovasi

Unicorn ditandai dengan kemampuannya untuk menciptakan ide-ide inovatif dan mengubah industri yang ada. Mereka mampu memecahkan masalah yang sulit dan menemukan cara baru untuk menghasilkan pendapatan. Inovasi menjadi kunci keberhasilan unicorn karena mampu membuat mereka tetap kompetitif dan relevan dalam industri yang terus berubah.

2. Berfokus pada Pelayanan Konsumen

Unicorn juga dikenal memiliki fokus yang kuat pada pelayanan konsumen. Mereka memahami pentingnya memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan tepat. Hal ini menjadi kunci keberhasilan unicorn karena mampu membangun loyalitas pelanggan yang kuat dan meningkatkan nilai merek mereka.

Baca Juga: Memulai Karir di Digital Marketing

3. Mengembangkan Teknologi

Unicorn cenderung memanfaatkan teknologi terbaru dan mengembangkannya lebih jauh lagi. Mereka memahami potensi teknologi dalam menciptakan produk dan layanan yang lebih baik dan efektif. Selain itu, unicorn juga mampu mengoptimalkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam bisnis mereka.

4. Kepemilikan Pribadi

Kepemilikan pribadi menjadi ciri khas unicorn karena mereka tidak terdaftar di bursa saham atau tidak terpengaruh oleh pasar saham. Hal ini memberikan kebebasan kepada unicorn untuk mengambil keputusan jangka panjang yang lebih berorientasi pada nilai, bukan hanya berfokus pada keuntungan jangka pendek. Kepemilikan pribadi juga memungkinkan para pendiri unicorn untuk mempertahankan kendali atas arah dan strategi bisnis mereka.

banner

Contoh Unicorn

Berikut ini adalah beberapa contoh unicorn yang saat ini menguasai pasar Indonesia:

1. Lazada (2013)

Lazada merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara. Lazada didirikan pada tahun 2012 dan sejak saat itu telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbesar di pasar Indonesia.

2. Grab (2014)

Grab adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada transportasi dan layanan pengiriman. Grab didirikan pada tahun 2012 sebagai MyTeksi dan kemudian berganti nama menjadi Grab pada tahun 2014. Saat ini, Grab merupakan salah satu unicorn terbesar di Asia Tenggara.

3. Garena (2015)

Garena adalah perusahaan game online yang memiliki kantor pusat di Singapura. Garena didirikan pada tahun 2009 oleh Forrest Li dan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbesar di Asia Tenggara.

4. Gojek (2016)

Gojek merupakan platform transportasi dan layanan on-demand terbesar di Indonesia. Gojek didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim dan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga: 7 Start-up Baru di Indonesia

5. Tokopedia (2017)

Tokopedia adalah platform e-commerce terbesar di Indonesia. Tokopedia didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbesar di Asia Tenggara.

6. OVO (2019)

OVO adalah platform pembayaran digital yang berkantor pusat di Indonesia. OVO didirikan pada tahun 2017 dan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbesar di Indonesia.

7. Gopay (2020)

Gopay adalah platform pembayaran digital yang merupakan bagian dari Gojek. Gopay didirikan pada tahun 2016 dan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbesar di Asia Tenggara.

8. Kopi Kenangan (2021)

Kopi Kenangan adalah waralaba minuman kopi yang didirikan pada tahun 2017 oleh Edward Tirtanata dan James Prananto. Kopi Kenangan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbaru di Indonesia.

Baca Juga: Apa Itu Decacorn?

9. Carsome (2021)

Carsome adalah platform jual-beli mobil bekas yang berkantor pusat di Malaysia. Carsome didirikan pada tahun 2015 dan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbesar di Asia Tenggara.

10. Kredivo (2022)

Kredivo adalah platform pinjaman online yang berkantor pusat di Indonesia. Kredivo didirikan pada tahun 2016 dan telah tumbuh menjadi salah satu unicorn terbaru di Indonesia.

Perbedaan Unicorn dan Perusahaan Biasa

Perbedaan utama antara perusahaan unicorn dan perusahaan biasa adalah dalam hal pertumbuhan dan valuasi.

Unicorn adalah perusahaan swasta yang belum terdaftar di bursa saham yang memiliki valuasi minimal 1 miliar dolar AS. Perusahaan ini biasanya didirikan oleh pengusaha muda dengan ide-ide inovatif dan potensi untuk pertumbuhan yang sangat cepat. Contoh perusahaan unicorn di Indonesia termasuk Gojek, Tokopedia, dan Bukalapak.

Sementara itu, perusahaan biasa adalah perusahaan yang biasa dikenal sebagai perusahaan publik atau terdaftar di bursa saham. Valuasi perusahaan biasa biasanya jauh lebih rendah daripada perusahaan unicorn dan pertumbuhan perusahaan ini lebih stabil dan lambat.

Selain itu, perusahaan unicorn cenderung mengutamakan pengembangan teknologi dan inovasi dalam bisnisnya, sedangkan perusahaan biasa cenderung lebih fokus pada pengembangan produk dan layanan. Perusahaan unicorn juga sering kali menggunakan model bisnis baru yang belum teruji, sedangkan perusahaan biasa cenderung mempertahankan model bisnis yang telah terbukti berhasil.

Dalam hal pendanaan, perusahaan unicorn biasanya mendapatkan pendanaan awal dari investor swasta seperti perusahaan modal ventura, sedangkan perusahaan biasa mendapatkan pendanaan dari investor publik yang membeli saham di bursa saham.

Kesimpulan

Kebanyakan perusahaan unicorn adalah perusahaan teknologi yang mengandalkan penggunaan internet dan teknologi digital dalam bisnisnya. Oleh karena itu, mereka sangat tergantung pada strategi pemasaran digital untuk memperkenalkan merek mereka kepada calon pelanggan.

Perusahaan unicorn biasanya menggunakan berbagai saluran pemasaran digital, seperti media sosial, iklan daring, pemasaran email, dan pemasaran konten untuk mencapai audiens yang lebih luas. Mereka juga menggunakan data dan analitik untuk memahami perilaku konsumen dan menciptakan kampanye pemasaran yang efektif.

Selain itu, perusahaan unicorn juga menggunakan strategi pemasaran yang inovatif dan kreatif untuk membedakan diri dari pesaing mereka. Contohnya, Gojek dan Grab menggunakan influencer marketing dan sponsorship sebagai strategi pemasaran mereka, sementara Tokopedia menggunakan kampanye iklan yang mempromosikan kewirausahaan dan kreativitas.

Jadi, strategi pemasaran yang efektif dan inovatif merupakan faktor penting yang membantu perusahaan mencapai pertumbuhan dan sukses yang cepat dalam waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, Anda bisa mulai membangun bisnis yang bertumbuh sekarang juga dengan memanfaatkan Digital Marketing Agency Indonesia seperti ToffeeDev untuk menyusun strategi pemasaran yang jitu dan aplikatif.

Sebagai salah satu Digital Marketing Agency Indonesia di Jakarta, ToffeeDev siap membantu Anda dalam mengembangkan situs, dan membantu Anda untuk merencanakan dan menerapkan strategi Digital Marketing terbaik yang tepat sasaran, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Mulailah mendigitalkan bisnis Anda bersama ToffeeDev, sebelum pesaing bisnis Anda yang melakukannya.

Share this post :

Scroll to Top