10 Cara Bersaing Sehat dalam Bisnis di Era Digital

Cara Bersaing Sehat dalam Bisnis

Berbagai kemudahan yang ditawarkan era digital membuat persaingan bisnis menjadi makin ketat. Siap atau tidak, hal itu adalah sesuatu yang sudah pasti terjadi. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum memberikan perhatian terhadap perkembangan bisnis di dunia digital. Akibatnya, banyak yang mengalami penurunan bahkan kebangkrutan karena tidak bisa bertahan dalam ketatnya persaingan. 

Sebenarnya, seperti apa persaingan bisnis di dunia digital? Lalu, bagaimana cara bersaing sehat dalam bisnis digital? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Persaingan Bisnis di Era Digital

Kemajuan teknologi digital memengaruhi cara berpikir masyarakat, termasuk ketika menjalankan bisnis. Tidak heran jika persaingan bisnis pun makin ketat. Orang berlomba-lomba memaksimalkan teknologi digital untuk bisa bertahan dalam persaingan tersebut.

Itulah mengapa strategi bisnis sangat diperlukan, karena bisnis bukan hanya perkara menjual suatu produk, tetapi juga menjadi yang paling unggul di antara banyak persaingan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Masih banyak cara bersaing sehat dalam bisnis digital tanpa harus saling menjatuhkan.

10 Cara Bersaing Sehat dalam Bisnis di Era Digital

Ketakutan akan kegagalan bisnis bisa membuat siapa pun rela melakukan apa saja demi menyelamatkan bisnis. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang sehat. Berikut beberapa cara bersaing sehat dalam bisnis di era digital:

1. Gunakan Kekuatan Media Sosial

Gunakan Kekuatan Social Media

Cara pertama agar bisa bersaing sehat dalam bisnis tentu saja dengan memanfaatkan media sosial, contohnya Twitter, Instagram, dan TikTok. Ciptakan konten-konten yang relevan dengan produk dan kebutuhan target pelanggan Anda, sehingga mereka pun tertarik untuk follow akun Anda.

Namun, jangan hanya fokus pada promosi, manfaatkan juga media sosial untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Misalnya dengan membalas komentar mereka atau me-repost konten yang men-tag akun bisnis Anda. Dengan cara ini, konsumen pun akan merasa diperhatikan dan dihargai.

2. Maksimalkan Digital Marketing

Kedua, untuk melengkapi penggunaan media sosial, tentu Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan Digital Marketing sebagai strategi promosi. Di sini, Anda bisa memakai jasa agensi digital profesional seperti ToffeeDev bila tidak terlalu memahami Digital Marketing. Dengan Digital Marketing, Anda bisa melakukan promosi secara lebih menyeluruh di dunia digital, mulai dari optimasi website, SEO, hingga pemasangan ads.

Baca juga: Mengenal Persaingan dalam Dunia Bisnis dan Manfaatnya

3. Manfaatkan Teknologi untuk Transaksi Bisnis

Teknologi menjadi hal yang sangat wajib diadopsi oleh setiap pebisnis di era digital. Karenanya, Anda harus bisa memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mempermudah operasional bisnis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan transaksi bisnis. Misalnya dengan menyediakan banyak metode pembayaran agar pelanggan bisa membeli produk Anda dengan mudah dan praktis.

4. Terus Lakukan Inovasi

Di era digital seperti sekarang, inovasi menjadi kunci yang sangat penting untuk tetap bertahan dalam persaingan. Segalanya bergerak dengan sangat cepat. Jadi, sudah seharusnya Anda juga bergerak cepat dan terus melakukan inovasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Jika Anda tidak melakukan inovasi, bisa saja bisnis Anda terancam tidak bertahan karena kalah dari kompetitor.

Baca juga: Mengenal Istilah Lead Generation dalam Digital Marketing

5. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Pelayanan terbaik tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis di era digital. Memberikan pelayanan terbaik bisa menjadi salah satu cara untuk menarik hati konsumen dan membuat mereka loyal. Tentunya selain melihat kualitas produk, konsumen juga akan senang dengan pelayanan terbaik. Ini bisa menjadi keunggulan bisnis Anda dari kompetitor.

6. Gunakan Website yang Menarik

Gunakan Website yang Menarik

Bisnis digital memerlukan media yang menarik untuk melakukan promosi. Nah, dengan website, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan menarik perhatian. Website bisa menjadi media untuk melakukan branding sekaligus pengenalan produk bisnis. Tampilan yang menarik akan membuat konsumen senang berlama-lama dalam website Anda. 

Jasa SEO

7. Tampilan yang Mobile Friendly

Saat ini, hampir semua orang memiliki ponsel, mulai dari anak kecil sampai orang tua. Penggunaan ponsel juga bisa menjadi strategi yang bagus untuk melakukan promosi. Pastikan konten yang Anda buat sudah bersifat mobile friendly, sehingga bisa dilihat dengan baik melalui ponsel. Ini akan membuat promosi makin efektif karena pasti orang-orang akan lebih sering berselancar di media sosial memakai ponsel mereka. 

Baca juga: 5 Hal Baru Yang Bisa Anda Pelajari Dari Perubahan Era Digital

8. Tunjukan Keunikan pada Produk Anda

Selanjutnya, untuk bisa bersaing sehat dalam bisnis, Anda bisa fokus pada produk yang Anda jual. Tunjukkanlah keunikan produk tersebut agar konsumen tertarik untuk membelinya. Keunikan inilah yang menjadi pembeda dari produk kompetitor. Jadi, meskipun banyak yang menjual produk sejenis, tetapi jika Anda memiliki keunikan yang menonjol, konsumen pasti akan lebih tertarik dengan produk Anda dibanding kompetitor.

9. Analisis Peluang Adanya Kolaborasi

Analisis Peluang Adanya Kolaborasi

Tidak selamanya persaingan berjalan sendiri-sendiri. Anda justru bisa merangkul kompetitor untuk berkolaborasi. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak karena sama-sama punya peluang bertumbuh dan berkembang. Kolaborasi juga merupakan ciri bahwa persaingan bisa berubah jadi kerja sama yang menguntungkan. 

10. Pahami Keadaan Persaingan Bisnis

Terakhir, Anda juga harus memahami situasi dan kondisi dalam persaingan bisnis. Anda bisa melakukannya dengan cara memeriksa keadaan pasar. Perhatikanlah inovasi apa yang sedang dilakukan oleh kompetitor. Kemudian, lihat juga apa yang terlewat oleh kompetitor dan manfaatkan hal tersebut untuk menyediakannya lewat bisnis Anda.

Itulah sepuluh cara bersaing sehat dalam bisnis di era digital yang bisa Anda lakukan. Pada dasarnya, Anda harus mengikuti ritme kemajuan teknologi agar bertahan dalam dunia bisnis. Hal ini bisa dimulai dengan penerapan Digital Marketing dan pembuatan website.Jika Anda tidak terlalu memahami kedua hal tersebut, ToffeeDev memberikan layanan Digital Marketing yang tepat sasaran dan pembuatan website yang menarik.  Segera hubungi ToffeeDev segera dan mari bekerja sama untuk mengembangkan bisnis Anda agar bertahan dalam persaingan di era digital!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat