Cari Tahu Cara Jadi Selebgram

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Akhir-akhir ini, istilah selebgram menjadi sangat populer. Selebgram bahkan menjadi “profesi” yang banyak diimpikan generasi muda. Bukan tanpa sebab, menjadi selebgram bisa mengantarkan Anda pada ketenaran dan kekayaan. Terlebih, pekerjaan selebgram tampaknya mudah dijalani; take foto, upload foto, endorsement, dan pundi-pundi uang pun mengalir. Terdengar menggiurkan, bukan? Lalu bagaimana cara jadi selebgram?

Namun, meski kesannya mudah dijalani, profesi selebgram tentu memiliki tantangannya sendiri. Tidak semua selebgram bisa langsung memasang tarif tinggi untuk setiap konten atau endorsement. Kebanyakan bahkan merintis dari nol, tanpa modal dan pengalaman apa pun. 

Cara Jadi Selebgram

Jika Anda memang tertarik untuk menjadi selebgram, simak ulasan mengenai cara jadi selebgram berikut ini.

1. Bangun personal branding

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun personal branding. Tentukan image seperti apa yang ingin Anda tampilkan sebagai selebgram. Usahakan untuk membuat branding diri yang mudah diingat dan bisa langsung dikenali oleh audiens. Anda tidak harus menjadi orang lain saat membangun personal branding. Pikirkan apa kira-kira keunikan yang Anda miliki. Siapa tahu hal tersebut bisa menjadi poin khusus untuk menarik perhatian audiens.

2. Menentukan target market

Setelah personal branding, Anda juga harus menentukan target market atau dalam hal ini target audiens. Bayangkan siapa saja kira-kira yang tertarik dengan konten Anda. Perkirakan berapa usia audiens Anda nantinya.

Mengapa ini menjadi cara jadi selebgram yang penting diperhatikan? Menentukan target audiens akan membantu Anda dalam merancang konsep konten. Katakanlah Anda ingin menjadi selebgram kecantikan dengan target perempuan usia 20-an. Tentu bahasa yang digunakan pada caption dan copywriting pun harus menyesuaikan. 

3. Kreatif dalam merancang konten

Inilah jantung bagi para selebgram; konten. Tanpa adanya konten, selebgram tidak bisa disebut sebagai selebgram. Konten yang dibuat seorang selebgram bahkan harus bisa tampil menonjol jika dibandingkan dengan user lainnya.

Untuk itu, para selebgram dituntut selalu kreatif. Konten yang monoton dan itu-itu saja tentu akan membuat audiens merasa jengah. Anda bisa memanfaatkan hal-hal yang sedang viral untuk menarik perhatian. Konten yang relatable seperti kehidupan sehari-hari juga bisa mendapat atensi lebih. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan target audiens Anda. 

Baca Juga : Strategi Sukses Untuk Kreator Konten Digital

4. Maksimalkan engagement

Selain jumlah followers, cara jadi selebgram yang sukses juga memperhatikan engagement mereka. Semakin tinggi nilai engagement seorang selebgram, maka semakin tinggi pula kemungkinannya untuk mendapat tawaran endorsement.

Ada banyak cara untuk meningkatkan endorsement. Anda bisa memancing followers untuk berkomentar atau memencet tombol like lewat caption. Jangan pelit juga untuk melakukan interaksi dengan followers. Interaksi yang baik dengan followers akan membantu Anda untuk memiliki basis yang kuat sebagai selebgram.

Baca Juga : 5 Langkah Membuat Plan Konten Instagram yang Optimal

5. Atur waktu posting

Konsisten menjadi kunci penting dalam cara jadi selebgram. Post konten secara rutin. Lebih baik lagi jika Anda membuat jadwal waktu posting, misalnya tiga kali dalam satu minggu. Anda juga bisa mengatur waktu posting sesuai dengan prime time untuk mengakses media sosial. Misalnya, waktu makan siang (antara pukul 11-13 siang) atau waktu istirahat malam (antara pukul 19-21 malam).

6. Selektif dalam melakukan endorsement

Jika pada akhirnya Anda mendapatkan tawaran endorsement, usahakan untuk tetap selektif. Ingat, produk yang Anda endorse akan mempengaruhi persona yang telah dibangun. Pastikan produk yang Anda pilih memang sesuai dengan personal branding Anda.

Tetapkan aturan terkait endorsement tersebut sedari awal. Jangan ragu untuk menolak jika produk yang ditawarkan menyalahi aturan yang Anda buat. Lebih baik menolak daripada reputasi Anda tercoreng karena salah memilih produk endorsement.
Itulah pembahasan mengenai cara jadi selebgram. Bagaimana, sudah siap untuk menjadi selebgram tanah air? Jika dilihat sekilas mungkin memang terasa berat. Namun, Anda tidak akan tahu jika belum mencoba terlebih dulu. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post