4 Cara Membangun Backlink yang Baik dan Tepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Adakah cara membangun backlink yang baik dan tepat? Istilah backlink sering terdengar berdampingan dengan SEO atau Search Engine Optimization. Namun, tidak sedikit orang yang mengetahui apa itu backlink ataupun cara membangun backlink yang baik dan tepat untuk website mereka, mungkin termasuk Anda salah satunya. 

Jika saat ini Anda berpikir bahwa link yang terpasang dalam konten-konten yang ada di seluruh website, maka jawabannya setengah betul dan setengah salah. Ada beberapa di antara link tersebut yang bisa jadi merupakan internal link dan ada juga yang merupakan backlink. Jadi, apa sesungguhnya backlink itu dan bagaimana cara membangunnya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Backlink

Backlink merupakan link yang terpasang pada sebuah blog atau website dan link tersebut diarahkan kepada halaman website bisnis Anda. Tujuan utama dari dilakukannya backlink ini adalah untuk meningkatkan traffic website dan memberikan pengunjung organik untuk website Anda. Oleh karena itu, untuk membangun backlink tidak boleh asal.

Backlink perlu dibangun dengan baik dan tepat dikarenakan beberapa hal berikut:

  • Google akan melakukan crawling tidak hanya langsung dari website Anda tetapi juga dari backlink-backlink yang mengarah kepada website tersebut
  • Backlink dapat membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas website Anda
  • Terakhir, tentu saja backlink dapat meningkatkan traffic website sehingga peluang Anda untuk meningkatkan bisnis dengan strategi digital marketing menjadi lebih efektif

Bagaimana Cara Membangun Backlink yang Tepat?

Untuk membangun backlink yang baik dan tepat, ada 5 cara yang dapat Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Buat Konten yang Berkualitas

Konten merupakan poin utama dalam membangun backlink. Anda harus menempatkan backlink pada konten-konten yang berkualitas. Kualitas konten dapat dilihat dari relevansi konten dengan backlink yang ditempatkan. Selain itu, apakah konten bersifat informatif dan edukatif juga harus menjadi pertimbangan dalam membangun backlink.Jasa SEO

2. Gunakan Analytic Tools Backlink

Dalam membangun backlink, Anda dapat menggunakan analytic tools seperti SEMrush atau Ahrefs. Mengapa Anda membutuhkan analytic tools untuk membangun backlink? Karena analytic tools dapat membantu Anda dalam menemukan blog atau website dengan reputasi yang tinggi dalam membangun backlink.

Baca Juga: Tools SEO Backlink Dengan Data Paling Besar Untuk Indonesia

3. Memanfaatkan Content Sharing Platform

Selain menggunakan website atau blog individual atau perusahaan, Anda juga bisa memanfaatkan content sharing platform seperti Kompasiana, Hipwee, Kaskus, hingga Reddit. Hal yang perlu dilakukan untuk dapat menggunakan content sharing platform ini sama dengan meletakkan backlink pada website atau blog lainnya. Anda hanya perlu membuat sebuah konten baru dan di-publish pada content sharing platform yang ingin dituju. Tidak lupa juga untuk menyisipkan backlink di dalam konten tersebut.

Baca Juga: Content Marketing Strategy di Search Engine

4. Melakukan Guest Blogging

Metode yang digunakan untuk melakukan guest blogging juga masih mirip dengan content sharing platform. Anda sudah menyiapkan artikel namun tidak untuk di-publish dalam website sendiri melainkan untuk diterbitkan dalam website atau blog orang lain. Sebagai catatan, Anda perlu memilih website atau blog dengan traffic yang tinggi agar backlink dapat menjadi lebih efektif.

Itulah 4 cara membangun backlink yang baik dan tepat yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Namun, jika Anda masih kurang memahami mengenai strategi SEO dan juga backlink, silakan gunakan Jasa SEO berpengalaman untuk dapat menangani dan mengembangkan website bisnis saat ini. Untuk itu, hubungi Toffeedev sekarang juga yang merupakan Digital Marketing Agency berpengalaman di bidang SEO dan kami siap untuk membantu dalam mengembangkan bisnis Anda di dunia digital dengan strategi SEO dan backlink yang baik dan juga tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post