Seperti Inilah Cara Membuat Hashtag Untuk Media Sosial Bisnis Anda

cara membuat hashtag

Media sosial menjadi salah satu medium yang digunakan dalam pemasaran berbagai macam produk dan jasa. Kemampuannya untuk menjangkau target audiens yang luas menjadi alasan mengapa ada banyak brand yang ingin memaksimalkannya. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut, hashtag adalah sesuatu yang ingin Anda kuasai. Ketahui bagaimana cara membuat hashtag di Instagram dan berbagai media sosial untuk bisnis yang Anda miliki bisa berkembang menjadi lebih jauh lagi. Yuk, mari kita mulai mempelajari hal yang satu ini.

Cara Membuat Hashtag Di Instagram dan Media Sosial Lain yang Patut Anda Coba

cara membuat hashtag yang ampuh

Dalam setiap postingan konten foto dan video yang ada di Instagram atau media sosial lainnya, pasti akan ditemani oleh caption dan juga hashtag. Kita pasti paham jika caption memiliki fungsi sebagai keterangan tambahan yang bisa kita berikan untuk memperjelas maksud dari sebuah konten. Namun, apa itu hashtag dan apa kegunaanya?

Pengertian Hashtag

Hashtag adalah kata atau frase yang didahului dengan simbol “#” atau biasa kita sebut dengan nama tanda pagar/tagar. Dalam media sosial, hal ini berfungsi sebagai indikasi bagi pengguna dan algoritma bahwa sebuah konten akan terkait dengan topik atau kategori tertentu.

Fungsi Hashtag 

Hashtag akan membantu membuat konten bisa ditemukan pengguna Instagram dan media sosial lainnya dalam pencarian dengan mudah. Serta membantu dengan efektif untuk menjangkau lebih banyak orang. Orang-orang yang tertarik akan sebuah topik, menggunakan hastag yang relevan dengan konten yang ingin mereka temukan. Algoritma akan mengelompokan dan kemudian menyarankan berbagai konten yang menggunakan hashtag tersebut kepada orang yang mencarinya. Mempermudah pengguna mencari konten-konten yang mereka sukai.

Baca Juga: Cara Riset Hashtag Instagram dengan Mudah untuk Meningkatkan Penjualan

Sejarah Penggunaan Hashtag

Simbol tanda pagar yang juga disebut octothorpe pada awalnya digunakan untuk menandai angka. Penggunaan tagar sebagai simbol pada hashtag bermuka pada musim panas 2007 oleh Chris Messina. Saat itu, spesialis pemasaran web ini masuk ke kantor Twitter dengan sebuah ide. Karena twitter adalah platform yang ringkas, dia menyarankan agar perusahaan mulai menggunakan hashtag untuk mengelompokkan Tweet yang saling terkait dalam satu kategori.

Ini adalah penggunaan hashtag untuk pertama kalinya. Sejak saat itu, penggunaan hashtag, menunjukkan bahwa sebuah konten akan memiliki jangkauan dan efektivitas yang makin meningkat. Hashtag adalah cara untuk menghubungkan konten media sosial ke topik, acara, tema, atau percakapan tertentu. Bahkan penggunaan fitur ini tidak hanya untuk Twitter saja. Hashtag telah menjadi strategi efektif yang bisa digunakan pada platform media sosial lainnya. 

Jasa SEO

Dasar-dasar Dalam Membuat Hashtag yang Ampuh

Jika ingin membuat hashtag yang bisa memberikan manfaat berguna pada bisnis Anda, maka ada beberapa hal yang harus diikuti. Perhatikan hal-hal yang ada di bawah ini.

  • Hashtag akan dimulai dengan tanda “#” atau simbol pagar, tetapi tidak akan berfungsi jika Anda menggunakan spasi, tanda baca, atau simbol.
  • Pastikan akun Anda bersifat publik agar orang-orang bisa melihat postingan di akun Anda. Jika di privat, maka orang-orang akan sulit untuk membangun engagement dengan bisnis Anda.
  • Hindari merangkai kata terlalu panjang untuk hashtag Anda. Jika menginginkan hasil yang terbaik, maka akan lebih baik menggunakan kalimat yang cenderung pendek dan mudah diingat.
  • Gunakan hashtag yang relevan dan spesifik. Jika terlalu luas, maka akan sangat sulit untuk ditemukan dan kemungkinan besar tidak akan digunakan oleh pengguna media sosial lainnya.
  • Jangan terlalu serakah menggunakan hashtag . Lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik. Malah akan terlihat seperti spam yang mengganggu

Baca Juga: Hashtag Marketing, Strategi Bermanfaat Untuk Bisnis Anda

Tips Dalam Membuat Hashtag

tips membuat hashtag

JIka Anda ingin menciptakan hashtag yang efektif untuk membantu bisnis Anda, maka beberapa cara di bawah ini akan bisa membantu Anda.

1. Belajar Dari Kompetitor

Selain sebagai saingan, kompetitor juga menjadi contoh terdekat bagi bisnis Anda untuk bisa belajar cara terbaik dalam melakukan banyak hal. Mulai dengan melakukan analisis terhadap para pesaing di media sosial. Kumpulkan berbagai informasi mengenai pesaing dan influencer yang relevan dalam niche dari brand Anda. Perhatikan hashtag mana yang paling sering mereka gunakan dan berapa banyak hashtag yang mereka gunakan di setiap postingan mereka. Anda akan bisa mempelajari strategi mereka dan mengadaptasinya untuk bisnis Anda.  

Baca Juag: 5 Cara Riset Hashtag Instagram dengan Tepat

2. Riset Hashtag yang Sedang Trending

Menggunakan hashtag yang sedang trending bisa membantu agar konten Anda bisa masuk dalam pembicaraan yang sedang terjadi. Membantu dalam mengekspos brand ke masyarakat yang lebih luas. Untuk mengetahui hashtag mana yang sedang trending, Anda bisa melakukan riset di platform media sosial atau menggunakan tools tertentu.

3. Gunakan Social Media Listening Tool

Social listening tools akan memberitahu Anda mengapa para pelanggan mengatakan hal-hal tertentu tentang atau terkait dengan brand Anda di media sosial. Tools ini akan melakukan pemantauan profil media sosial Anda baik untuk feedback pelanggan, mention mengenai brand Anda, dan percakapan apa pun dengan kata kunci, topik, pesaing, atau industri yang relevan. Dengan begitu Anda akan bisa menemukan hashtag mana yang bisa dengan efektif membantu bisnis Anda.

Baca Juga: 18 Rekomendasi Social Listening Tools yang Cocok Untuk Bisnis Anda

4. Temukan Related Hashtag

Jika sudah menemukan hashtag mana yang ingin Anda gunakan, maka ada baiknya mulai menggunakan hashtag-hashtag yang berhubungan dengan hashtag utama Anda. Hal ini bisa ditemukan dengan mudah di platform media sosial yang Anda gunakan.

5. Analisis Hashtag Terdahulu

Satu tips mudah yang selalu bisa Anda andalkan adalah dengan melacak hashtag mana yang Anda gunakan di postingan sebelumnya. Analisis postingan mana yang paling populer, lalu lihat apakah ada tren untuk hashtag yang sebelumnya pernah digunakan. Jika beberapa postingan populer Anda selalu berisi beberapa kumpulan hashtag yang sama, pastikan untuk menyertakannya di postingan Anda selanjutnya.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Hashtag Social Media Untuk Menarik Audiens

Mengapa Harus Menggunakan Hashtag?

mengapa harus menggunakan hashtag

Ada banyak alasan baik mengapa hashtag bisa menjadi cara bagi bisnis Anda untuk bisa berkembang menuju level selanjutnya. Perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Membantu Dalam Meningkatkan Engagement 

Menyertakan hashtag pada postingan, akan bisa membantu Anda untuk bisa ikut serta dalam percakapan yang terjadi di platform media sosial tersebut. Sekaligus membantu agar posting Anda bisa terlihat dalam percakapan itu. Makin banyak yang melihat dan sadar akan postingan Anda, maka semakin besar pula keterlibatan yang didapatkan. Engagement akan bisa didapatkan oleh media sosial brand melalui like, share, komentar, dan pengikut baru.

2. Membangun Brand Awareness

Membuat hashtag khusus untuk brand bisa menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis dan mendorong terjadinya percakapan. Branded hashtag yang terlihat khusus bisa membantu dalam usaha membangun kesadaran akan kehadiran sebuah brand.

Baca Juga: Pilihan Strategi Marketing Kreatif Untuk Brand Awareness

3. Menyatakan Dukungan Untuk Isu yang Sedang Terjadi

Media sosial menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk membicarakan berbagai macam isu. Baik isu sosial, kejadian penting, hingga tragedi. Brand akan bisa memanfaatkan hashtag sebagai cara untuk menyampaikan dukungan mengenai hal yang terjadi. 

4. Menambahkan Konteks untuk Postingan Anda

JIka caption belum cukup untuk bisa menyampaikan inti dari postingan Anda. Maka cara paling simpel untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan hashtag. Sehingga Anda tidak akan perlu lagi menuliskan caption super panjang agar orang-orang bisa menyadari konteks dari postingan Anda.

5. Mempermudah Target Audiens Menemukan Anda

Jika Anda merasa para target audiens akan kesulitan untuk menemukan konten yang Anda sajikan, maka hashtag adalah cara yang baik agar mereka bisa mencari konten-konten Anda. Hal ini juga bisa dalam membantu orang-orang baru mengenal bisnis Anda jika mereka memiliki ketertarikan akan hashtag-hashtag yang Anda gunakan.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Mengenal Target Audiens Kamu

Itulah berbagai tips mengenai cara membuat hashtag untuk media sosial Anda. Untuk membantu bisnis Anda berkembang lebih baik, maka segera hubungi digital marketing agency ToffeeDev. Kami siap membawa bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi promosi yang efektif. Kunjungi website kami untuk mendapatkan berbagai informasi berguna yang bermanfaat untuk bisnis Anda kedepannya.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat