Bagaimana Cara Membuat Instagram Bisnis Menarik? Pelajari Semuanya Di Sini!

Siapa yang tidak mengenal aplikasi social media Instagram? Mungkin sudah hampir semua orang yang ada di dunia ini mengetahui aplikasi Instagram. Kita juga tahu bahwa saat ini, aplikasi Instagram tidak hanya digunakan untuk media bersosialisasi saja, melainkan sudah bertambah fungsi yang lain. Saat ini Instagram digunakan sebagai aplikasi untuk memasarkan bisnis yang dimiliki oleh seseorang atau sebuah perusahaan. Meskipun terbilang baru, namun sudah ada banyak strategi yang dapat Anda aplikasikan pada akun instagram bisnis Anda. Bahkan jasa untuk memasarkan produk bisnis Anda di Instagram juga sudah ada dan bisa Anda gunakan. Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri, penjelasan berikut ini bisa menjadi salah satu cara yang dapat Anda ikuti untuk membuat akun instagram bisnis Anda menarik. 

Dengan semakin banyak orang yang menggunakan Instagram, membuat pasar bisnis yang ada di dalam Instagram sangat besar dan bisa Anda manfaatkan. Faktanya, memasuki tahun 2021 ada lebih dari 1 milyar orang yang aktif menggunakan Instagram. Menurut Napoleon Cat, sekitar 91 juta orang dari 1 milyar orang adalah jumlah pengguna aktif di Indonesia yang terhitung dari bulan Oktober. Oleh karena itu menggunakan aplikasi Instagram untuk membangun bisnis Anda merupakan pilihan yang tepat. Baik yang sudah lama membangun bisnis atau pun yang baru saja ingin membangun bisnisnya, Instagram dapat menjadi salah satu media efektif untuk memasarkan produk Anda. Namun tentu saja saat Anda membuat akun Instagram untuk bisnis, Anda tidak akan membiarkannya begitu saja tanpa konten dan desain yang menarik. 

Jika Anda membiarkannya, penggunaan Instagram yang sebenarnya efektif jadi tidak menghasilkan apapun bagi bisnis Anda. Anda harus membuat akun Instagram Anda menjadi akun yang menarik, agar setiap orang yang berkunjung ke akun Instagram Anda jadi tertarik dan akhirnya membeli produk Anda. Jangan salah, meskipun produk yang Anda jual berguna dan dibutuhkan tetapi apabila tidak dikemas dan dipasarkan dengan cara yang menarik, penjualan produk Anda tidak akan maksimal. Jadi bagaimana cara membuat akun Instagram bisnis Anda menjadi terlihat menarik bagi konsumen? Simak penjelasan berikut sampai selesai untuk menemukan jawabannya! Namun sebelumnya untuk kembali menyegarkan ingatan Anda atau untuk memberitahu Anda yang baru mengenal aplikasi Instagram, kita akan kembali berkenalan dengan Instagram bisnis itu sendiri. 

Mengenal Instagram Bisnis

Jadi apa itu Instagram bisnis? Instagram bisnis bukan hanya sebuah terminologi yang digunakan untuk menyebutkan akun Instagram yang digunakan untuk berbisnis. Namun Instagram bisnis adalah salah satu tipe akun profesional yang sudah disediakan oleh Instagram. Instagram bisnis pasalnya memang dikhususkan bagi mereka yang ingin membuka bisnisnya di Instagram. Fitur-fitur yang ada di dalam Instagram bisnis juga berbeda dengan tipe akun instagram yang personal. Fitur yang ada tentu saja telah dibuat khusus untuk membantu memudahkan melihat analisis dari bisnis Anda, misalnya pada bagian Insights. Berikut penjelasan fitur yang dapat Anda gunakan:

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Biaya Instagram Ads untuk Promosi Bisnis Anda!

Fitur Instagram Bisnis yang Dapat Anda Gunakan

Adapun dalam penggunaan aplikasinya, Instagram telah menyediakan banyak fitur yang diharapkan dapat membantu memudahkan penggunanya melihat informasi akun dan juga audience mereka. Berikut penjelasan dari fitur-fitur yang dapat Anda gunakan:

1. Kategori Bisnis

Fitur kategori bisnis pada tipe akun bisnis dapat Anda gunakan untuk memberitahukan siapa pun yang berkunjung pada akun Instagram Anda, bahwa akun tersebut berada pada suatu industri bisnis tertentu. Misalnya Anda membuka bisnis florist. Anda dapat mengetik “florist” pada search bar. Jika bisnis yang Anda miliki tidak terdapat pada daftar yang ada, maka Anda dapat memilih kategori yang paling umum dimana bisnis Anda bisa masuk ke dalam kategori tersebut. 

Setelah Anda memilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda, jangan lupa untuk memilih pilihan “profile display”. Pilihan profile display berfungsi untuk menampilkan kategori bisnis Anda pada bagian bawah dari nama akun Instagram Anda, sehingga saat seseorang melihat akun Anda, mereka akan mengetahui bahwa Anda menjual produk sesuai dengan kategori yang tertera. 

Jasa SEO

2. Insights

Pada fitur insights, Anda dapat melihat semua informasi yang perlu Anda ketahui mengenai bisnis Anda. Dari informasi mengenai konten yang Anda buat, bagaimana aktivitas dan perkembangan akun Anda, hingga informasi mengenai followers yang akun bisnis Anda miliki. 

Content 

Content insights berfungsi untuk memberikan Anda informasi mengenai reach dan interactions dari konten yang telah Anda posting. Angka yang ada pada bagian reach ingin memberitahu Anda bahwa konten yang Anda posting telah menjangkau “sekian” banyak orang. Misalnya jumlah angka yang tertera adalah 115, itu berarti konten yang Anda buat telah berhasil menjangkau 115 orang pengguna Instagram. Pada konten feeds, Anda juga dapat melihat dari 115 orang yang berhasil Anda jangkau ada berapa orang yang merupakan followers Anda dan berapa orang yang bukan. 

Dalam bagian interactions, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lihat seperti share, replies (untuk konten story), saves, likes, sticker taps (untuk konten story), dan comment. Angka dalam share mengartikan bahwa konten Anda telah disimpan oleh orang-orang tersebut. Replies ingin memberitahu Anda ada sejumlah orang yang mengirimkan pesan balasan atas respon mereka dari konten story Anda. Jika Anda tag seseorang pada konten story, maka Anda akan melihat jumlah orang yang mengklik username orang yang Anda tag, inilah yang disebut sticker taps

Save, like dan comment ingin memberitahu Anda ada sejumlah orang yang menyimpan, menyukai dan memberikan komentar pada konten Anda. Banyaknya jumlah angka yang dimiliki oleh masing-masing bagian akan memberitahu Anda bahwa konten yang Anda buat cukup menarik dan berguna bagi followers Anda. Insights dari konten yang bisa Anda lihat juga tidak terbatas pada feeds dan story saja, tetapi semua konten termasuk reels, video dan live yang Anda buat. 

Activity

Pada activity insights, Anda akan diberitahu jumlah orang yang akhirnya mengikuti akun Instagram Anda, jumlah orang yang langsung menuju website Anda dan jumlah orang yang melakukan kunjungan atau profile visit pada akun Instagram Anda. Semua jumlah yang ada didapatkan dari banyaknya orang yang telah melihat konten yang Anda buat dan yang pada akhirnya memberikan respon untuk follow, profile visit atau mengunjungi website Anda. 

Audience

Pada bagian insight audience terdapat informasi mengenai followers yang Anda miliki. Pada bagian ini Anda dapat melihat pertumbuhan jumlah follower akun Instagram Anda selama 3 bulan terakhir. Selain itu Anda juga dapat melihat lokasi follower Anda berdasarkan kota dan negara mereka. Karakteristik seperti umur dan gender dari followers Anda juga dapat terlihat di bagian ini, sehingga memudahkan Anda untuk melihat apakah target audience yang Anda pilih sudah sesuai. Terakhir tapi juga tidak kalah penting, Anda bisa melihat kapan followers Anda aktif menggunakan Instagram. Instagram menyediakan tampilan waktu berdasarkan hari dan jam. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menentukan jadwal melakukan posting konten pada akun Anda.

3. Ad Tools

Seperti namanya, Ad tools berfungsi untuk mengatur iklan yang akan Anda tayangkan. Pada bagian ini terdapat 2 bagian, yang satu jika Anda baru ingin mulai melakukan iklan dan satu lagi untuk mengatur iklan yang sudah Anda buat. Berikut tahapan-tahapan dan penjelasannya.

Create

Jika Anda baru ingin mulai mengiklankan konten Instagram Anda, jangan khawatir! Semua tahapan yang sudah disediakan oleh Instagram sudah dibuat dengan sederhana sehingga Anda dapat mengikutinya dengan mudah. Langkah pertama, Anda akan diminta untuk memilih konten dari feeds yang ingin Anda iklankan. Setelah itu Anda akan diminta memilih goal yang ingin Anda capai. Terdapat 3 goals yang dapat Anda pilih yaitu more profile visits, more website visits dan more messages. 

Lalu Anda akan diminta untuk memilih target audience dari iklan yang akan Anda lakukan. Pada bagian ini terdapat 2 pilihan yang bisa Anda pilih seperti special ad category dan create your own. Special ad category merupakan pilihan dimana target audience akan disesuaikan oleh Instagram bergantung pada kategori yang Anda pilih. Create your own merupakan pilihan yang bisa Anda sesuaikan sendiri secara manual.

Terakhir Anda diharuskan memilih jangka waktu dari iklan yang akan ditayangkan. Anda bisa memilih dengan minimal waktu 1 hari sampai maksimal 30 hari. Pada bagian ini, dana yang diperlukan untuk melakukan iklan sudah tertera saat Anda memilih jangka waktu dari iklan Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai budget yang berlebihan. Anda bisa langsung menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. 

Manage 

Pada bagian manage, Anda bisa mengatur iklan yang sudah Anda buat sebelumnya. Pada bagian ini Anda dapat melakukan penyesuaian-penyesuaian baru jika memang diperlukan untuk kedepannya, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika Anda memiliki informasi yang baru karena Anda bisa langsung melakukan perubahan di sini. 

4. Add Shop

Jika bisnis Anda memiliki beberapa produk atau bahkan banyak produk, maka fitur satu ini sangat tepat untuk Anda gunakan. Add shop akan membantu memudahkan followers dan audience Anda untuk melihat produk-produk yang Anda miliki, sekaligus deskripsi dan harga dari produk tersebut. Namun sebelum Anda dapat memasukkan foto-foto produk pada katalog toko, akun Anda harus terlebih dahulu terhubung dengan akun Facebook yang Anda miliki. Koneksi antara akun Instagram dan facebook diperlukan bukan untuk memposting apa pun pada kedua akun, tetapi untuk melakukan pengaturan pada toko yang akan Anda buat di Instagram. 

Baca Juga: Mendapatkan Followers Banyak Di Instagram Dengan Cara Ini

5. Call to Action

Seperti pada jenis pemasaran yang lainnya, kehadiran call to action sangat penting dan Instagram sadar akan hal tersebut. Oleh karena itu ada pilihan call to action yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi keperluan bisnis Anda.

Contact Option

Dalam Instagram bisnis, Anda diberikan beberapa pilihan kontak yang dapat Anda masukkan supaya saat ada konsumen yang ingin melakukan pembelian, mereka dapat langsung menghubungi kontak yang telah disediakan. Anda bisa memasukkan e-mail, nomor handphone dan nomor Whatsapp Anda. Jika sudah, jangan lupa untuk memilih “display contact info”, agar kontak Anda muncul pada bagian profile akun Instagram Anda. 

Action Button

Fitur action button berfungsi sebagai pilihan yang dapat konsumen pilih untuk langsung memesan, melakukan reservasi atau booking seperti pada aplikasi Grab Food atau Go Food yang dapat langsung masuk ke dalam daftar pesanan Anda. Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda perlu menaruh tautan yang telah disalin dari GrabMerchant restoran Anda. Untuk 2 action button lainnya yakni reserve dan book now juga bisa digunakan dengan menghubungkan akun Instagram Anda pada partner-partner terkait yang sudah tersedia dalam daftar. 

Cara Membuat Instagram Bisnis

Bagaimana? Apakah Anda jadi tertarik untuk menggunakan Instagram sebagai salah satu media untuk memasarkan bisnis Anda? Kalau jawaban Anda adalah iya, maka sebelum menggunakan semua fitur pendukung tadi, Anda perlu memiliki akun Instagram terlebih dahulu, bukan? Simak penjelasan berikut agar Anda tidak tersesat dalam proses pembuatannya. Jika Anda sudah memiliki akun Instagram, Anda bisa melewati poin pertama dari bagian ini. 

1. Buat Akun Instagram

Untuk membuat akun Instagram, Anda memerlukan e-mail yang masih aktif untuk melakukan verifikasi akun Instagram Anda. Pada langkah pertama, Anda akan diminta untuk membuat dari akun Anda. Jika sudah, Anda akan diminta membuat password dari akun Anda dan voila! Akun Instagram Anda sudah selesai dibuat dan siap digunakan. 

2. Memilih Pengaturan “Account Professional

Setelah selesai membuat akun Instagram Anda, kini saatnya Anda mengubah akun Anda yang masih personal menjadi akun profesional. Cara mengubahnya tidak susah, terdapat 4 tahap yang dapat Anda ikuti. Pertama, pilih bagian kanan atas dari profile akun Anda yang bersimbol 3 garis. Kedua, pilih “settings”. Ketiga, pilih “account”. Keempat, pilih “switch to professional account” yang berada di bagian paling bawah. 

Baca Juga: Pelajari 10 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram Dengan Mudah

3. Pilih Kategori Bisnis 

Jika sudah, Anda akan melihat tampilan yang mengharuskan Anda memilih kategori yang paling menggambarkan bisnis Anda. Ada berbagai pilihan kategori seperti Clothing, Digital Creator, Product/Service, Shopping & Retail, Restaurant, dan masih banyak lagi. 

Profile Display

Jika Anda sudah memilih kategori yang tepat untuk bisnis Anda, Langkah terakhir adalah memilih pilihan ‘profile display” supaya kategori yang telah Anda pilih sebelumnya dapat terlihat dan ditampilkan tepat dibagian bawah dari nama akun Instagram Anda. 

Cara Membuat Instagram Bisnis Anda Menarik

Membuat akun Instagram bisnis yang menarik tidak sulit, mungkin Anda akan menemukan diri Anda menikmati proses pembuatannya. Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini. 

1. Mengisi Profile Dengan Lengkap

Mengisi profile dari akun Instagram bisnis Anda merupakan sebuah keharusan dan langkah awal yang sangat krusial bagi Anda. Melengkapinya sudah menyelesaikan tugas Anda sebanyak 30% karena dengan informasi yang lengkap tentu akan memudahkan konsumen mengenali akun Anda. 

Foto Profile

Menggunakan foto profile yang terbaik sekilas memang terkesan tidak membawa pengaruh apa-apa, namun tidak seperti yang kita pikirkan. Penggunaan foto profile yang cantik dan estetik tentu akan membawa daya tarik tersendiri bagi konsumen. Pastikan juga Anda menggunakan foto profile dengan resolusi yang terbaik supaya semakin menarik.

Nama dan Username

Untuk nama dan username, Anda bisa memilih kata yang tepat untuk mendeskripsikan bisnis Anda tetapi juga yang eye catching. Namun tidak perlu khawatir jika kedepannya Anda ingin mengubah nama dan username akun Instagram Anda. Anda dapat mengubahnya setiap 14 hari sekali pada bagian “edit profile”. 

Bio

Pada bagian ini Anda dapat mendeskripsikan bisnis Anda, agar konsumen yang berkunjung ke akun Instagram Anda dapat mengetahui produk apa yang sedang Anda tawarkan. Deskripsi yang diberikan tidak perlu dalam bentuk yang panjang, jika dalam bentuk yang pendek tapi sudah mampu menjelaskan produk Anda maka itu sudah cukup. Perlu Anda ingat bahwa Instagram hanya menyediakan 150 karakter (bukan 150 kata) yang dapat ditulis di bio akun Instagram Anda.

Website 

Pada bagian profile, Anda juga dapat memasukkan link URL dari website Anda sehingga orang yang berkunjung dapat langsung diarahkan pada website Anda. Sebuah tips yang bisa juga Anda praktikkan, pada bagian website ini Anda bisa memasukkan link URL yang memuat semua link dari bisnis Anda. Misalnya seperti Linktree dan Bio Link. Link ini akan memudahkan konsumen Anda untuk mencari semua link yang mereka butuhkan, sehingga tidak perlu menampilkan banyak link website pada bio Anda. Ini juga memudahkan Anda yang memiliki banyak link, karena Instagram tidak memperbolehkan banyak link untuk dimasukkan pada bagian website. 

Kontak

Anda dapat memasukkan nomor HP, nomor Whatsapp dan e-mail bisnis Anda untuk memudahkan konsumen yang ingin berkomunikasi dengan Anda, baik untuk bertanya atau untuk melakukan pembelian. 

2. Menentukan Desain Feeds

Desain feeds yang dimaksud adalah penataan dari konten feed yang Anda posting. Anda bisa membaca penjelasan berikut sambil membuka profile akun Instagram Anda. Dalam tampilan profile, Anda akan melihat semua informasi yang ada di poin pertama, lalu tepat di bagian bawahnya terdapat space untuk 3 konten yang akan di post secara berturut-turut. Jika masih bingung, Anda dapat membuka akun profile siapa pun untuk menggambarkannya pada Anda. 

Apabila Anda melihat pada suatu akun profile yang sudah memiliki banyak konten feeds, Anda bisa melihat gambaran besar dari desain feeds orang tersebut. Biasanya setiap konten yang akan di post sudah di memiliki tone warna yang nantinya saat sudah di post akan terlihat bahwa setiap konten menyatu menjadi satu bagian yang utuh. Jika akun bisnis Anda memiliki tone warna dan desain yang sudah ditentukan maka akun Anda akan terlihat semakin menarik dan estetik sehingga konsumen akan senang berkunjung ke profile akun Anda. 

Baca Juga: 5 Tips Simple Meningkatkan Engagement Instagram

3. Buat Konten dan Desain yang Menarik

Membuat konten dan desain yang menarik untuk apa pun bentuknya pada akun Instagram bisnis Anda tentu bukan lagi rahasia. Memang sudah menjadi keharusan bagi setiap akun bisnis untuk mempercantik profile mereka dengan konten-konten yang menarik perhatian konsumen. Berikut beberapa poin penting mengenai konten dan desain untuk akun bisnis Anda. 

Sesuai Trend

Membuat konten sesuai dengan trend atau isu yang sedang hangat dibicarakan akan menjadi nilai tambah bagi akun bisnis Anda. Membuat konten yang sedang trend akan membuat followers Anda merasa dekat dan relate dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. 

Singkat, Jelas, Padat

Dalam pembuatan konten di feeds Anda, penulisan yang panjang tidaklah diperlukan. Tentu setiap orang lebih memilih melihat konten yang memiliki banyak visual dibandingkan dengan konten yang lebih banyak tulisan, bukan? Dengan ukuran feeds yang hanya 1080 x 1080 pixel, maka tulisan yang bisa dimuat di dalamnya juga tidak banyak. Jika Anda memang membutuhkan space untuk tulisan yang banyak, Anda bisa menggunakan fitur carousel. Carousel dapat Anda gunakan jika konten yang ingin Anda tampilkan sekaligus cukup banyak. Dengan fitur ini Anda dapat memasukkan hingga 10 konten feeds sekaligus dalam 1x posting. 

Kreatif

Konten dan desain yang menarik tentunya membutuhkan kreativitas. Untuk menjadikannya menarik, Anda bisa menggunakan alur cerita yang menarik, desain yang eye catching tetapi tetap simple dan estetik. Anda juga dapat membuat konten berbentuk video atau gif yang lebih banyak memuat visual daripada tulisan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan meme jika tone dari akun bisnis Anda cocok. Dengan begitu konten-konten yang Anda miliki di akun Anda jadi tidak membosankan dan menjadi lebih variatif. 

Interaktif 

Konten yang Anda miliki sebisa mungkin mengajak followers Anda untuk berinteraksi. Dengan interaksi yang terjadi maka hubungan yang terjalin antara Anda dengan konsumen atau followers Anda akan semakin kuat. Dengan adanya interaksi, followers Anda akan lebih merasakan hubungan pertemanan dibandingkan hubungan bisnis. Namun Anda tidak harus menggunakan interaksi dengan tone yang bersahabat seperti ini, Anda juga bisa menggunakan tone formal yang tidak terlalu kaku jika itu memang lebih cocok dengan akun bisnis Anda.

4. Membangun Komunitas 

Membangun komunitas dapat Anda lakukan dengan membuat konten interaksi yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Selain itu Anda dapat menggunakan story untuk bermain game ringan seperti “this or that”. Anda juga bisa membuat acara “giveaway” untuk membangkitkan semangat dari followers Anda sekaligus membangun komunitas dari bisnis Anda. 

5. Konsistensi Jadwal Posting

Melakukan post feed setiap hari sangat penting untuk meningkatkan awareness produk bisnis di mata followers Anda. Jika Anda tidak melakukan posting 1 hari saja, bisa jadi produk Anda telah terlupakan. Hal ini dikarenakan setiap harinya ada begitu banyak tambahan konten feeds yang masuk pada homepage akun Instagram seseorang. Jika Anda tidak ingin followers melupakan produk bisnis Anda, maka Anda harus melakukan posting feeds dengan komitmen dan konsisten. Semakin aktif akun Anda, awareness terhadap produk juga akan semakin meningkat. Menggunakan kalender yang memuat jadwal post akan membantu Anda untuk tidak melewatkan posting konten Anda. 

Baca Juga: Tentukan Jadwal Post Instagram Untuk Hasil yang Maksimal

6. Gunakan Ads

Mempromosikan produk Anda dengan menggunakan iklan yang disediakan oleh Instagram tentu dapat menjadikan akun Anda semakin menarik dan dikunjungi oleh banyak orang. Menggunakan iklan pada feeds Anda bertujuan untuk membuka pasar yang baru dan menjangkau lebih banyak orang untuk mengetahui bisnis Anda. Jika Anda memiliki budget yang sudah disiapkan khusus untuk iklan, maka penggunaannya akan sangat tepat dilakukan.

Jadi apakah Anda sudah siap untuk membuat akun Instagram bisnis Anda menjadi akun yang legit dan menarik untuk dilihat? Jika sudah, maka mari melangkah ke tahap berikutnya yakni melakukan optimisasi pada website yang akan Anda taruh pada profile Instagram Anda dengan jasa dari ToffeeDev. ToffeeDev menyediakan jasa pembuatan desain yang menarik bagi website Anda. Selain itu ToffeeDev juga menyediakan jasa SEO agar konten yang ada di website Anda semakin menarik dan dapat muncul di bagian teratas pada mesin pencarian. Tunggu apalagi? Kunjungi website ToffeeDev sekarang, klik di sini!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat