Cara Membuat Judul Artikel SEO yang Menarik

Welcome back to Toffee #SharingMonday! Kali ini bersama saya Esther Inochi. Setiap hari Senin, kita akan sharing insight tentang Digital Marketing, design, dan website.

Video kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat judul artikel SEO yang menarik. Dalam teknik Digital Marketing khususnya Search Engine Optimization atau SEO, udah jadi kewajiban kalau setiap website itu harus punya blog yang isinya artikel. Why? Alasannya itu sederhana. Agar ranking SEO di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! atau sejenisnya itu bisa meningkat bahkan bisa masuk halaman pertama. Rahasia artikel yang SEO friendly terletak pada penempatan kata kunci atau keyword yang merata di isi artikelnya. Ternyata, keyword pada isi artikel juga gak cukup. Kita juga harus pakai keyword pada judulnya. Pembaca itu biasanya akan mengklik artikel setelah melihat apakah judulnya menarik atau tidak. Pertanyaannya, nih. Gimana caranya supaya judul artikel SEO kita tetap menarik? Begini caranya.

  1. Membuat artikel yang impactful atau berdampak. Maksudnya adalah dari judul itu, kita tetap berikan dampak atau manfaat kepada pembaca. Kalau tidak manfaat bisa juga solusi. Jadi dari judul itu kita udah menawarkan mereka manfaat atau solusi sehingga mereka bisa tertarik untuk membacanya. Biasanya sih mereka tertarik karena judul artikenya itu langsung menggambarkan solusi atau manfaat dari artikel yang sedang mereka baca itu. Contohnya, saya memakai judul artikel yang pernah saya tulis ada di bidang Kecantikan. Itu judulnya adalah ‘Ketahui 5 Manfaat Argan Oil untuk Rambut yang Lebih Sehat’. Di sini kita bisa langsung melihat dampak atau manfaat yang dibawakan artikel ini yaitu kita kasih insight atau pengetahuan kepada pembaca tentang manfaat minyak argan oil untuk rambut ini kegunaanya apa.

  2. Menggunakan angka. Faktanya nih, artikel model listicle itu lebih laku diklik oleh pembaca gitu kan. Kenapa? Itulah kekuatan angka pada judul. Dari angka yang kita tulis pada judul, pembaca bisa tahu berapa aja manfaat yang akan mereka dapatkan. Berapa solusi yang bisa mereka lakukan saat membaca artikel. Masih saya pakai contoh yang tadi, yaitu Mengetahui 5 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat. Nah, di sini pembaca artikel bisa tahu berapa manfaat yang didapatkan dari argan oil setelah membaca artikel tersebut. Mereka juga lebih tertarik membaca artikel yang ada angka di judulnya daripada yang tidak ada.

  3. Keep it short and simple. Atau bisa juga kalian ingat-ingat dengan model KISS. Ini adalah tips penting yang untuk diketahui, yaitu judul artikel itu harus singkat dan simple. Tidak usah membuat judul yang panjang. Pembaca juga belum tentu tertarik untuk mengklik artikel tersebut. Lagian, judul artikel yang singkat dan simple itu mampu menegaskan poin yang ingin disampaikan dalam artikel Anda. Saat membuat artikel SEO pula perlu juga mempehatikan jumlah karakter pada judulnya. Biasanya, karakter yang digunakan harus kurang dari 70 karakter sehingga masih terlihat utuh atau muat saat dicari di mesin pencari.

  4. Melibatkan perasaan pembaca. Biasanya, pembaca mudah terbawa perasaan kalau judulnya menggunakan beberapa kata tertentu. Misalnya nih, kata “akurat”, “menarik”, “wajib dicoba”. Ya, ketiga kata itu bisa membangkitkan perasaan mereka dan tentunya bisa memancing mereka untuk membaca artikel kita. Apalagi nih, di zaman pandemi Covid-19 seperti ini kata-kata sehat seperti yang saya contohkan di artikel tadi yaitu Mengetahui 5 Manfaat Argan Oil untuk Rambut Lebih Sehat, pasti bisa membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca artikel yang kita tulis itu. Nah, kita bisa memainkan perasaan pembaca dengan menaruh kata-kata yang menarik seperti yang saya contohkan tadi. Atau bisa juga Anda mencari contoh lain atau contoh dari referensi kata-kata saat membaca artikel lain atau judul buku. 

Itulah cara membuat judul artikel yang menarik, tapi tetap SEO friendly. Harus diingat ya, kita itu menulis untuk manusia, bukan untuk mesin SEO. Jadi, kalau misalnya keyword yang tidak cocok dijadikan judul tidak usah dipaksakan karena artikel akan tetap masuk ke mesin pencarian lewat isinya.

Sekian insight hari ini. Semoga bermanfaat, dan jika ada pertanyaan, boleh tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk share, serta jika Anda punya usulan topik untuk kami bahas di video berikutnya, silahkan comment di bawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat