5 Cara Membuat Website Sekolah Menarik

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana cara membuat website sekolah yang menarik? Pertanyaan yang wajar, mengingat rata-rata tampilan website sekolah cenderung monoton dan membosankan. Bahkan, tak sedikit murid dan orang tua yang kesulitan mengecek jadwal pembelajaran atau mencari informasi kegiatan. 

Sebenarnya, hal tersebut sangat disayangkan. Pasalnya, tujuan website sekolah bukan sebagai pajangan, melainkan untuk mengedukasi, memberi informasi, dan mempromosikan sekolah. Tanpa desain yang baik, sangat sulit untuk menarik perhatian pengunjung. 

Ingat, desain bukan hanya seperti apa bentuk dan rasanya. Desain adalah cara kerjanya. Artinya, sebuah website yang menarik tidak hanya diingat karena estetikanya, melainkan mampu memenuhi kebutuhan pengunjung.

Baca Juga: Pentingnya Website Sekolah Untuk Promosi

Begini Cara Membuat Website Sekolah Supaya Lebih Menarik

Website yang menarik harus bisa digunakan pada seluruh perangkat mobile. Oleh karena itu, pembuatan website sekolah bukan hanya mengenai warna mencolok, penuh gambar, atau banyaknya presentasi multimedia, dan warna yang bagus. Namun, tentang seberapa baik situs mampu mewakili kepentingan seluruh pemangku sekolah, yakni kepala sekolah, guru, staf, murid, dan orang tua. 

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan website sekolah agar tampilannya menarik? Berikut uraiannya. 

1. Beranda Sederhana

Kesalahan yang umum dilakukan sebagian besar sekolah adalah menyimpan terlalu banyak konten di beranda. Untuk menarik atensi pengunjung, sebaiknya beranda diisi dengan halaman berita terkini, kalender acara, dan slide gambar. Meskipun cenderung kosong, beranda yang minimalis tidak hanya tampak bersih, tetapi juga memudahkan pengguna mencari informasi yang dibutuhkan. 

2. Desain Responsif

Mengingat saat ini banyak orang lebih sering mengakses sebuah situs melalui ponsel, desain responsif menjadi elemen penting dari website sekolah. Situs yang dapat diakses menggunakan perangkat apa pun tentu akan memudahkan pengguna. Selain itu, situs yang menggunakan desain responsif lebih mudah dilihat dan dibagikan melalui tautan media sosial maupun email. 

3. Aksesibilitas Situs Baik

Cara membuat website sekolah yang menarik selanjutnya adalah dengan memastikan aksesibilitasnya baik. Meskipun tampak remeh, pengguna yang memiliki pengalaman baik selama mengakses website cenderung akan melakukan kunjungan kembali. Tanpa aksesibilitas yang baik, jangan berharap situs Anda memilih angka kunjungi tinggi. 

Oleh karena itu, pastikan mengikuti format standar html, menambah link navigasi lewati, menambahkan tag ALT pada gambar, menggunakan tag judul, tag header tabel, dan tautan masukan di bagian footer. 

4. Navigasi Situs Rapi

Navigasi website yang rapi dan intuitif secara tidak langsung bukan hanya memperindah tampilan, tetapi juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung dan efektif meningkatkan angka kunjungan. Inilah alasan mengapa sangat dianjurkan menerapkan aturan tujuh tautan.

5. Halaman Efisien 

Untuk menghemat waktu, selipkan tautan cepat ke halaman paling banyak dikunjungi dan halaman yang relevan. Selain kalender sekolah, beberapa halaman populer, seperti direktori kontak, halaman guru, dan halaman sekolah cukup populer. Tidak hanya di kalangan murid, tetapi juga orang tua calon murid baru yang tertarik menyekolahkan anaknya di sekolah Anda. 

Halaman direktori kontak akan memudahkan pengunjung menemukan informasi kontak penting, seperti nomor telepon kantor, penjaga keamanan, atau guru. Sementara halaman guru memudahkan orang tua mengenal profil para pengajar di sekolah Anda.

Terlepas dari kelima hal tersebut, hal terpenting dalam membuat website sekolah yang menarik adalah kemudahan akses dan terhubung dengan media sosial. Alamat dan kontak yang jelas serta tampilan minimalis juga akan menambah nilai lebih dari sisi penggunaan. Alih-alih memilih warna mencolok, gunakan warna netral atau lembut supaya tampilan situs lebih profesional. 

Itulah sejumlah cara membuat website sekolah yang menarik. Bagi Anda yang tertarik membuat website sekolah atau bisnis, jangan ragu menggunakan jasa pembuatan website profesional ToffeeDev! Berkualitas, ramah kantong, dan terpercaya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post