5 Rahasia Tersembunyi untuk Mendapatkan Leads dengan SEO

Leads adalah kumpulan orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau layanan dari bisnis Anda. Mereka semua dapat menjadi leads karena cara atau bentuk bisnis Anda dipasarkan. Lalu, bagaimana cara mendapatkan leads dalam dunia bisnis dan marketing?

Tentu saja keinginan dari seluruh bisnis adalah mendapatkan penjualan lebih tinggi setiap bulannya. Tidak ada bisnis yang ingin mendapatkan angka penjualan stagnan walaupun sudah terhitung tinggi. Inilah mengapa dibutuhkan berbagai macam strategi penjualan agar dapat mendapatkan angka penjualan lebih tinggi setiap bulan. 

Ketika berbicara mengenai strategi penjualan, leads menjadi “wadah” yang ingin didapatkan setiap bisnis. Dengan tersedianya leads yang menjanjikan, maka bisnis Anda sudah maju satu langkah lebih dekat untuk mencapai meningkatkan angka penjualan. 

Bagaimana cara mendapatkan leads? Contoh paling sederhana adalah menyediakan form pendaftaran e-mail di dalam website bisnis Anda. Form pendaftaran e-mail dapat mengumpulkan data para pengunjung website yang pada dasarnya sudah tertarik dengan bisnis Anda.

Setiap website pasti memiliki trafik pengunjung yang berbeda-beda. Semakin tinggi trafik pengunjung, maka kesempatan untuk mendapatkan leads semakin terbuka lebar. Itulah mengapa Anda membutuhkan SEO.

Ya, dengan SEO, salah satu nilai jaminan yang paling mampu diberikan adalah peningkatan trafik pengunjung. Seperti yang disinggung di atas, kenaikan trafik pengunjung sama dengan kesempatan mendapatkan leads. Bisa dibilang, antara leads dan SEO saling berkesinambungan. Setidaknya, ketika trafik pengunjung naik, tidak hanya leads saja yang berkesempatan naik. Namun juga termasuk brand awareness dari produk atau layanan bisnis Anda sendiri.

Ada beberapa platform yang sebenarnya dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan leads. Seperti Linkedin, Twitter, Facebook, dan lainnya. Namun menurut riset yang telah dilakukan, penggunaan media sosial untuk mendapatkan leads tidak terlalu efektif. Lebih efektif lagi jika menggunakan SEO dan beberapa elemen dalam digital marketing.

Ketika SEO dan beberapa elemen dalam digital marketing tersebut mampu Anda kombinasikan dengan baik dan tepat, maka target yang ingin dicapai, yakni mendapatkan leads semakin mudah didapatkan. Apa saja cara tepat untuk mendapatkan leads dengan SEO? Simak ulasan selengkapnya bersama ToffeeDev di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Leads Melalui Facebook

Cara Mendapatkan Leads dengan SEO, SEM, dan PPC

Fokus utama untuk mendapatkan leads dalam artikel ini adalah menggunakan SEO. Sebenarnya tidak hanya SEO saja. Anda juga dapat memanfaatkan SEM (Search Engine Marketing) dan PPC (pay per click) yang sebenarnya memiliki keterkaitan dengan SEO juga.

Kunci utama dari SEO adalah website bisnis Anda sendiri. Ketika Anda memutuskan melakukan optimasi website dengan SEO, maka perlu melakukan beberapa cara tepat yang sesuai kaidah. Tentu saja kaidah SEO. 

Dalam SEO, Anda harus menggunakan keyword dengan volume pencarian tinggi, namun sebisa mungkin memiliki kompetisi rendah. SEO tidak pernah lepas dari konten. Itulah mengapa Anda harus membuat konten dari keyword yang telah dicari.

Anda wajib memasukkan keyword di dalam judul, meta description, hingga beberapa bagian konten. Kemudian letakkan internal link yang mengarah ke laman website Anda agar para pembaca konten tersebut mengklik link tersebut. Jika memang ingin menaikkan leads, Anda juga bisa meletakkan form di bagian akhir konten agar para pengunjung yang tertarik dapat memasukkan e-mail mereka.

Dalam pembuatan konten yang SEO friendly, sebaiknya berikan informasi edukatif dan bisa diambil manfaatnya. Konten seperti itu jauh lebih sering dicari oleh para pengguna internet karena pada akhirnya, itulah fungsi internet, yakni memberikan informasi berharga dan sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, untuk meningkatkan SEM dan PPC, Anda dapat memanfaatkan frase keyword long-tail yang memiliki minimal 3 kata. Keyword long-tail dinilai mampu memaksimalkan trafik yang ditargetkan. Volume pencarian pun tetap tinggi, tapi tidak terlalu kompetitif sehingga Anda dapat melihat hasil kenaikan trafik lebih baik.

Baca Juga : Bagaimana Mendatangkan Leads Melalui Google AdWords

1. Memberikan Konten yang SEO Friendly

Melanjutkan penjelasan di atas, konten yang SEO friendly harus Anda terapkan di dalam website. Anda wajib memasukkan keyword di judul, heading 2 & 3, beberapa bagian dalam konten, dan tentunya meta description. Jangan lupa masukkan internal link, gambar yang telah dioptimasi dengan keyword sebagai judulnya, serta penambahan CTA (call to action).

CTA di akhir konten memang dinilai penting dalam mendapatkan leads. Ketika para pengunjung sudah membaca konten di dalam website Anda, beberapa yang tertarik pasti membutuhkan arahan lebih langsung menuju kepada tim bisnis. Itulah mengapa dibutuhkan CTA. 

CTA ini bisa dalam bentuk internal link ke laman produk, laman Contact Us, atau memang Anda menuliskan alamat e-mail atau nomor yang dapat dihubungi. Dari memberikan CTA ini, maka target leads yang ingin dicapai perlahan-lahan semakin cepat didapatkan. 

Baca Juga : Call To Action Adalah Cara Anda Menarik Perhatian Pelanggan

2. Membuat Konten yang Beragam

Konten di dalam website tidak selamanya hanya berbentuk artikel saja. Anda dapat membuat e-book, webinar, studi kasus, hingga demo produk/layanan yang dimiliki. Dengan membuat konten yang jauh lebih beragam, ada dua keuntungan yang bisa didapatkan.

Pertama, Anda bisa memenangkan kepercayaan calon pelanggan karena dari isi konten yang beragam, ada citra bahwa bisnis ini profesional. Kedua, konten yang beragam dapat membedakan Anda dengan pesaing. Tidak selamanya pesaing Anda berani membuat konten yang beragam. Malah lebih banyak yang hanya stagnan membuat konten artikel saja. Dari sana, Anda bisa tampak berbeda di mata pelanggan dan tentunya jauh lebih menarik.

Jasa SEO

3. Menyediakan Landing Page

Apakah Anda memiliki landing page dalam website? Landing page atau halaman tujuan menjadi praktik umum di dalam SEM. Ketika Anda memasang iklan atau melakukan promosi via e-mail, maka para customer yang melihat itu bisa langsung masuk ke dalam landing page.

Ada berbagai isi di dalam landing page. Namun yang paling lazim adalah penjelasan produk atau layanan bisnis Anda. Penjelasan ini sebaiknya diberikan secara lengkap dan tetap mampu menarik perhatian. Itulah mengapa diperlukan gaya penulisan yang tepat, sekaligus sesuai dengan citra bisnis Anda. 

Baca Juga : Unbounce App: Platform Untuk Landing Page

4. Membuat FAQ

Setiap konten di dalam website dapat dioptimasi dengan SEO. Termasuk FAQ (Frequently Asked Questions). Sebagai salah satu bentuk konten, FAQ dapat dimasukkan keyword yang ingin dioptimasi. Namun jika memang tidak ada keyword yang ingin dioptimasi, keberadaan FAQ tetap penting karena menjadi salah satu persyaratan SEO. Benar sekali, FAQ masih masuk di dalam praktik optimasi SEO. Bahkan jika ada laman produk yang sudah dioptimasi tetapi tidak memiliki FAQ, hasilnya pasti berbeda jika dibandingkan dengan laman dengan FAQ.

Berikan pertanyaan yang memang sesuai kebutuhan konsumen agar mereka semakin mengerti produk/layanan bisnis Anda. FAQ juga bisa Anda tambahkan CTA agar pengunjung bisa langsung menjadi bagian dari leads.

Jadi itulah lima rahasia tersembunyi untuk bisa mendapatkan leads lebih besar dengan memanfaatkan praktik SEO. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jika memang Anda ingin meningkatkan level bisnis, jangan ragu untuk menggunakan Pakar SEO dan Master SEO dari ToffeeDev dengan dukungan tim profesional dan berpengalaman. 

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat