cara mendapatkan uang dari Google
4 Cara Mendapatkan Uang dari Google
Maret 31, 2021
browser terbaik
Apa Rekomendasi Browser Terbaik?
Maret 31, 2021

5 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

cara mendapatkan uang dari facebook

austin distel tLZhFRLj6nY unsplash

Belum banyak yang tahu kalau Facebook bisa dijadikan tempat untuk mendatangkan uang. Media sosial satu ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Menariknya lagi, cara mendapatkan uang dari Facebook juga cukup beragam. Tidak hanya dengan berjualan, mendapatkan penghasilan sampingan pun bisa dengan cara mengelola akun fanpage. Langsung saja, simak lima cara berikut agar Anda bisa memanfaatkan Facebook sebagai tempat mendapatkan uang. 

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Ada berbagai cara untuk mendapatkan uang dari Facebook dengan cepat. Semuanya bisa Anda lakukan asal memahami bagaimana cara memulai dan mengelolanya.

1. Mengelola fanpage

Pemasaran dan branding di media sosial harus dilakukan dengan baik, salah satunya dengan pengelolaan fanpage yang tidak boleh asal. Agar fanpage milik perusahaan atau brand bisa berkembang optimal, maka dibutuhkan seorang admin untuk mengelolanya. Admin fanpage ini bertanggung jawab untuk mengunggah konten, mengelola komentar, mempromosikan fanpage, menawarkan produk, dan meningkatkan jumlah likes. 

Sekilas memang terdengar mudah, namun kenyataannya tidak demikian. Admin fanpage harus memiliki keahlian dalam bidang komunikasi dan pemasaran bisnis online. Admin juga harus tahu cara menghasilkan uang dari Facebook dengan cara monetisasi fanpage tersebut. Kalau Anda memiliki seluruh kemampuan tersebut, maka Anda bisa melamar lowongan admin fanpage. 

Baca Juga : 5 Cara Buat Toko Online dengan Facebook Fanpage

2. Jasa pemasangan iklan

Facebook Ads kini menjadi salah satu tempat beriklan yang menjanjikan setelah Google. Sayangnya, belum banyak orang yang paham benar caranya mengingat ada beragam fitur untuk diatur. Memang, idealnya hanya orang berpengalaman dan punya ilmu di bidang pemasaran digital yang bisa menjalankan Facebook Ads. Walau begitu, Anda yang masih pemula bisa lebih dulu mempelajarinya melalui banyak resources seperti video YouTube. Terlebih, fitur Facebook Ads pun sebetulnya cukup mudah dioperasikan.

3. Berjualan di grup Facebook

Berjualan adalah cara mendapatkan uang dari Facebook yang bisa dicoba oleh siapa saja. Cara berjualan di Facebook ada dua, melalui akun pribadi atau akun khusus. Kalau model jualan Anda hanya sementara, misalnya menjual barang bekas atau secondhand, maka tak perlu membuat akun khusus. Pakai saja akun pribadi dan tawarkan barang jualan ke komunitas jualan atau forum jual-beli. 

Akan tetapi, apabila Anda serius dalam berjualan dan memiliki rencana jangka panjang, maka bisa membuat akun khusus untuk jualan. Nantinya, di akun tersebut Anda bisa mengunggah katalog produk, memasukkan detail informasi barang, harga, cara pemesanan, dan metode pengiriman. Namun, ingat, Anda harus konsisten dan mengelola akun ini secara totalitas. 

4. Menghubungkan Shopify ke Fanpage Facebook

Jika Anda sudah memiliki toko online dan ingin merambah ke audiens Facebook, maka cara yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Pertama, buat dulu toko online dengan mudah menggunakan Shopify. Kedua, setelah toko virtual berhasil dibuat, Anda bisa menghubungkannya ke Facebook. Dengan menghubungkan toko virtual di Shopify ke Facebook, Anda bisa memanfaatkan fitur di media sosial tersebut untuk promo dan jualan. Contohnya dengan memanfaatkan Messenger untuk berkomunikasi langsung bersama konsumen. 

Baca Juga : Apa Saja Fitur Facebook untuk Bisnis Online?

5. Membuka jasa titip

Apabila Anda senang jalan-jalan ke berbagai tempat di dalam maupun luar negeri, maka membuka jasa titip bisa jadi salah satu cara mendapatkan uang dari Facebook. Tentu saja, kalau mau mencoba cara ini, Anda harus terlebih dulu mengunggah produk yang bisa dititip-belikan. Bisa juga dengan membuat daftar barang yang dimaksud. 

Keuntungan membuka usaha jasa titip ini adalah tidak butuh modal besar di awal. Anda bisa sepenuhnya memanfaatkan uang pembayaran dari konsumen untuk membeli barang yang dititip beli. Untuk setiap barang yang dijual, Anda bisa memasang fee sekitar 10% sampai dengan 15% dari harga aslinya. 
Ternyata ada banyak cara mendapatkan uang dari Facebook, ya. Kini, pilihan menjajal bisnis atau usaha jenis tertentu ada di tangan Anda. Kalau sebelumnya sudah ada bisnis online shop, maka bisa menjadikan Facebook sebagai tempat untuk promosi. Sebaliknya, kalau belum ada bisnis sendiri tapi Anda menguasai digital marketing, maka bisa menawarkan jasa pemasangan Facebook Ads dan pengelolaan fanpage. Selamat mencoba!

Nana Damayanti
Nana Damayanti
Saya adalah Founder dari ToffeeDev Saya menyukai design yang bukan hanya bagus di mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments