5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Fungsi Instagram kini tak lagi sebagai sekadar platform hiburan. Lebih dari itu, Instagram telah dimanfaatkan oleh banyak pihak sebagai tempat mendatangkan penghasilan. Biasanya, brand-brand ternama menggunakan Instagram untuk berinteraksi dengan pelanggan atau promosi produk terbaru. Sedangkan bagi individu, mereka menggunakan Instagram sebagai tempat untuk berjualan online. Apabila Anda tertarik, berikut lima cara mendapatkan uang dari Instagram. 

Pilihan Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Ada berbagai cara mendapatkan uang dari media sosial Instagram. Tertarik untuk mengetahui setiap caranya?

1. Menjual produk sendiri

Jika Anda bukan bagian dari perusahaan, maka cara mendapatkan uang dari Instagram adalah dengan menjual produk sendiri. Memanfaatkan Instagram sebagai tempat untuk mempromosikan dan menawarkan produk yang Anda jual. 

Barang yang dijual bisa beragam, entah itu makanan, pakaian, aksesori, makeup, skincare, furniture, maupun yang lainnya. Agar sukses, buat akun Instagram khusus untuk jualan, tuliskan bio yang jelas, unggah foto produk yang menarik, lalu cantumkan nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan. 

Baca Juga : 5 Cara Optimasi Instagram, No 5 Paling Penting!

2. Menjual barang preloved

Apabila tidak ada cukup modal untuk membeli produk yang akan dijual di Instagram, maka alternatifnya adalah dengan berjualan barang preloved. Preloved artinya menjual barang atau koleksi pribadi yang tidak pernah lagi digunakan. 

Jadi, apabila Anda memiliki pakaian milik sendiri yang sudah lama tak terpakai, Anda bisa menjualnya melalui Instagram. Namun, ingat, pastikan barang preloved benar-benar milik sendiri (bukan barang second pemakaian orang lain) dan tentunya masih layak pakai. 

3. Membuka paid promote

Paid promote adalah layanan promosi berbayar di media sosial. Bisa dibilang, ini adalah cara mendapatkan uang dari Instagram dengan modal nol Rupiah. Namun, syaratnya Anda harus memiliki akun Instagram real, dengan jumlah followers tinggi dan engagement yang bagus. 

Pihak brand biasanya butuh akun paid promote yang bisa mempromosikan produk atau penawaran terbarunya kepada lebih banyak orang. Dengan begitu, jangkauan promosi mereka pun bisa lebih luas. Sebagai pihak yang memberikan jasa paid promote, Anda hanya perlu posting materi iklan dari brand sesuai instruksi. 

Baca Juga : Strategi Cara Promosi Iklan di Instagram yang Menarik

4. Membuka bisnis jasa titip

Bagi Anda penyuka window shopping alias melihat-lihat barang di toko, maka hobi tersebut bisa dijadikan salah satu cara mendapatkan uang dari Instagram. Sesuai namanya, melayani jasa titip artinya Anda membelikan produk sesuai dengan permintaan atau titipan pelanggan. 

Namun, agar tidak kewalahan, Anda bisa melakukan spesifikasi terhadap barang yang bisa dititip beli. Misalnya saja pakaian, sepatu, produk dari luar negeri, buku, makeup, skincare, makanan, jajan, dan lain sebagainya. Agar pelanggan tertarik beli atau titip, cantumkan review dan juga katalog produk yang dipotret semenarik mungkin.  

5. Menjadi pemburu kuis

Apabila Anda menginginkan cara mendapatkan uang dari Instagram yang benar-benar mudah, minim modal maupun usaha, maka alternatifnya adalah dengan menjadi pemburu kuis. Anda bisa mengikuti berbagai kuis atau giveaway yang dilakukan oleh berbagai brand, perusahaan, media, startup, UMKM, bahkan online shop. 

Bicara mengenai kuis, ada beragam tipe yang diselenggarakan di Instagram. Ada yang meminta untuk tag teman, post di feed dan story, komen sebanyak-banyaknya, menjawab dengan benar, bahkan membuat video yang harus diunggah oleh peserta. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan uangnya, Anda harus menang dan memenuhi seluruh persyaratannya. 
Itulah tadi lima cara mendapatkan uang dari Instagram. Kalau mau benar-benar gratis, Anda bisa membuat akun dan menjadi pemburu kuis. Namun, tentu saja ini mengandalkan keberuntungan agar bisa menang dan mendapatkan hadiahnya. Lebih baik, Anda memulai bisnis jualan produk di Instagram, membuka paid promote, atau menawarkan jasa admin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post