7 Cara Menggunakan Google Trends untuk Optimalisasi Keywords

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Di era digital marketing seperti sekarang, Google Trends dianggap sebagai salah satu perangkat bisnis yang efektif. Perangkat ini bekerja dengan menyediakan data dan grafik akurat berisi tingkat popularitas kata kunci tertentu. Google Trends sendiri sudah diperkenalkan sejak tahun 2006. Perangkat gratis ini membuat proses riset pasar lebih mudah dilakukan oleh siapa saja. Simak sejumlah cara menggunakan Google Trends di bawah ini untuk dapatkan hasil riset pasar optimal yang dapat melancarkan bisnis Anda.

1. Akses Halaman Google Trends

Langkah pertama untuk memanfaatkan efektivitas Google Trends adalah dengan mengakses halaman perangkat ini melalui akun Google yang Anda miliki. Begitu masuk ke halaman yang dituju, jangan lupa untuk segera mengubah pengaturan lokasi negara yang terdapat di bagian sudut kanan atas. Mengubah pengaturan negara akan membuat proses riset serta pencarian tren lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

2. Cari Kata Kunci di Google Trends

Salah satu inti dari cara menggunakan Google Trends adalah menemukan kata kunci yang tepat. Kata kunci ini nantinya dapat digunakan sebagai modal pengembangan bisnis di ranah digital. Untuk memanfaatkannya, Anda hanya perlu menuliskan kata kunci yang ingin dicari di dalam kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’. Proses ini bisa juga dilakukan melalui kolom ‘Add a Search Term’ jika Anda ingin mencari topik baru.

3. Telusuri Ide dan Kata Kunci Lain

Ingin gunakan Google Trends tapi merasa kehabisan ide? Jangan khawatir. Anda bisa menelusuri banyak kata kunci dengan mengikuti berbagai contoh pencarian paling populer. Topik yang ditelusuri tidak hanya terbatas di Indonesia, tetapi juga di belahan dunia lain jika Anda mengubah pengaturan negara. 

4. Identifikasi Kata Kunci Musiman

Beberapa pebisnis maupun ahli pemasaran kerap menggunakan kata kunci yang populer pada musim-musim tertentu. Musim liburan akhir tahun atau hari-hari besar keagamaan, misalnya, tentu akan memunculkan tren up-to-date yang bisa menjadi ide cemerlang dalam pengembangan bisnis. Google Trends dapat membantu hal ini dengan menampilkan informasi mengenai kapan kata kunci tertentu paling banyak dicari.

5. Temukan Topik Relevan yang Sedang Trending

Yang tak boleh dilewatkan dari cara menggunakan Google Trends adalah menemukan topik relevan yang tengah trending. Dengan menemukan dan mengikuti poin ini, Anda bisa mendapatkan kenaikan trafik yang signifikan dalam waktu lebih singkat—biasanya berkisar 24 jam. Dari laporan atau grafik yang ditampilkan, Anda juga bisa memperkirakan waktu yang tepat ketika topik tersebut mencapai puncak popularitasnya.

Baca Juga: Optimasi Google Trends Indonesia Untuk Digital Marketing

6. Eksplorasi Topik Relevan

Ada kalanya, satu topik saja tidak cukup sebagai modal pengembangan tren dalam suatu bisnis. Untungnya, Google Trends dapat menyiasati hal ini dengan memberikan opsi eksplorasi topik relevan. Dari satu kata kunci saja, perangkat tersebut akan menyuguhkan data berisi sederet topik serupa yang bisa Anda gunakan untuk mengisi konten di waktu-waktu mendatang.

7. Analisis Grafik Google Trends

Setelah data atau grafik ditampilkan, jangan lupa untuk menganalisisnya dengan cermat. Proses analisis grafik di Google Trends memungkinkan Anda untuk melihat kenaikan maupun penurunan tren yang dicari. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan seberapa tinggi prospek kata kunci tersebut saat dijadikan tren bisnis.Itulah beberapa cara menggunakan Google Trends yang dapat Anda coba sekarang juga. Setelah mengetahui sejumlah langkah mudah di atas, Anda tak perlu ragu lagi untuk libatkan Google Trends dalam proses pengembangan bisnis yang dijalankan. Perangkat ini bahkan bisa digunakan oleh pebisnis pemula yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post