3 Cara Menghitung Conversion Rate Website Anda

Tahukah Anda bahwa cara menghitung conversion rate sangatlah mudah. Conversion rate merupakan sebuah parameter yang biasa digunakan dalam dunia digital marketing untuk menghitung keberhasilan konten atau strategi marketing yang sedang dijalankan. Ada berbagai macam tipe dari conversion yang biasa dihitung dengan menggunakan conversion rate yaitu pembelian, mengisi data, menghubungi customer service, menggunakan fitur yang ada di dalam website, hingga berlangganan newsletter

Dalam artikel ini, ToffeeDev akan memberikan informasi kepada Anda mengenai bagaimana cara menghitung conversion rate dan juga tips untuk meningkatkan conversion rate agar tujuan dari dilakukan sebuah strategi marketing dapat berhasil dengan efektif.

Baca Juga : Conversion Rate Adalah Cara Menilai Keberhasilan Strategi

Bagaimana Cara Menghitung Conversion Rate

Untuk menghitung conversion rate, ternyata hanya dibutuhkan 3 cara saja! Berikut ini cara yang bisa Anda gunakan untuk menghitung conversion rate, yaitu:

  • Bagi jumlah conversion dengan total pengunjung dalam satu bulan.
  • Hasil pembagian tersebut dikali dengan 100%.
  • Hasil akhir dari perkalian tersebut merupakan hasil conversion rate dari website  Anda.

Dengan demikian, berdasarkan 3 cara di atas maka kita akan mendapatkan rumus sebagai berikut:

Conversion rate = (total conversion / total pengunjung) x 100%

Sebagai contoh, dalam bulan April 2021, website Anda memiliki total conversion sebanyak 1,750 conversion dengan total pengunjung yaitu 25.125 user. Maka itu, hasil yang didapat jika kita menggunakan rumus di atas yaitu 1.750 conversion dibagi 25.125 pengunjung kemudian dikali dengan 100%, hasil dari conversion rate-nya adalah 6.96%. Mudah sekali bukan untuk menghitung conversion rate?

Baca Juga : Barisan Cara Meningkatkan Conversion Rate Dengan Efektif

Tips untuk Meningkatkan Conversion Rate

Setelah Anda mengetahui cara menghitung conversion rate, berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan conversion rate, yaitu:

1. Gunakan Fitur Pop Up

Pernahkah Anda melihat sebuah pop up ketika sedang mengunjungi sebuah website? Fitur pop up ini biasanya dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan berisikan desain visual dan juga sebuah headline yang dapat menarik perhatian pengunjung untuk melihat lebih lanjut mengenai isi pop up tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan conversion rate dan buatlah pop up yang kreatif serta menarik siapapun yang melihatnya.

2. Selalu Tambahkan CTA

CTA atau Call-to-Action biasanya ditambahkan pada bagian akhir artikel. Jika Anda sering membaca kalimat-kalimat yang berbunyi ajakan untuk mengunjungi laman produk atau melakukan pembelian, maka kalimat tersebut disebut sebagai kalimat CTA yang bertujuan untuk menarik pengunjung akan melakukan konversi.

3. Maksimalkan Layanan Customer Service

Ketika pengunjung website Anda menginginkan sebuah produk atau hanya ingin sekadar bertanya-tanya seputar informasi rinci dari produk tersebut, namun ternyata website Anda tidak memiliki layanan customer service, maka tentu saja pengunjung akan keluar dari halaman website, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu memaksimalkan layanan customer service mulai dari meletakkan informasi seperti contact person, email, atau bahkan menggunakan chat bot. Dengan demikian, tidak ada customer yang terlewatkan dan Anda bisa mendapatkan conversion

4. Buat Landing Page yang Menarik Perhatian User

First impression sangatlah penting. Oleh karena itu, untuk mendapatkan first impression yang baik di mata pengunjung, Anda perlu membuat landing page yang memiliki desain UI dan UX yang menarik agar pengunjung dapat tertarik dan bahkan melakukan conversion melalui website Anda.

Baca Juga : Cara Tingkatkan UX Design Website Untuk Conversion Rate

Itulah informasi mengenai cara menghitung conversion rate website yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan dari Digital Marketing Agency terbaik untuk membantu meningkatkan conversion rate website yang dimiliki, silakan hubungi ToffeeDev dan kami akan membantu Anda sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat