Cara Mengukur Share of Voice Dalam Digital Marketing

Mengukur Share of Voice (SoV) adalah cara yang bagus untuk memahami bagaimana hasil yang terlihat dari kegiatan marketing yang Anda jalankan. Akan tetapi, Anda juga dapat menggunakan wawasan ini untuk meningkatkan strategi marketing dan menarik perhatian lebih banyak orang!

Media sosial

Posisi setiap pebisnis di media sosial mengharuskan mereka untuk melihat sebutan brand terhadap customer yang ada di seluruh platform sosial. Pendekatan ini berfokus pada pelanggan karena semua data Anda berasal langsung dari target audience.

Untuk menghitung SoV sosial, Anda harus dapat melacak penyebutan brand atau produk selama periode waktu tertentu. Berbagai platform seperti Brandwatch memungkinkan Anda untuk melacak penyebutan brand milik sendiri ataupun brand kompetitor.

Setelah memiliki informasi yang dibutuhkan, bagi angka data mention perusahaan Anda dengan total mention (gabungan mention dengan kompetitor) kemudian dikalikan dengan 100 untuk mendapatkan persentase SoV.

Example

(McDonalds brand mentions / total fast food brand mention) x 100 = McDonald social SoV

(20.000 / 100.000) x 100 = 20%

Share of Voice: PPC

Pay Per Click SoV dapat ditemukan melalui data Google Adwords Anda.

Saat melihat tab campaign Anda, tambah kolom ‘search impression share‘.

Kolom tersebut dapat memperlihatkan kepada Anda mengenai persentase frekuensi kemunculan iklan kepada pengguna dibandingkan dengan jumlah potensi frekuensi penayangannya.

Anda berpotensi meningkatkan performa iklan dengan mengeluarkan biaya yang lebih banyak – namun jika ditawar, menggunakan data hasil penelusuran dan OVS, Anda dapat meningkatkan hasil pencarian di seluruh istilah yang tepat yang belum pernah digunakan untuk meningkatkan efisiensi pembelanjaan dan menghindari pembagian yang tumpang tindih.

Berbagi Suara: SEO (pencarian organik)

SoV Anda untuk pencarian organik menyangkut visibilitas brand di hasil mesin pencari untuk keyword yang relevan.

Peringkat yang baik untuk keyword ini berarti Anda memiliki SEO yang kuat, dan karenanya, visibilitas yang baik. Semakin banyak visibilitas yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan traffic website.

Menghitung SoV pencarian organik bisa jadi rumit dan sebagian besar perusahaan memilih untuk menggunakan tool dari share of voice, seperti yang ada dalam laporan Pi’s Market Intelligence. Laporan ini mencakup data historis SoV / market nilai global yang memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi peluang di pasar dan membandingkan kinerja saat ini.

Grafik Share of Voice di bawah ini menunjukkan performa terkini dari 30 situs teratas di market Anda.

Share of Voice: Homeware sector

Anda juga dapat menelusuri kategori keyword untuk tampilan yang lebih fokus.

Grafik SoV dari waktu ke waktu menampilkan 12 situs teratas untuk memberikan Anda wawasan tentang kinerja dari waktu ke waktu, trend musiman, dan analisis tingkat pasar.

Share of Voice overtime: Homeware sector

Menggunakan tool dari SoV tidak hanya menunjukkan persentase SoV untuk situs Anda sendiri, tetapi juga untuk analisis pesaing. Melalui tools tersebut, Anda dapat menemukan data SoV mengenai kompetitor di semua kategori istilah pencarian yang ingin diketahui.

Menghitung Share of Voice SEO tanpa Enterprise Tool

Menemukan SoV Anda tanpa enterprise tool adalah tugas yang cukup melelahkan dan akurasinya juga tidak bagus; menggunakan alat gratis hanya menyediakan data terbatas. Google Search Console misalnya, tool ini hanya menyediakan data halaman 1 dan Anda tidak dapat memilih fokus keyword. Jadi, Anda tidak tahu tentang peringkat di luar halaman 1 atau jika datanya sangat relevan.

Selain itu, karena volume penelusuran (dan terkadang kinerja Anda) dapat berfluktuasi, penghitungan manual mungkin dapat kedaluwarsa setelah sekitar satu bulan, yang berarti Anda harus menjalankan penghitungan dengan cukup sering.

Pentingnya Share of Voice

Menghitung SoV di seluruh saluran pemasaran digital akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang kompetitor; mungkin ada beberapa yang tidak berfokus pada SEO atau kurang terlihat di dunia digital. Anda juga dapat menemukan pesaing yang tidak pernah diketahui sebelumnya serta topik yang tidak pernah diketahui kepemilikannya.

Dengan informasi ini, Anda akan memahami di mana letak persaingan dan ancaman apa yang mungkin ditimbulkannya, serta peluang baru apa yang dapat dibawa oleh persaingan; dari PR hingga partnership. Wawasan ini bahkan dapat mengarahkan Anda untuk menggunakan strategi yang lebih cerdas dengan fokus yang berbeda pada berbagai macam platform yang ada di dunia digital.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat