6 Cara meningkatkan Traffic Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Di era digital seperti saat ini, website bisa disebut sebagai wajah dari bisnis. Karena di sini Anda bisa memperkenalkan produk dan jasa, sekaligus menampilkan branding guna menarik perhatian calon konsumen. Namun nyatanya, memiliki website saja tidaklah cukup. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana cara meningkatkan traffic website atau jumlah kunjungan ke situs tersebut. Tujuannya, tak hanya untuk meningkatkan popularitas dan keuntungan, tetapi juga agar website tidak hilang atau tenggelam. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Cara Meningkatkan Traffic Website

Menghindari masalah tersebut bisa dengan mengikuti beberapa cara yang dapat dicoba untuk meningkatkan traffic website. 

1. Pasang Iklan Berbayar

Bagi Anda yang memiliki cukup modal, memasang iklan berbayar bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Pasalnya, dengan cara ini, iklan tentang situs atau website Anda akan muncul di beragam media sosial sehingga sangat mudah menarik perhatian pengunjung. 

Tak hanya itu, Anda pun bisa menerapkan strategi pencarian berbayar dengan menargetkan kata kunci bernilai komersil tinggi. Dengan cara ini, Anda tak hanya bisa meningkatkan traffic website, tetapi juga menaikkan grafik penjualan. Namun tentunya, untuk ini Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam.

Baca Juga : Apa itu PPC dan Bagaimana Efeknya Untuk Bisnis Anda?

2. Bergabung dengan Komunitas Online

Tak hanya di dunia nyata, di dunia maya pun telah banyak bermunculan komunitas yang didasarkan pada kesamaan profesi, visi misi, ataupun hobi. Tentu akan ada banyak manfaat yang bisa didapat, utamanya untuk memperluas relasi dan jaringan. 

Anda bisa memilih komunitas yang sesuai dengan profesi, hobi, atau bidang website yang dikelola. Misalnya, komunitas UMKM, pebisnis online, internet marketer, dan lainnya. Pastinya, di sini, sesama anggota bisa saling mempromosikan situs atau mendapatkan backlink. Bahkan, jika bisa membangun interaksi yang baik, Anda bisa berkolaborasi dengan blogger atau influencer yang ada di komunitas tersebut. 

3. Menggunakan Email Marketing

Pernahkah Anda mendapat email berisi promosi atau artikel konten tentang sebuah brand? Jika ya, itulah salah satu contoh penerapan digital marketing berbasis email. Caranya, Anda bisa membuat form pendaftaran sehingga pengunjung bisa meninggalkan alamat email mereka. Barulah Anda bisa menindaklanjuti dengan mengirimkan email pemasaran. 

Untuk ini, usahakan konten yang disajikan cukup menarik, karena umumnya hanya orang-orang yang tertarik dengan situs atau bisnis Anda yang akan meninggalkan alamat email. Jika mereka puas, tentu akan kembali untuk melihat konten yang lain. 

Baca Juga : Top 10 Email Marketing Tips Untuk Local Business

4. Menyisipkan Internal Link

Cara meningkatkan traffic website yang juga bisa dicoba adalah dengan menyisipkan internal link. Internal link ini akan menghubungkan konten satu dengan yang lain pada situs yang sama. Jadi, pembaca bisa langsung menemukan konten lain yang relevan dengan topik yang sedang dibaca. 

5. Menggunakan Keyword yang Tepat

Faktanya, konten juga berpengaruh terhadap peningkatan traffic website. Oleh karenanya, buatlah konten yang berkualitas, heading yang menarik, serta keyword dengan angka pencarian tinggi. Untuk bisa membuat artikel yang SEO friendly, Anda juga bisa memanfaatkan master SEO atau pakar SEO yang kini sudah banyak tersedia. 

Ingat, memilih keyword atau kata kunci tidak boleh asal. Usahakan lakukan riset terlebih dulu guna menemukan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Anda bisa menggunakan LSI (Latent Semantic Indexing) serta long tail keyword guna meningkatkan angka pencarian. 

6. Menggunakan Link Building

Selain menyisipkan internal link, link building juga salah satu cara meningkatkan traffic website. Link building adalah usaha menambah backlink yang mengarah ke situs atau website Anda. Semakin banyak backlink yang diterima, maka akan semakin baik pula posisi atau peringkat website pada halaman pencarian Google. 

Baca Juga : Mengenal Link Building Secara Lengkap

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan traffic website yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post