Cara Menjaga Hubungan Yang Baik Dengan Client

Hi, guys! Welcome back to Toffee #SharingMonday. Kali ini bersama saya Winny. Dan setiap hari Senin, kami akan membagikan insight seputar Digital Marketing, design, dan juga website. Kali ini saya akan membagikan tips-tips, cara me-maintain hubungan yang baik bersama pelanggannya kita.

1. Berkomunikasi Dengan Baik

Jadi poin yang pertama adalah berkomunikasilah dengan baik. Ketika klien melakukan pembelian terhadap produk Kita atau menggunakan jasa kita, tentunya kita akan membentuk suatu komunikasi. Namun, keep in mind bahwa komunikasi tersebut jangan sampai hanya terjadi di awal saja, tapi juga sampai project-nya selesai. Jadi ketika mereka ada concern atau ada pertanyaan, kita juga harus fast response dan juga membantu menjawab pertanyaan-pertanyaannya mereka.

2. Memberikan Sesuatu Melebihi Harapan Client

Dua, berikanlah sesuatu melebihi harapan dari pelanggannya kita. Ketika pelanggan membeli sesuatu dari kita, mau itu produk ataupun jasa, tentunya mereka pasti memiliki harapan. Sebagai pemilik bisnis, kita harus berpikir selangkah lebih awal daripada pelanggannya kita. Caranya bagaimana? Yaitu caranya adalah kita meningkatkan standar yang ada di diri kita sendiri dan juga di tim kita. Jadi, ketika mereka mendapatkan barang yang sudah mereka beli ini, tentunya kita harus keep in mind nih gimana caranya untuk tetap keep in touch, tetap melayani mereka dengan senang hati dan ramah. Tentunya mereka akan datang ke kita dan menjadi repeat order atau repeat customer.

3. Mendengarkan Masukkan Dari Client

Yang ketiga mendengarkan masukan dari pelanggan. Ketika pelanggan memberikan masukan kepada kita, itu akan memberikan suatu kemajuan dan keuntungan untuk bisnisnya kita. Tentunya, kita tidak terhindarkan dari sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspektasi orang atau kekurangan dari produknya kita. That’s why kita harus menerimanya dengan open minded dan juga open heart. Jangan menjadikan itu sebagai, sesuatu yang membuat Anda tersinggung, namun, ambil itu dan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik dalam membangun bisnis Anda dan menyenangi klien Anda.

4. Memberikan Penghargaan Kepada Client

Yang keempat, memberikan penghargaan kepada pelanggan Anda. Apa yang dimaksud dengan memberikan penghargaan? Apakah kita harus memberikan piala atau sertifikat? Tidak perlu. Namun, bisa diterapkan ke dalam hal-hal yang sederhana, contohnya ketika Lebaran, kita memberikan hampers atau mungkin ketika mereka merayakan Natal, kita juga memberikan hampers atau kartu ucapan dan lain sebagainya. Intinya mereka akan merasa terhargai dan mereka loyal pada Anda dan juga menjadi repeat customer.

5. Meminta Feedback Dari Client

Yang kelima atau yang terakhir, memintalah feedback dari pelanggan Anda. Feedback itu merupakan sesuatu yang penting untuk bisnis Anda. Dan seringkali pelanggan-pelanggan kita itu keep it silence jika mereka ada concern atau ada pertanyaan, mungkin mereka merasa canggung dalam bertanya dan sebagainya. That’s why kita harus meminta feedback dari mereka, agar kita mengetahui nih. Jika mereka ada pain, atau ada feedback, ada kritik dan saran, dan lain sebagainya, sehingga itu bisa membantu kita dalam me-maintain komunikasi yang baik dengan mereka, dan mereka juga merasa terdengarkan.

Sekian insight pada hari ini, jangan lupa di share dan like video kami. Jika kamu punya topik yang menarik untuk kami bahas di video selanjutnya, silahkan comment di bawah. Dan sampai jumpa di #SharingMonday berikutnya!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat