Yuk, Kenalan Dengan SEO, Cara Tepat Membangun Bisnis Anda

Penggunaan website untuk memperkenalkan bisnis yang dirintis merupakan hal uang yang lumrah saat ini. Apalagi masyarakat cenderung mencari informasi suatu produk atau jasa langsung ke sumber utamanya, yaitu website resmi. Memiliki website juga menunjukkan bisnis Anda profesional dan bisa dipercaya.

Website menjadi salah satu media yang paling sering dipilih untuk mempromosikan produk atau jasa. Tentu saja konten yang dibuat di website harus berkualitas agar tingkat visibilitas berada di peringkat teratas mesin pencari. Agar hal tersebut dapat terjadi, para pelaku bisnis mengoptimalkan penggunaan strategi SEO di website. Sebenarnya apa SEO itu? Bagaimana cara kerja? Apa saja manfaatnya dalam membangun bisnis? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu SEO? 

Semakin banyak pelaku bisnis melakukan digital marketing lewat strategi Search Engine Optimization. Search Engine Optimization atau yang sering disingkat SEO merupakan cara atau strategi untuk mengoptimalkan website atau blog agar dapat masuk ke peringkat teratas pada mesin pencari, yaitu Google. 

Biasanya optimasi strategi SEO dimaksudkan untuk memaksimalkan pada pencarian dan pengunjung organik. Untuk mendapatkan pencarian dan pengunjung organik, pengguna (user) harus memasukkan kata kunci (keyword) pada mesin pencari. Ketika kata kunci tertentu telah diketikkan, muncul berbagai informasi relevan dari website. Website yang berada di posisi paling atas akan diklik oleh pengunjung.

Namun, perlu diketahui, strategi SEO ini tidak langsung berhasil secara instan. Anda harus melakukannya karena SEO merupakan strategi yang membutuhkan ketekunan dan harus dilakukan terus-menerus.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Setelah mengetahui apa itu SEO, cara kerja optimasi SEO ini pun layak untuk dikulik. Apalagi algoritma Google yang selalu berubah-ubah, maka strategi SEO pun mengalami perubahan. 

Walaupun mengalami perubahan, pembaruan SEO perlu dipelajari. Hal ini berhubungan dengan tingkat visibilitas website. Ingin tahu bagaimana cara kerja SEO agar website Anda bisa mendapatkan peringkat teratas Google? Simak tahapan prosesnya berikut ini.

Crawling 

Crawling merupakan tahapan awal di mana mesin pencari dapat mencari, memeriksa, dan memindai konten pada website, seperti artikel, gambar, tautan (link), atau lembar produk. Mesin pencari memiliki fitur atau alat yang disebut sebagai crawler, spider, dan bot. Crawler ini akan mengumpulkan data dan informasi dari link ke link, halaman ke halaman, hingga dari website satu ke website lainnya.

Baca Juga: Cara Kerja Web Crawler dalam SEO yang Harus Dipahami

Data dan informasi yang telah dikumpulkan akan dimasukkan ke dalam URL. Hal ini perlu dilakukan dalam pengoptimalan optimasi strategi SEO. Ketika tahapan ini terjadi mesin pencari akan melakukan pengecekan kualitas dan jumlah koneksi pada suatu halaman website.

Jasa SEO

Indexing

Tahapan selanjutnya adalah indexing. Indexing merupakan proses di mana mesin pencari melakukan pengarsipan atau pengindeksan terhadap data dan informasi yang ada di website

Setelah semua informasi dikumpulkan, crawler mengekstrak konten, meletakkannya, serta mengatur tampilan informasi yang ada di bagian indeks halaman pada website. Tujuannya agar dapat mengukur tingkat relevansi halaman website yang serupa.

Hasil akhir dari pengindeksan ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) terhadap relevansi informasi yang dicari. Jadi, Google akan mengindeks konten terbaru untuk mendapatkan hasil tersebut. Google sebagai mesin pencari akan memfilter dan mencarikan website yang valid dan relevan saat penelusuran istilah tertentu.


Baca Juga: Pengertian Indexing dan Peranannya dalam SEO

Ranking

Tahap terakhir cara kerja SEO adalah ranking. Ranking atau hasil peringkat mesin pencari akan ditampilkan secara berurutan berdasarkan hasil pencarian. Untuk menjamin kualitas hasil pencarian, Google akan menggunakan berbagai aturan atau yang sering disebut algoritma. Oleh karena itu, Google akan terus membarui algoritma berdasarkan perkembangan zaman dan teknologi. 

Algoritma Google berguna untuk memastikan pengguna internet mendapatkan informasi yang valid dan relevan dari sumber tepercaya. Dari hasil pencarian, mesin pencari akan menunjukkan ranking dengan konten dan kata kunci yang dituju. 

Apa Manfaat SEO?

Sampai sekarang pelaku bisnis masih menjadikan SEO sebagai strategi andalan untuk melakukan promosi. Banyak pelaku bisnis mengira asal jumlah traffic website meningkat optimasi SEO akan langsung menunjukkan hasil. Padahal kenyataannya, optimasi SEO juga harus memperhatikan kualitas traffic. Berikut ini merupakan beberapa manfaat SEO untuk website bisnis.

1. Menghemat biaya 

Pemilihan strategi untuk mempromosikan bisnis yang baru dirintis perlu mempertimbangkan banyak hal, termasuk budget. Strategi yang sesuai dengan bujet dan cukup populer adalah strategi SEO. Strategi ini bisa dipelajari. Apalagi banyak artikel yang membahas tentang SEO secara detail. Selain mempelajari tentang SEO, Anda juga bisa mengandalkan website dan software untuk SEO yang bisa diunduh secara gratis.

Jika Anda ingin berhasil menggunakan strategi SEO dalam waktu cepat, maka menyewa Jasa SEO perlu dipertimbangkan. Seperti namanya, jasa SEO akan mengarahkan dan membantu website bisnis agar dapat dikenal oleh pengguna organik. 

2. Meningkatkan pengalaman pengguna

Memiliki website bisnis menunjukkan profesionalitas. Kadar kepercayaan terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan akan meningkat. Saat pengguna mengunjungi website maka kuantitas traffic akan meningkat. Namun, kuantitas traffic website harus dibarengi dengan pengalaman pengguna yang menyenangkan. 

Caranya pun cukup mudah. Website Anda harus memiliki tampilan yang menarik dan mudah dimengerti, navigasi yang cepat, menu yang lengkap, dan fitur-fitur lainnya. Ketika pengguna internet mendapatkan pengalaman yang baik, angka engagement dan kuantitas traffic pun meningkat. 

3. Memaksimalkan pencarian website

Tingkat kepercayaan pengguna internet pada mesin pencari, Google, sangat tinggi. Google merupakan mesin yang dipercaya pengguna internet untuk mencarikan jawaban atas semua pertanyaan yang ada. Bahkan ketika seseorang membutuhkan solusi atas permasalahan, Google menjadi solusi termudah dan tercepat. Mesin pencari ini akan menampilkan informasi yang relevan berdasarkan kata kunci yang diklik. 

Jadi, jika Anda menerapkan strategi SEO pada website, maka mesin pencari akan meletakkan website bisnis berada di ranking pertama mesin pencari. Pengunjung organik akan langsung mengklik link website yang ada di posisi teratas.

4. Menunjukkan efektivitas dan tahan lama

Menurut Forbes, majalah bisnis dunia, SEO menjadi alat marketing yang paling berharga untuk pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan strategi SEO masih efektif dan ampuh dalam meningkatkan traffic website. Bahkan tren optimasi SEO akan bertahan lama karena mesin pencari akan terus berkembang sesuai dengan teknologi dan perkembangan internet. SEO juga membantu Anda membangun kepercayaan yang kokoh bagi prospek.

Sekarang, Anda sudah mendapatkan gambaran apa itu SEO, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja manfaatnya. Strategi SEO ini bisa Anda optimalkan untuk melakukan digital marketing. Strategi ini cukup efektif dan juga terjangkau untuk menaikkan tingkat visibilitas. Namun, perlu diketahui bahwa strategi SEO ini memerlukan ketekunan karena berlangsung terus-menerus. Namun, jika Anda tidak sempat mempelajari strategi SEO untuk website atau kurang tekun untuk optimasi SEO, masih ada cara lain. Anda bisa menyerahkan urusan optimasi SEO langsung pada masternya, Master SEO. Master SEO lebih tahu proses dan tahapan penggunaan SEO secara benar dan berkualitas pada website.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat